LOADING
REVIEW

Penuh Logika, KAMI 2 Hadirkan Puzzle Warna yang Adiktif

Andy Chan   10 Sep 2018
Penuh Logika, KAMI 2 Hadirkan Puzzle Warna yang Adiktif

Ada banyak macam puzzle warna yang beredar untuk mobile, di antaranya adalah I Love Hue dan Yellow. Kini hadir sebuah puzzle warna lagi persembahan State of Play yaitu KAMI 2. Kalau kalian melirik judulnya yang memiliki angka dua, pasti sudah bisa menebak bahwa ini adalah sebuah sekuel dari game sebelumnya yang berjudul KAMI. Memang tidak salah, namun sayangnya, game KAMI yang pertama itu sudah tidak ada lagi di Play Store, hanya ada di AppStore dan Steam saja.

KAMI 2 adalah sebuah puzzle warna yang membutuhkan logika dari pemainnya untuk bisa diselesaikan. Tugas pemain cukup mudah, rubah semua warna yang ada di layar agar menjadi satu warna, dengan langkah yang terbatas. Pemain cukup menyentuh warna yang diinginkan di bawah layar, lalu menyentuh medan permainan untuk merubah warna yang dia sentuh menjadi warna yang dipilih. Begitu warnanya sudah berubah menjadi satu warna semuanya, maka stage tersebut pun selesai dan pemain bisa melanjutkan ke stage berikutnya.

Tentu saja, pemain harus memikirkan warna apa yang perlu dirubah terlebih dahulu agar langkah terbatas yang diberikan oleh stage-nya itu cukup untuk merubah semua warna menjadi satu warna saja. Apakah perlu merubah warna biru menjadi hijau terlebih dahulu? Atau merubah warna hijau menjadi kuning? Semua itu adalah tantangan logika yang disajikan oleh KAMI 2 kepada pemain.

Apabila pemain benar-benar sudah buntu dalam menyelesaikan suatu stage, jangan khawatir. Ada sistem Hint yang siap memberikan bantuan dengan mengarahkan pemain mengenai warna apa yang harus diganti terlebih dahulu. Sayangnya, untuk bisa mendapatkan Hints, pemain harus membelinya dengan menggunakan uang asli, dan dengan harga yang tidak murah: 3 Hints seharga Rp. 12.000,-, 10 Hints seharga Rp. 24.000,-, 30 Hints seharga Rp. 64.000,-, atau 75 Hints sehrag Rp. 139.000,-.

Dalam mode utamanya yang bernama "Journey", pemain diberikan enam buah stage yang harus diselesaikan secara sempurna, barulah dia bisa melanjutkan ke halaman berikutnya yang berisikan enam stage juga. Tersedia 108 stage dalam mode ini yang semakin lama tentunya semakin sulit dan penuh dengan banyak warna.

Selain mode utama tersebut, ada juga mode "Challenge" di mana pemain ditantang untuk menyelesaikan stage-stage yang diberikan secara sempurna tanpa salah, serta ada mode "Daily" yang memberikan puzzle harian menarik. Tapi yang paling keren, pemain juga diberikan mode bernama "Build" dan "Explore". Dalam Mode "Build", pemain bisa menciptakan sendiri puzzle warna sesuai selera, dan dalam mode "Explore", pemain bisa menjajal puzzle-puzzle warna buatan orang yang sudah dipublikasikan.

Biasanya game puzzle warna itu memiliki grafis yang sederhana dan minim animasi. Hal yang sama berlaku juga untuk KAMI 2, namun game ini lebih menawan untuk dilihat dibandingkan dengan puzzle-puzzle warna lainnya karena animasi melipat kertas yang mengiringi pergantian warna dan stage selesai itu sangatlah bagus. Pemain juga dialun dengan lagu yang lembut ketika sedang menyelesaikan sebuah puzzle yang tidak dibatasi waktu, sehingga permainan terasa santai.

KAMI 2 adalah sebuah game free-to-play yang bisa dimainkan secara offline. Namun jeleknya, apabila memainkan game-nya secara offline, maka pemain tidak bisa menikmati mode lain selain "Journey". Ini dikarenakan mode-mode "Challenge", "Daily", dan "Explore" semuanya membutuhkan koneksi Internet. Seperti yang sudah disebutkan, mikrotransaksi dalam game ini hadir dalam pembelian Hints saja.

Berbeda dengan puzzle warna Yellow yang aturannya absurd atau I Love Hue yang membuat sakit mata, KAMI 2 memberikan tipe permainan sederhana yang menyenangkan hati. Apabila kalian membutuhkan sebuah game puzzle warna yang santai, menantang, dan adiktif, KAMI 2 wajib dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top