REVIEW

Penasaran Bedanya WhatsApp Biasa & WhatsApp Business? Ini 7 Perbedaannya!

Dikdok   09 Feb 2018
Penasaran Bedanya WhatsApp Biasa & WhatsApp Business? Ini 7 Perbedaannya!

WhatsApp belum lama ini baru saja meluncurkan sebuah versi terbaru dari WhatsApp yang dikhususkan untuk para pelaku bisnis, yaitu WhatsApp Business.

Indonesia pun menjadi negara Asia pertama yang mendapatkan kesempatan untuk menjajal aplikasi ini pertama kali, bersama dengan beberapa negara lainnya, yaitu Amerika Serikat, Italia, Inggris dan Meksiko.

Lalu apa yang sebenarnya menjadi perbedaan antara WhatsApp Business dengan aplikasi WhatsApp yang biasa digunakan selama ini?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, secara mendasar perbedaan kedua versi ini sebenarnya terletak pada target sasaran penggunanya. Jika WhatsApp reguler biasa digunakan untuk melakukan komunikasi oleh seluruh kalangan masyarakat, pada versi Business ini pengembang lebih menyasar pada kalangan pebisnis saja. Disebutkan, versi Business juga ditambahkan beberapa fitur yang bisa menciptakan adanya percakapan yang lebih komunikatif diantara pebisnis/

Secara lebih terperinci, perbedaan kedua versi WhatsApp ini pun sempat dijabarkan oleh Gadget Now. Penasaran apa saja perbedaannya? Mari simak bersama-sama:

1. Perbedaan logo

Yang paling mudah dibedakan ketika pertama kali melihat kedua aplikasi ini adalah perbedaan logio. Jika WhatsApp reguler menampilkan sebuah gagang telepon pada logonya, WhatsApp Business menggunakan huruf kapital "B" dengan latar warna hijau khas WhatsApp.

2. Dapat menggunakan dan menambahkan nomor telepon rumah atau kantor

Berbeda dengan WhatsApp Messenger yang hanya dapat menyimpan nomor smartphone, WhatsApp Business memungkinkan penggunanya untuk menambahkan berbagai nomor telepon rumah atau kantor meskipun sah-sah saja menggunakan nomor seluler.

3. Bisa membalas pesan secara otomatis

Fitur ini merupakan sebuah fitur yang hanya dimiliki oleh WhatsApp Business. Jadi, ketika pengguna memanfaatkan fitur ini, maka memungkinkan mereka untuk membalas secara otomatis sebuah pertanyaan yang dilontarkan oleh konsumen/

4. Lihat statistik pesan terkirim dan diterima

Statistik merupakan sebuah data yang penting bagi seorang pebisnis. Tidak terkecuali dengan data statistik dari jumlah pepesanan WhatsApp.

Untuk itu WhatsApp Business juga menambahkan sebuah fitur lainnya, yaitu fitur yStatistik, dimana para pengguna dapat melihat statistik dari pesan yang dikirim maupun yang diterima.

5. Bisa memilih kategori bisnisnya

Selain memberikan informasi mengenai profil perusahaan seperti situs resmi ataupun lokasi, pengguna WhatsApp Business juga bisa memilih ketagori bisnis yang telah tersedia.

6. Centang Hijau

Tidak seperti aplikasi WhatsApp reguler yang tidak memiliki proses verifikasi di dalam tahap registrasi dan sinkronisasi, pada WhatsApp Business proses verifikasi diberlakukan.

Jadi, ketika akun WhatsApp Business telah terverifikasi dengan baik, nantinya akun WhatsApp Business seseorang dapat memiliki centang berwarna hijau sebagai tanda telah terverifikasi.

7. Mengkategorikan pesan masuk menggunakan "Labels"

Fitur ini merupakan fitur baru yang sebelumnya pernah diterapkan oleh WhatsApp pada aplikasinya. Dengan "Labels", pebisnis bisa mengkategorikan pesan masuk tertentu sehingga komunikasi dengan konsumen lebih terorganisir.

Bagi kalian para pebisnis handal yang tertarik untuk menjajal WhatsApp Business, untuk sementara ini aplikasi tersebut sudah bisa dinikmati oleh para pengguna Android.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top