REVIEW

Penny & Flo: Finding Home, Kisah Calon Pengantin & Wedding Planner yang Unik

Andy Chan   01 Dec 2020
Penny & Flo: Finding Home, Kisah Calon Pengantin & Wedding Planner yang Unik

Penny sedang ingin mengadakan pernikahan yang meriah, dan untuk mencapai hal tersebut, dia dibantu oleh temannya yang juga merupakan seorang Wedding Planner, Flo. Kisah cinta, persahabatan, rumah besar, dan puzzle, semua itu bisa kalian dapatkan dalam permainan unik dari Tactile Games yang berjudul Penny & Flo: Finding Home!

Bantu Penny dalam Pernikahannya

Dalam Penny & Flo: Finding Home, pemain akan membantu Penny dan Flo untuk merenovasi sebuah mansion milik mantan aktris Hollywood. Mansion tersebut saat ini sudah terbengkalai, namun dengan bantuan kalian, bisa dirapihkan dan dibuat kembali megah seperti sediakala. Bersiaplah untuk menyelesaikan puzzle-puzzle yang menantang, menemukan kisah yang menarik dan penuh intrik, serta bertemu dengan karakter-karakter yang unik.

Bergenre Puzzle Match

Pada dasarnya Penny & Flo: Finding Home adalah sebuah game puzzle bergenre match, di mana pemain menyelesaikan sebuah level untuk mendapatkan bintang. Seperti biasa, bintang ini bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam hal, termasuk mendekorasikan rumah serta mengambil aksi tertentu.

Cara memainkan Puzzle Match

Puzzle match yang dihadirkan oleh Penny & Flo: Finding Home agak sedikit berbeda dengan game puzzle match-three pada umumnya. Di sini, pemain tidak perlu menggeser-geser gems atau sejenisnya. Cukup sentuh dua atau lebih tile yang warnanya sama untuk melakukan matching. Jika pemain berhasil melakukan match pada 5 sampai 7 buah tile, maka dia akan mendapatkan roket yang bisa membersihkan satu kolom atau satu baris tile. Jika berhasil melakukan matching pada 8 hingga 9 tile, pemain akan mendapatkan bom yang bisa meledakkan sekumpulan tile sekaligus. Matching di atas 10 tile akan memberikan Magic Flask yang bisa membersihkan satu warna spesifik dari medan permainan.

Target setiap Level

Seperti biasa, di setiap level pemain diberikan target untuk dicapai, baik itu melakukan matching pada sejumlah tile, atau sejenisnya. Untuk mencapai target ini, pemain diberikan batasan langkah tertentu, dan harus berhasil menyelesaikan level-nya sebelum batasan langkah ini habis. Kalau sampai habis, pemain akan kehilangan satu Life, dan harus mengulang level-nya kembali.

Kisah yang Menarik

Salah satu faktor yang menarik dalam game ini adalah kisah dari sang tokoh utama, Penny, yang sedang mencari venue untuk pernikahan, dibantu oleh Flo sang Wedding Planner murah meriah. Kisah ini dijalanan menggunakan bintang yang didapatkan oleh pemain setiap menyelesaikan sebuah level, jadi kalau pemain ingin mengikuti kisah yang penuh intrik yang bahkan bisa mengejutkan kalian ini, bersiaplah untuk melakukan grinding pada level-level puzzle-nya.

Artwork yang Unik

Seperti game-game puzzle yang mengikutsertakan elemen dekorasi di dalamnya, Penny & Flo: Finding Home pun ditampilkan menggunakan sudut pandan isometris, dengan karakter-karakter yang bergerak di layar menggunakan model tiga dimensi. Artwork yang digunakan untuk masing-masing karakter boleh dibilang cukup aneh, dan mungkin tidak cocok dengan sebagian orang, meskipun tetap harus diakui bahwa baik Penny maupun Flo, keduanya tetap tampil cute.

Bisa dimainkan Offline

Game free-to-play Penny & Flo: Finding Home ini tidak membutuhkan koneksi Internet. Pemain bisa menikmatinya sekalipun sedang ada gangguan di Internet, atau memang sedang tidak memiliki mobile data. Seperti yang sudah disebutkan, game-nya menggunakan sistem Life, jadi kalau pemain keseringan gagal menyelesaikan sebuah level, maka Life tersebut akan habis dan pemain harus menunggunya kembali terisi. Mikrotransaksi tentu saja dihadirkan untuk mereka yang berminat membeli koin sebagai metode pembayaran untuk continue level.

Secara garis besar, tidak terlalu banyak perbedaan antara Penny & Flo: Finding Home dibandingkan dengan game-game puzzle match-three bertemakan dekorasi lainnya. Namun berkat gaya permainannya yang lebih mudah dan berasahabat, game puzzle match yang satu ini boleh dikatakan, "Patut dicoba."

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top