NEWS

Para Gamers Indonesia, Bersiaplah untuk BEKRAF Game Prime 2019!

Conny   06 Jul 2019
Para Gamers Indonesia, Bersiaplah untuk BEKRAF Game Prime 2019!

Event industri game terbesar di Indonesia, BEKRAF Game Prime (BGP) akan kembali untuk penyelenggaraan keempat kalinya. Tahun 2018 lalu, BEKRAF Game Prime 2018 mencatatkan sejarah baru di industri game Indonesia dengan kesuksesannya menyedot animo lebih dari 16.000 pengunjung dalam tiga hari penyelenggaraannya. Hal ini membuat BEKRAF Game Prime 2018 bukan hanya menjadi event industri game terbesar di Indonesia, namun juga salah satu event industri game papan atas di kawasan Asia Tenggara.

Tahun ini, Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) sekali lagi berkolaborasi dengan GGWP.ID dan Asosiasi Game Indonesia (AGI) pun siap kembali mencatat sejarah dengan menggelar BEKRAF Game Prime 2019 melalui tema “Game is the Future of Sport, Entertainment and Business” yang diusung. Diperkirakan sekitar 18.000 pengunjung akan meramaikan penyelenggaraannya tahun ini, BEKRAF Game Prime 2019 yang digelar selama dua hari, yakni tanggal 13 hingga 14 Juli 2019, bakal bertempat di Balai Kartini (Jakarta) dengan mengusung konsep eksibisi yang siap menghibur ribuan gamer dari seluruh Indonesia.

“Aplikasi dan Gaming merupakan salah satu sub sektor di BEKRAF. Penetrasi internet di Indonesia sudah mencapai angka 56% sehingga market game juga semakin besar,” ungkap Hari Santosa Sungkari selaku Deputi Infrastruktur BEKRAF mengenai paradigma masyarakat Indonesia tentang game yang semakin berkembang baik dan dipandang menjanjikan.

“Bicara soal industri, game sudah menghadirkan karir baru. Contohnya, dengan adanya esports, atlet dan profesi lain, seperti manager, shoutcaster, dan profesi lain serta industri lain di belakang itu, seperti publisher serta creators, yang mempunyai jenjang karir yang jelas. Bahkan, kini game bukan hanya sebagai entertainment, melainkan dapat menjadi alat edukasi, periklanan bahkan bisa memberikan kontribusi dalam perekonomian nasional,” lanjut Hari Santosa Sungkari dalam konferensi pers yang digelar per kemarin (05/07/2019).

Sebagai salah satu bagian di industri Game Indonesia, Narenda Wicaksono selaku presiden AGI juga turut hadir serta berbicara mengenai perkembangan developer game di Indonesia serta manfaat dari BEKRAF Game Prime 2019 dalam kesempatan yang sama.

“Banyak karya lokal dan mendunia dari Indonesia. Ada game karya developer Indonesia yang mencapai 100 juta download. Yang terkenal pun ada, contohnya Dreadout yang mencapai 50 juta pengguna aktif serta dibuat menjadi film,” kata Narenda Wicaksono. “Di BEKRAF Game Prime, semua developer terbaik bisa berkumpul dan berkolaborasi untuk berkarya. Dan, untuk yang hadir, semoga semakin semangat untuk bikin game,” lanjutnya.

Mewakili penyelenggara BEKRAF Game Prime 2019, Ricky Setiawan yang juga menjabat sebagai CEO GGWP.ID pun turut hadir dan menyampaikan beberapa hal. “BEKRAF Game Prime adalah hari lebaran untuk game developer Indonesia,” ungkapnya. “Yang membedakan BEKRAF Game Prime dengan event sejenis lainnya adalah yang menjadi spotlight adalah game developer dan game studio Indonesia,” lanjutnya.

“Tahun lalu, BEKRAF Game Prime dihadiri oleh 16 ribu pengunjung. Tahun ini, dari pendaftar online, sudah mencapai angka 19 ribu per tanggal 5 Juli 2019. Angka tersebut kemungkinan akan bertambah mencapai 25-30 ribu mengingat pengunjung juga bisa mendaftar on the spot pada 13-14 Juli 2019 besok,” jelas Ricky Setiawan.

Bermain Game selama 2 Hari secara Gratis!

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, BEKRAF Game Prime 2019 akan mengusung konsep eksibisi, dimana ribuan pengunjung akan diajak untuk bermain game dan menikmati berbagai macam konten hiburan di ratusan booth yang tersedia selama dua hari penuh. Para pelaku industri game lokal dapat memamerkan hasil karyanya yang kemudian akan dinikmati oleh masyarakat yang hadir.

Bukan hanya itu saja, juga akan ada beberapa hiburan lain yang bisa ditemukan pengunjung di BGP 2019 ini. Mulai dari puluhan game developer dalam negeri yang akan unjuk game terbaru mereka (untuk daftar game-nya, yang mencapai lebih dari 100 judul itu, bisa disimak di https://event.gameprime.org/b2c/exhibitor), sampai dengan Turnamen Esports. Sebanyak 8 tim esports pro dan semi-pro Mobile Legends akan bertanding dalam cabang Clash of Titans, antara lain: RRQ, Genflix Aerowolf, Louvre, Island of Gods, GGWP.ID Esports, The Prime, Saints Indo, dan Bigetron.

