REVIEW

Pelajari Sejarah Berdirinya Industri Video Game di Serial Dokumenter High Score

NanaMiku   09 Sep 2020
Pelajari Sejarah Berdirinya Industri Video Game di Serial Dokumenter High Score

Sebagai tempat nonton, kalian tentunya bisa menikmati banyak macam konten di Netflix, mulai dari serial TV hingga film Hollywood. Salah satu konten yang bisa kalian nikmati di Netflix adalah serial dokumenter. Netflix pun cukup rajin mengeluarkan serial dokumenter yang menarik. Salah satu judul terbaru dari mereka adalah High Score. Dari judulnya mungkin sudah bisa ditebak, dokumenter yang baru tayang ini menceritakan tentang berdirinya industri video game.

Serial ini cukup pendek, hanya terdiri dari 6 episode saja dan masing-masing episode durasinya sekitar 45 menit. Ketika mulai nonton serial ini, penulis kaget melihat studio produksinya. Ternyata High Score ditangani oleh Great Big Story. Kalau kalian suka menonton video di Facebook atau YouTube pasti sudah tidak asing lagi dengan nama ini. Great Big Story cukup terkenal sering membuat video pendek dengan cerita yang menarik.

Setiap episode membahas tema-tema tertentu dan diurutkan sesuai dengan periode waktunya. Jadi kalian bisa mengikuti kejadian di setiap episode dengan mudah. Kisah yang disampaikan pun tidak meliputi seluruh sejarah video game, hanya pada momen-momen besar seperti ambruknya industri video game di Amerika karena adaptasi video game dari E.T. yang gagal total, pertarungan antara Nintendo dan Sega di Amerika, dan lainnya. Tidak hanya itu, sejarah yang dibahas juga tidak dari awal hingga masa kini, tetapi hanya membahas hingga fondasi industri video game terbentuk.

Great Big Story berhasilkan menghadirkan dokumenter yang menarik untuk ditonton dan tidak membosankan. Kisah yang disampaikan pun sangat menarik karena disampaikan langsung oleh tokoh-tokohnya seperti Howard Scott yang terkenal membuat game E.T. dan Roberta dan Ken Williams yang terkenal sebagai pendiri dari Sierra Entertainment. Tidak hanya narasumber ternama, High Score juga menampilkan visual yang menarik karena memasukkan banyak grafis klasik ala game ke dokumenter jadi lebih asyik untuk dilhat.

Beberapa poin yang dibahas juga disesuaikan dengan kondisi industri video game saat ini. Contohnya, saat ini esports sedang naik daun dengan pesat. High Score pun membahas tentang esports yang terjadi di masa lalu seperti turnamen game pertama yaitu bertanding dalam game Space Invanders dan juga Nintendo World Championship. Diluar itu, sepertinya dikarenakan ingin untuk lebih up-to-date dengan kondisi kehidupan terkini di luar sana, High Score terkadang mengangkat beberapa masalah sosial dalam tiap episode-nya, yang di antaranya mengenai problema kulit berwarna dan LGBTQ.

Sebagai penggemar game, tentunya penulis cukup menikmati High Score. Kalau secara garis besar, sejarah yang disampaikan sudah tidak asing lagi bagi penulis. Namun karena disampaikan oleh banyak narasumber ternama dan visual yang menarik, High Score jadi tidak membosankan untuk ditonton. TIdak hanya itu, narasinya juga disampaikan oleh tokoh ternama yaitu Charles Martinet yang terkenal mengisi suara Mario, ikon video game legendaris.

Untuk yang tidak mengenal dunia game, dokumenter ini sangat cocok. Walau pun narasumber yang dihadirkan adalah tokoh-tokoh legendaris, kisah yang disampaikan tidak menggunakan kata-kata yang rumit. Narator pun ikut membantu menjelaskan kata-kata yang asing bagi orang-orang yang tidak bermain game. Tidak hanya itu, sejarah yang disampaikan juga tidak dibahas secara mendetil jadi tidak membosankan. Bagi pembaca yang rajin bermain game di HP tapi penasaran dengan bagaimana industri ini terbentuk, coba saja langsung buka Netflix dan tonton serialnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top