Pegipegi Pilih Oracle ERP Cloud untuk Permudah Pesan Tiket Online

Published: 27 Jan 2022, oleh NanaMiku

Pegipegi, yang merupakan salah satu online travel agent (OTA) terbear di Indonesia, telah memilih untuk bekerja sama dengan Oracle untuk mengimplementasi Oracle Fusion Cloud Enterprise Resource Planning (ERP) untuk membantu merampingkan proses bisnisnya dan meningkatkan integrasi antara platform tiket online dan operasi keuangannya. Penerapan ini dapat membantu mengintegrasikan semua aplikasi bisnis Pegipegi, termasuk pengadaan dan software keuangan terkait pemesanan non-perjalanan, untuk memodernisasi operasi bisnis dan mendorong keunggulan kompetitif Pegipegi.

Didirikan pada tahun 2012, Pegipegi menghubungkan lebih dari 25.000 rute penerbangan dan pilihan hotel serta lebih dari 2.800 rute kereta api pada platform tiket dan pemesanan online melalui situs web dan aplikasi mobile. Pegipegi menghadapi banyak tantangan dalam menyediakan data keuangan untuk pelaporan kepada para shareholder dan pemangku kepentingan dari internal maupun eksternalnya, hal ini disebabkan masih menggunakan sistem keuangan tradisional yang mengandalkan input manual.

Seiring dengan dibukanya kembali industri perjalanan Indonesia secara bertahap, Pegipegi membutuhkan software cloud modern yang menyediakan platform terpadu untuk operasi online dan data keuangannya. Setelah meninjau secara menyeluruh beberapa penawaran cloud ERP dari berbagai vendor, Pegipegi memilih Oracle Cloud ERP, termasuk Oracle Fusion Cloud Procurement.

“Dengan mulai terbukanya kembali pemesanan perjalanan dan hotel, Pegipegi membutuhkan solusi yang fleksibel untuk beradaptasi dalam mendukung perubahan preferensi perjalanan pelanggan serta menyediakan sistem pemesanan perjalanan online yang handal,” kata Wisnu Wardono, Head of Finance, Pegipegi. “Kami memilih Oracle Cloud ERP untuk merampingkan proses keuangan kami dengan mendapatkan visibilitas yang lebih baik ke dalam bisnis agar dapat mengambil keputusan yang lebih tepat. Dengan aliran inovasi yang berkelanjutan, kami dapat memodernisasikan bisnis kami dan melayani pelanggan kami dengan lebih baik.”

Dengan Oracle Cloud ERP, Pegipegi dapat menstandarisasikan proses bisnisnya untuk membantu meningkatkan produktivitas, mengurangi biaya, dan meningkatkan pengendalian operasional perusahaan. Kemampuan analitik dan pembelajaran mesin yang ada dalam sistem Oracle dapat memungkinkan perusahaan untuk merampingkan akses ke data dan memperluas proses pelaporan untuk pengambilan keputusan yang lebih strategis. Penambahan Oracle Cloud Procurement dapat membantu Pegipegi mengaktifkan sumber strategis, serta meningkatkan manajemen hubungan pemasok dan juga menyederhanakan proses pembeliannya. Selain itu menghasilkan kontrol internal yang lebih baik, risiko yang lebih rendah, penghematan yang lebih baik, dan profitabilitas yang lebih tinggi.

“Telah terjadi perubahan besar dalam perilaku konsumen dan industri perjalanan berada di garis terdepan untuk menghadapi perubahan ini,” kata Iman Muhammad, Head of Applications, Oracle Indonesia. “Dengan beralih ke Oracle Cloud ERP, Pegipegi dapat memanfaatkan inovasi cloud terbaru untuk membantu tim manajemennya membuat keputusan yang lebih strategis dan tepat. Kami merasa bangga dan terus berkomitmen dalam menyediakan teknologi yang mendorong fase pertumbuhan dan inovasi Pegipegi berikutnya.”

Dalam membantu pengimplementasi solusi dari Oracle ini, PT. Optima Data Internasional selaku partner dan distributor Oracle akan menerapkan solusi ini untuk Pegipegi dan diharapkan rampung di awal 2022.

Tags

android ios news oracle pegipegi PT. Optima Data Internasional Cloud ERP online Travel agen kolaborasi bisnis integrasi aplikasi software keuangan pemesanan platform tiket situs aplikasi mobile industri perjalanan indonesia produktivitas solusi inovatif management teknologi

Share Artikel