REVIEW

PC Creator: Simulasi Rakit PC yang Nyata

Andy Chan   11 Jun 2020
PC Creator: Simulasi Rakit PC yang Nyata

Pernahkah kalian ingin tahu apa saja yang ada di dalam komputer kalian? Atau bagaimana komputer itu bisa bekerja? Inilah saatnya untuk kalian berkarir sebagai perakit PC dalam sebuah game simulasi unik persembahan UltraAndre yang diberi judul PC Creator.

Teknisi Perakit PC

Dalam PC Creator, pemain berperan sebagai seorang teknisi yang mendirikan sebuah biro jasa perakitan PC. Tugas pemain adalah untuk melayani permintaan pelanggan dalam merakit PC impian mereka sesuai spesifikasi yang mereka inginkan.

Rakit PC sesuai Pesanan

Alur permainan PC Creator cukup sederhana: pemain mendapatkan pesanan untuk sebuah PC rakitan, lalu kemudian mereka bisa mulai membangun PC tersebut dari nol, mulai dari penentuan casing, lalu motherboard, prosesor, power supply, memori, hard disk, dan lain sebagainya.

Memasang OS

Nah, setelah PC berhasil dirakit, hadirlah hal paling menyebalkan dalam membuat PC fungsional, yaitu meng-install sebuah OS serta driver-driver yang dibutuhkan agar PC tersebut bisa berjalan dengan baik. Proses instalasi OS inilah yang memakan waktu lama, sehingga waktu yang dibutuhkan untuk merakit PC habis di sini.

Berbagai Macam Tugas Lainnya

Tidak hanya merakit PC saja, pemain juga bisa ditugaskan untuk memperbaiki sebuah PC atau melakukan upgrade PC juga lho. Di sinilah pemain bisa mengetes benchmark PC tersebut, apakah PC tersebut cukup kuat untuk menjalankan game-game terkini? Ataukah perlu upgrade?

Cara Lain untuk Mendapatkan Uang

Selain mendapatkan uang dengan melayani para konsumen secara konvensional, pemain juga bisa mencari uang dengan cara kekinian, yaitu dengan melakukan mining bitcoin. Tentu saja, harus ada modal untuk bisa melakukan mining bitcoin secara baik, dan oleh karena itu, pemain tetap harus bekerja merakit PC pesanan.

Kantor yang Bisa Di-Upgrade

Tampilan dari PC Creator ini cukup minimalis. Pemain diberikan tampilan sebuah kantor dengan view isometris, di mana dia bisa merakit PC dan mengetes PC di dalamnya. Uniknya, kantor ini bisa di-ugprade agar menjadi lebih bagus dan menawan, tentunya dengan bayaran yang cukup mahal, ya. PC Creator memang pantas disebut sebagai simulasi merakit PC, karena selain pemain bisa menentukan sendiri warna dan casing PC tersebut, mereka juga bisa menjalankan sebuah sistem operasi di PC rakitan tersebut bagaikan OS sesungguhnya.

Tidak Perlu Online

Meskipun di dalam game-nya, sang PC rakitan tampak sedang melakukan download berbagai macam hal, seperti download driver atau aplikasi benchmark, namun sebenarnya semua itu hanyalah simulasi saja. Game gratisan yang satu ini sama sekali tidak butuh koneksi Internet, dan bisa dimainkan secara offline. Tidak ada sistem stamina / energi sama sekali, tapi pemain bisa membeli mata uang premium bernama apalagi kalau bukan bitcoin, yang bisa ditukar dengan uang biasa.

Kedengarannya seperti sesuatu yang menarik, namun sebenarnya PC Creator ini bukanlah game yang cocok untuk semua orang. Antarmukanya yang terlalu minimalis akan membuat para pemainnya bingung, dan mencari cara bagaimana menyelesaikan pesanan seseorang juga pastinya akan menjadi sesuatu yang butuh trial-and-error. Tapi paling tidak, dengan memainkan game ini, pemain akan mendapatkan sedikit pengetahuan mengenai perakitan PC yang cukup nyata.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top