REVIEW

Park Escape, Misteri Taman Ria Terbengkalai yang Bikin Penasaran

Andy Chan   17 May 2020
Park Escape, Misteri Taman Ria Terbengkalai yang Bikin Penasaran

Beberapa bulan belakangan ini, banyak anak-anak yang menghilang secara misterius. Menghilangnya anak-anak ini sepertinya ada hubungannya dengan sebuah taman ria yang sudah ditutup beberapa tahun. Namun ada desas-desus yang mengatakan bahwa taman ria tersebut berhantu, sehingga penyelidikan pun dihentikan. Sebagai seorang detektif yang masih hijau, Liang Bowen harus bisa memecahkan kasus ini dalam waktu dua minggu, dan menemukan anak-anak yang hilang. Apa rahasia taman ria tersebut? Bisakah Liang Bowen bersama dengan partner-nya Han Qiuyu memecahkan misteri ini?

Park Escape, Sebuah Game bergaya Escape Room

Mari berkenalan dengan game persembahan PapaBox yang berjudul Park Escape. Dalam game ini, pemain berperan sebagai Liang Bowen untuk menyelidiki misteri taman ria yang terbengkalai tersebut secara menyeluruh. Meskipun sebenarnya adalah game escape room, namun penyajian dari Park Escape ini lebih mengarah ke sebuah game adventure. Jadi meskipun konsepnya masih sama, namun pemain tidak berusaha untuk kabur dari sebuah ruangan, melainkan mencari jalan ke lokasi berikutnya di dalam taman ria tersebut.

Memeriksa Medan Permainan

Cara bermainnya pun kurang lebih sama dengan game escape room. Pemain meneliti medan permainan yang disediakan untuk menemukan hal-hal menarik, seperti benda untuk dipungut atau gerbang untuk dibuka. Cara menyelidikinya adalah dengan menyentuh benda-benda yang menarik perhatian di layar. Apabila benda tersebut bisa diinteraksikan, maka akan keluarlah sebuah teks yang menerangkan mengenai benda tersebut, atau malah akan ada pembicaraan antara Liang Bowen dengan Han Qiuyu yang bisa menjadi petunjuk.

Menggabungkan Barang

Perhatikan barang-barang yang ada di inventory pemain. Apabila memiliki icon kunci inggris, maka barang tersebut bisa digabungkan dengan barang lain. Hal ini juga terlihat ketika pemain menyentuh barang tersebut di inventory, karena akan keluar sebuah menu untuk menggabungkan barang, tergantung apa yang ingin digabungkan. Sebagai contoh, pemain bisa menggabungkan sebuah pistol kosong dengan pelurunya untuk mengisi peluru di pistol milik Liang Bowen.

Tips Bermain

Setiap game escape room biasanya menyediakan sebuah sistem hints. Park Escape pun tidak ketinggalan, mereka menyediakan sistem tersebut yang disebut dengan Tips. Iconnya sendiri cukup menarik, yaitu sebuah ponsel untuk menghubungi orang yang bisa diminta bantuan. Seperti biasa, untuk menggunakan Tips, pemain harus membayar sejumlah koin.

Bergaya Anime

Hal paling menawan dalam Park Escape adalah gaya artwork yang digunakannya. Karakter-karakter yang ditampilkan di dalam game ini, baik itu si tokoh utama Liang Bowen, Han Qiuyu, dan lainnya, semuanya menggunakan artwork bergaya anime. Mereka bahkan memiliki ekpresi yang variatif ketika berbicara. Artwork di medan permainannya sendiri juga tidak ketinggalan, cantik untuk dilihat.

Tidak Perlu Online

Salah satu kelebihan Park Escape adalah absennya kewajiban online. Pemain bisa menikmati game ini dengan santai tanpa ada sistem stamina ataupun direpotkan ketika sinyal hilang. Apabila ingin mendapatkan koin secara cuma-cuma, pemain bisa menonton sebuah video iklan. Tapi paling tidak, harga untuk membeli koin via mikrotransaksi sudah cukup miring: 1 koin seharga seribu rupiah saja, dan jika beli borongan ada harga diskonnya.

Park Escape memang bukanlah "just another game escape room". Misteri taman ria yang memiliki nuansa gelap dan misterius ini membuat penyelidikanmu bersama pasangan polisi Liang Bowen dan Han Qiuyu ini sangat menarik untuk diikuti. Apalagi game ini disajikan secara free-to-play, tidak ada alasan untuk tidak mencobanya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top