REVIEW

Pecahkan Misteri Kota Kosong dalam Tiny Room Stories: Town Mystery

Andy Chan   06 Dec 2019
Pecahkan Misteri Kota Kosong dalam Tiny Room Stories: Town Mystery

Anda adalah seorang detektif swasta yang baru saja menerima sebuah surat dari sang ayah. Menurut surat tersebut, dia sedang butuh bantuan, dan memintamu untuk datang ke kota kecil bernama Redcliff. Begitu tiba di kota tersebut, ternyata kotanya benar-benar kosong. Kemana semua penduduknya pergi? Apa yang terjadi dengan ayahmu? Itulah misteri yang harus kalian pecahkan sebagai seorang detektif dalam game unik berjudul Tiny Room Stories: Town Mystery.

Bergenre Escape Room

Secara garis besar, Tiny Room Stories: Town Mystery ini sebenarnya adalah sebuah game adventure point & click, namun dia memiliki elemen-elemen dari game Escape Room yang sangat kental. Biasanya pemain tiba di sebuah lokasi, dan mereka harus mencari tahu bagaimana cara melewati lokasi tersebut dengan cara mencari petunjuk, memecahkan puzzle, dan membuka kunci.

Cara Memecahkan Puzzle

Begitu pemain tiba di sebuah lokasi, maka mereka akan memiliki akses penuh untuk menyelidiki seluruh sudut dari ruangannya. Pemain bisa menyentuh layar untuk memanipulasi berbagai macam obyek seperti membuka jendela, membuka laci, mengambil barang, dan lain sebagainya. Pemain juga memiliki akses untuk memutar layar dalam 3D, dan hal ini wajib dilakukan karena ada beberapa benda yang tersembunyi dari sudut tertentu. Ada banyak puzzle yang membutuhkan kejelian untuk bisa dilewati, persis seperti ketika sedang memainkan game Escape Room.

Menggunakan Inventory

Apabila pemain berhasil memungut sebuah benda, seperti linggis, kunci, dan lain sebagainya, maka mereka bisa menggunakan benda tersebut untuk memanipulasi benda lain di layar. Persis seperti game adventure point & click, pemain cukup menyentuh obyek di inventory mereka, lalu menyentuh obyek di layar yang ingin dimanipulasi, misalnya menyentuh kunci di inventory lalu menyentuh laci terkunci di layar untuk membukanya.

Bergrafis 3D gaya Kartun

Tiny Room Stories: Town Mystery adalah game yang tampak cantik. Artwork utamanya tampil dengan grafis yang bernuansa kartun, dan sungguh enak untuk dipandang. Medan permainannya sendiri tampil dengan engine Unity secara 3D, di mana pemain bisa memutar-mutar lokasinya 90 derajat demi 90 derajat. Sayangnya, ketika sedang memainkan game-nya, tidak ada tampilan karakternya sama sekali, sehingga permainan terasa agak janggal, seperti game isometrik third-person tapi tidak ada karakternya ala first-person view. Tapi jangan khawatir, karena hal tersebut tidak mengurangi kenikmatan pemain dalam mencoba memecahkan misteri di setiap lokasinya.

Free-to-Play untuk Sebagian Kontennya

Kiary Games menyajikan Tiny Room Stories: Town Mystery ini dengan model bisnis free-to-play, namun pemain akan dibatasi hanya bisa memainkan sebagian game-nya saja, dan boleh dibilang cukup singkat apabila kalian jago memecahkan misteri Escape Room. Untuk bisa melanjutkan ceritanya ke season dua dan tiga, pemain harus membeli sebuah season pass seharga Rp. 60.000,-. Ada sistem Hints disediakan untuk membantu menyelesaikan puzzle, namun untuk menggunakannya, pemain harus menonton sebuah video iklan terlebih dahulu. Tapi asyiknya, game ini bisa dimainkan tanpa perlu terhubung ke Internet.

Tiny Room Stories: Town Mystery memang sangat menarik bagi para penggemar Escape Room dengan balutan cerita detektif. Inilah game yang wajib kalian coba, dan kalau kalian masih merasa kurang puas, Season Pass-nya sedang didiskon 50% lho! Sedikit catatan, Season 3 nya masih dalam pengembangan, jadi walaupun kalian membeli Season Pass, tetap masih belum akan bisa menamatkan game-nya ya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top