Bagi pecinta game Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), BGP 2019 makan menyediakan area khusus untuk bermain game VR & AR. Namun, tidak hanya game digital, pengunjung juga dapat bermain berbagai macam board game hasil karya anak-anak bangsa selama seharian di area khusus yang akan kembali dihadirkan. Dan, bagi para artist, baik itu komikus, ilustrator, atau pun artist gim, BGP 2019 pun menghadirkan salah satu area khusus yang menghadirkan banyak artist bertalenta di Indonesia.

Nostalgia Bermain Dingdong Era 90-an

Bagi yang ingin bernostalgia dengan dingdong alias Arcade Game, pengunjung bisa menemukan arcade center versi mini di BEKRAF Game Prime 2019 yang akan menjadi “mesin waktu” untuk kembali ke masa kecil. Ada banyak mesin arcade retro yang bisa kalian temukan, dan kalian juga bisa bertemu dengan komunitas kolektornya.

Cicipi Simulator Balap Para Profesional

Selain arcade retro, pengunjung dapat mencoba simulator balap yang biasanya digunakan para pembalap profesional untuk latihan. Begitulah, sebelum terjun bertanding di sirkuit aslinya, para pembalap biasanya menggunakan simulator untuk mengasah kemampuannya. BEKRAF Game Prime 2019 akan menghadirkan GT-SIM ID, salah satu penyedia simulator balap yang karyanya sudah digunakan oleh banyak pembalap nasional untuk berlatih.

GT-SIM ID juga menghadirkan replika sirkuit kebanggaan Indonesia, Sentul, untuk dimainkan di BEKRAF Game Prime 2019!

Belanja Mainan di Toys Alley

Para kolektor toys & action figure juga dapat menambah koleksinya karena akan ada banyak komunitas dan juga produsen mainan, baik dalam negeri mau pun luar negeri, di sini.

Mulai dari Gunpla, LEGO, Action Figure, hingga mainan buatan lokal bisa kalian beli di sini. Pengunjung juga bisa bertemu dengan beberapa komunitas, seperti Gunpla Freedom Club Indonesia dan Komunitas LEGO Indonesia. Komunitas ini juga akan menghadirkan berbagai macam aktivitas dan workshop gratis yang bisa diikuti oleh pengunjung.

Belajar Merakit Gunpla dengan Rapi & Benar

Salah satu komunitas Gunpla terbesar di Indonesia, Gunpla Freedom Club Indonesia akan hadir untuk memeriahkan BEKRAF Game Prime 2019 yang berlangsung selama dua hari penuh! Selain gathering nasional, mereka juga akan menggelar beberapa workshop singkat bagaimana merakit Gunpla dengan benar dan hasilnya rapi.

Doorprize: PS4 Pro dan Nintendo Switch!

BEKRAF Game Prime 2019 juga bakal menghadirkan doorprize di akhir acara. Hadiahnya tidak main-main, mulai dari berbagai gaming gear keren, PS4 Pro, hingga Nintendo Switch! Selama pameran, kalian akan mendapatkan quest card yang bisa ditunjukkan ke booth yang kalian kunjungi. Setelah menyelesaikan aktivitas di satu booth, kalian akan mendapatkan stamp. Kumpulkan stamp tersebut untuk ditukarkan dengan berbagai hadiah menarik dan juga kupon undian berhadiah PS4 dan Nintendo Switch ini!

Selain itu, BEKRAF Game Prime 2019 juga akan menganugerahkan penghargaan kepada para developer berprestasi dalam berbagai kategori yang telah masuk tahap seleksi selama satu tahun terakhir sebagai bentuk apresiasi atas usahanya memajukan industri game Indonesia. Bahkan, beberapa game dan developer paling berprestasi di Indonesia bisa mendapatkan kesempatan untuk memamerkan karyanya di luar negeri.

Mengusung tema “Game is the Future of Sport, Entertainment and Business” diharapkan BEKRAF Game Prime 2019 ini bisa mengakomodasi dan memberikan informasi kepada para pelaku industri maupun masyarakat umum mengenai masa depan industri game yang terus bergerak cepat mengikuti tren. Survei dari AppAnnie dan Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality (VR), Mixed Reality (MR), eSports dan serious games adalah masa depan industri game yang bisnisnya tumbuh dengan cepat dan terus membesar dari tahun ke tahun. BEKRAF Game Prime 2019 ingin bisa menjadi tolak ukur bagi industri game Indonesia dan Asia Tenggara, dan membantu para pelakunya untuk berkompetisi di pasar global.

“Saat ini, game sudah bukan hanya menjadi sarana hiburan,” ungkap Monica Kansy, Chief Event and Community Officer dari GGWP.ID. “Dari tahun ke tahun, penggunaan game sudah melekat hampir di berbagai aspek kehidupan, mulai dari edukasi, bisnis hingga olah raga sekalipun,” tambahnya.

“Melalui BEKRAF Game Prime 2019 ini kami ingin menunjukkan seperti apa tren industri game saat ini dan masa depan. Harapannya, para pelaku industri game Indonesia bisa mempersiapkan diri dengan baik agar bisa menjadi pemain kunci di pasar dalam negeri. Selain itu, kami juga ingin menunjukkan potensi game yang sebenarnya dan mengubah persepsi masyarakat awam yang menganggap bahwa bermain game adalah aktivitas yang dipandang sebelah mata,” lanjutnya.

BGP 2019 dibuka secara umum dan gratis. Tiket BEKRAF Game Prime 2019 bisa didapatkan dengan mengunjungi link https://bit.ly/bgp2019public. Informasi lebih lanjut mengenai BEKRAF Game Prime 2019 ini bisa dilihat di https://event.gameprime.org.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top