REVIEW

Parking Jam 3D, Game Puzzle Parkiran Mobil dalam Tiga Dimensi

Andy Chan   26 Jan 2021
Parking Jam 3D, Game Puzzle Parkiran Mobil dalam Tiga Dimensi

Inilah saatnya untuk pergi keluar dari lapangan parkir, tapi apa ini yang kalian temukan? Astaga, ternyata lapangan parkirnya sangat semrawut! Mengapa banyak sekali orang yang parkir sembarangan seperti ini? Bisakah kalian mengeluarkan semua mobil dari parkiran yang seperti benang kusut ini? Itulah tema permainan puzzle kocak, Parking Jam 3D!

Menjadi Petugas Parkir

Sepertinya untuk bisa mengeluarkan semua mobil dari lapangan parkir yang semrawut ini, kalian harus menjadi seorang tukang parkir terlebih dahulu. Ya, itulah konsep permainan puzzle yang ditawarkan oleh Popcore Games dalam Parking Jam 3D.

Mengatur Mobil Keluar Parkiran

Di setiap level-nya, pemain akan diberikan sebuah lapangan parkir yang penuh dengan mobil. Mereka semua parkirnya sembarangan, jadi tugas pemain adalah untuk mengeluarkan mereka satu per satu hingga lapangan parkir tersebut kosong. Setelah itu, level pun selesai dan pemain bisa lanjut ke level berikutnya.

Pengendalian Permainan

Untuk mengeluarkan mobil, pemain cukup melakukan swiping pada kendaraan yang ingin digeser olehnya. Apabila mobil tersebut berhasil mencapai jalan, maka dia akan langsung bergerak keluar dan menuju ke pintu gerbang untuk akhirnya meninggalkan lapangan parkir tersebut.

Menabrak Kendaraan Lain

Meskipun kelihatannya akan ada penalti, namun menggeser sebuah mobil hingga dia menabrak kendaraan lain itu sebenarnya tidak apa-apa. Justru hal tersebut perlu dilakukan agar bisa memberikan jalan kepada mobil lain untuk bisa keluar dari kekusutan parkiran yang boleh dibilang adalah salah mereka sendiri juga.

Komplikasi Permainan

Tapi tidak hanya mobil lain yang menghadang saja, terkadang juga ada hal-hal lain yang bisa memberikan komplikasi di setiap level-nya, salah satunya adalah keberadaan seorang nenek yang mondar-mandir di lapangan parkir. Nenek ini sangatlah sakti, dan akan membuat kendaraan yang menabraknya mental, sekaligus juga mengakibatkan game over.

Membangun Kota

Uang yang dikumpulkan sepanjang permainan ini, bisa digunakan untuk membeli bangunan-bangunan di kota. Fungsi dari bangunan ini adalah untuk menghasilkan uang secara berkala, sehingga pemain tetap memiliki penghasilan sekalipun sedang tidak memainkan game-nya.

Sebenarnya Tetap Parking Jam, Hanya 3D

Jika kalian pernah memainkan Parking Jam, game ini sebenarnya tidak jauh berbeda, namun tampilannya saja yang dibuat menjadi tiga dimensi. Selain itu, pemain juga diberikan sedikit fitur kustomisasi untuk bisa mengganti skin kendaraan yang ada di parkiran tersebut, serta mengganti lingkungan permainannya.

Iklan di Mana-mana

Seperti biasanya game-game free-to-play sederhana seperti ini, Parking Jam 3D pun sarat dengan iklan. Selain di setiap level-nya pemain akan disodori iklan, ada juga berbagai macam reward yang hanya bisa didapatkan dengan cara menonton iklan saja. Pemain bisa saja menghilangkan iklan tersebut dengan membeli "No Ads", namun cara lebih efektif adalah dengan main game ini tanpa koneksi Internet saja.

Parking Jam 3D adalah game yang bisa menantang cara berpikir dan logika pemain. Apakah kalian bisa mengeluarkan semua mobil dari parkiran yang semrawut ini?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top