NEWS

Perceptual Ad Blocker, Pemblokir Iklan Bandel di Internet

Dikdok   17 Apr 2017
Perceptual Ad Blocker, Pemblokir Iklan Bandel di Internet

Dalam usaha mendapatkan banyak keuntungan dari penggunaan internet, memasang iklan dari pemilik produk atau jasa merupakan salah satu langkah yang sangat membantu. Namun, dengan terlalu dibebaskannya iklan pada jaringan internet, tidak jarang nyatanya menciptakan ketidaknyamananan bagi para pengguna yang sedang berselancar online.

Pasalnya, bukan hanya menyedot kuota yang dimiliki, tampilan iklan juga seringkali muncul dengan cara yang tidak menyenangkan. Contohnya saja, muncul di tengah layar atau bahkan muncul secara tiba-tiba saat pengguna menekan mouse pada website tersebut.

Parahnya lagi, dengan sistem pemblokiran iklan yang ada saat ini, ternyata tidak membuat masalah spamming iklan tersebut jadi selesai begitu saja. Iklan masihlah kerap membandel dan tetap muncul mengganggu pengguna.

Oleh karena itu, sejumlah peneliti di Princeston dan Stanford dengan adanya permasalahan tersebut mencoba mengembangkan sebuah sistem untuk dapat memblokir iklan-iklan yang “membandel” tersebut. Dikembangkan oleh Arvind Narayanan dan rekan-rekannya, sebuah sistem pemblokiran pun dicoba diluncurkan oleh tim peneliti ini. Bukan seperti kode dalam website yang menentukan apa yang akan diblokir, sistem tersebut bakal bekerja berdasarkan konten.

Diberi nama Perceptual Ad Blocker, sistem tersebut nantinya akan bekerja jika mendeteksi sebuah konten yang mengandung tulisan ‘Sponsored.’ Meski begitu, sistem Ad Blocker yang telah tersedia sebagai ekstensi untuk Chrome ini tidaklah benar-benar akan menghilangkan iklan yang berseliweran tersebut.

Jadi, bukannya bakal menghapus iklan yang muncul, Perceptual Ad Blocker ini nantinya akan menandai setiap iklan dengan tulisan “This is an ad.’

"Kami tidak mengklaim telah menciptakan sebuah sistem pemblokir iklan yang tak terkalahkan, tetapi kami mengidentifikasi dan mengembangkan kombinasi dari teknik faktor legal yang akan menentukan akhir permainan," jelas Narayanan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top