Riset Magnite Buktikan Layanan Streaming Beriklan di Indonesia Alami Peningkatan

Published: 06 Dec 2023, oleh Vent Fleur

Perusahaan periklanan sell-side independen ternama di dunia, Magnite belum lama meluncurkan hasil riset terbarunya yang berjudul “Era Baru Layanan Streaming TV: Menyambut Tayangan Streaming Beriklan Lewat Berbagai Perangkat di Indonesia”. Riset ini menemukan bahwa layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami peningkatan dengan 69% dari penonton TV di Indonesia yang menonton konten streaming dengan diselingi iklan.

Berdasarkan riset tersebut, para penonton di Indonesia menghabiskan rata-rata dua jam sehari untuk menonton konten pada layanan streaming, serta memiliki kecenderungan tinggi untuk menonton melalui perangkat yang berbeda-beda. Meskipun smartphone adalah perangkat utama yang digunakan untuk menonton, 61% penonton konten TV yang diselingi iklan justru paling sering menonton lewat smart TV, bahkan hampir sepanjang waktu dalam seminggu.

Penggunaan berbagai perangkat untuk menonton ini menciptakan interaksi yang lebih bermakna antara brand dengan konsumen. Hampir 97% penonton konten streaming yang diselingi iklan memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk membeli produk dari brand yang mereka tonton lewat berbagai perangkat tersebut.

“Layanan streaming beriklan di Indonesia terus mengalami pertumbuhan karena para penonton lebih menyukai konten televisi premium yang mudah diakses,” ujar Gavin Buxton, Managing Director Asia di Magnite. Ia melanjutkan bahwa riset yang mereka lakukan menunjukkan jika streaming telah meningkatkan kepercayaan dan visibilitas brand. Interaksi dengan penonton pun tidak terbatas pada konten streaming, tetapi juga pada iklan yang ditayangkan.

Anurag Sure, Lead Biddable, Mindshare Unilever Indonesia, turut mengungkapkan, “Hasil riset Magnite menunjukkan bahwa layanan streaming telah menjadi channel yang sangat berdampak, sehingga brand perlu mempertimbangkannya ketika mengevaluasi strategi media mereka, mengingat tingginya tingkat interaksi dari penonton konten streaming yang diselingi iklan melalui berbagai perangkat. Tingkat interaksi yang tinggi tersebut memberikan kesempatan berharga bagi brand untuk memperkuat relasi mereka dengan konsumen dan memperluas jangkauan iklan mereka lewat beragam perangkat.”

Adapun berbagai informasi menarik lainnya yang ditemukan dari hasil riset Magnite sebagai berikut:

Klik di sini untuk mempelajari hasil riset Magnite lebih lanjut. Riset lanjutan untuk setiap negara akan diluncurkan dalam beberapa bulan mendatang.

Tags

news Magnite periklanan iklan riset pemasaran brand streaming ekonomi ekonomi digital berita marketing aplikasi digital indonesia aplikasi streaming

Share Artikel