REVIEW FILM

Perbandingan Netflix, Disney+ Hotstar, Amazon Prime, dan HBO Go

Anduril   15 Feb 2021
Perbandingan Netflix, Disney+ Hotstar, Amazon Prime, dan HBO Go

Dengan kondisi pandemi yang tidak kunjung mereda, Indonesia mengalami peningkatan yang sangat besar dalam urusan penggunaan platform video on-demand (VoD). Pada tahun 2020 pengguna layanan VoD diperkirakan mencapai 4,7 persen dan berpotensi menembus angka 17,7 persen di 2025.

Pendapatan platform VoD di negara ini juga diproyeksikan mencapai US$275 juta (sekitar Rp4 triliun) di 2020. Dengan pertumbuhan tahunan sekitar 15,7 persen, nilainya berpotensi melonjak jadi US$571 juta (setara Rp8,3 triliun) di 2025 mendatang.

Layanan VoD di Indonesia dikuasai pemain asing dan lokal. Karena beberapa layanan terasa kurang global, kami akhirnya memilih beberapa kanal yang kami anggap memiliki jaringan terluas di dunia. Mereka adalah Netflix, Disney+ Hotstar, Amazon Prime dan HBO Go.

Perbandingan Layanan Streaming

Netflix

Pelopor penyedia layanan streaming film global, Netflix mulai hadir di Indonesia sejak Januari 2016. Dengan koleksi film dan serial televisi yang mencapai sekitar lima ribu konten pada tahun 2018, Netflix menawarkan lebih banyak pilihan dibanding layanan serupa lainnya.

Netflix memiliki konten yang berbeda-beda di tiap negara. Perbedaan ini timbul karena urusan lisensi sejumlah konten sehingga hanya bisa tayang di negara-negara tertentu. Namun, semua konten eksklusif Netflix yang sebagian besar memiliki kualitas bagus dapat ditonton oleh para pelanggan di Indonesia.

Netflix sempat mengalami pemblokiran oleh Telkom Group hingga bulan Juli 2020. Selain itu Netflix juga pernah berkolaborasi dengan Kemendikbud.

Harga berlangganan paket Netflix cukup bervariasi, mulai dari Rp109.000 untuk paket dasar yang bisa diakses dari satu layar, hingga Rp186.000 untuk paket premium empat layar. Akhir 2019 lalu, Netflix luncurkan paket ponsel seharga Rp54.000 di Indonesia. Paket tersebut sebelumnya berhasil di India dan Malaysia.

Disney+ Hotstar

Platform milik Disney ini menawarkan harga paling murah dengan basis paket bulanan dan tahunan. Di Indonesia untuk bisa mengakses konten eksklusif Disney Plus jumlah biaya berlangganannya pertahun adalah Rp 199.000.

Bahkan jika berlangganan melalui Telkomsel, tarifnya lebih murah lagi. Sebulan Rp25.000, 3 bulan Rp55.000, 6 bulan Rp85.000, dan setahun hanya Rp145.000.

Total konten yang kamu nikmati memang tidak sebanyak Netflix, totalnya hanya 282 per 1 september 2020. Walaupun begitu, kamu bisa menemukan film-film Marvel Studio di Disney+ Hotstar. Selain itu kamu bisa menyaksikan film-film terbaru Disney di platform ini.

Amazon Prime

Layanan streaming film berbayar milik perusahaan raksasa teknologi Amazon ini juga telah merambah Indonesia sejak tahun 2016. Pesaing Netflix ini memiliki koleksi film dan serial TV Barat berjumlah ribuan dengan sederet konten eksklusif yang juga tidak kalah bagus.

Para pelanggan Amazon Prime Video mendapat keanggotaan premium di layanan streaming game Twitch. Kamu bisa memperoleh beragam manfaat dari platform Twitch, mulai dari mengakses fitur-fitur khusus, mengunduh sejumlah game gratis tiap bulan, hingga mendapatkan item spesial untuk sederet game pilihan.

DI Indonesia, paket berlangganan Amazon Prime Video dibanderol seharga Rp85.000 per bulan. Sistem pembayarannya tak hanya dapat menggunakan kartu kredit dan debit, tetapi juga potong pulsa (carrier billing) untuk beberapa operator seperti Telkomsel, XL dan Indosat. Sejak akhir 2019 lalu, Amazon Prime Video juga dapat dibayar dengan menggunakan GoPay.

HBO Go

Sesuai namanya, HBO Go merupakan platform VoD yang dikembangkan oleh saluran televisi berbayar HBO. Platform ini hadir di Indonesia sejak awal tahun 2020 lewat situsnya dan aplikasi yang dapat diunduh dari App Store dan Play Store. Di Asia, HBO Go juga tersedia di Hong Kong, Filipina, Malaysia, Singapura dan Vietnam.

Karena merupakan perpanjangan tangan dari Warner Bros, maka kamu dapat menikmati sajian konten serial orisinal andalan HBO seperti Game of Thrones, Chernobyl, Big Little Lies, dan berbagai tayangan film Hollywood diproduksi oleh Warner Bros. Itu artinya kamu bisa menikmati film-film garapan DC Universe, termasuk film animasi mereka yang sangat terkenal.

Untuk berlangganan HBO Go, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp60.000 per bulan. HBO memberikan kesempatan akses gratis selama tujuh hari untuk pengguna pertama. Aplikasi HBO Go juga tersedia melalui Maxstream Telkomsel, First Media dan Indihome.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top