LOADING
TRIK

Panduan Backup & Mengembalikan Data, dengan atau Tanpa Rooting

Escravania   21 Dec 2017
Panduan Backup & Mengembalikan Data, dengan atau Tanpa Rooting

Saat Anda mendapatkan ponsel baru, Anda harus melakukan konfigurasi ulang terhadap semua aplikasi di ponsel baru tersebut. Atau, Anda bisa membuat backup data aplikasi dari ponsel lama, dan menaruhnya ke dalam ponsel yang baru. Baik Anda sudah melakukan rooting perangkat Anda atau pun tidak, maka ada cara-cara yang patut dijalani untuk melakukannya.

Apakah data aplikasi itu?

Saat Anda menginstal sebuah aplikasi dan mulai menggunakannya, maka Anda akan mengumpulkan data aplikasi, yang terdiri dari konfigurasi khusus, profil chat, informasi login, dan sebagainya. Data aplikasi ini disimpan dalam sebuah direktori terpisah. Agar aplikasi lain tidak dapat mengakses informasi pribadi Anda, maka data aplikasi Anda ini bersifat pribadi –namun, hal ini membuat proses backup menjadi lebih sulit. Tanpa izin khusus (dalam hal ini, akses root) bakal sulit untuk mengakses direktori pribadi dari ponsel lama. Jadi, kecuali sebuah aplikasi memang menyediakan metode backup konfigurasinya sendiri, maka data aplikasi Anda pun akan menghilang saat Anda berganti ponsel.

Meski begitu, masih ada cara-cara yang patut dijalani untuk mem-backup data aplikasi Anda. Beberapa aplikasi memungkinkan akses ke data aplikasi melalui antarmuka debugging, dan ini telah bisa dilakukan dengan metode yang salah satunya digunakan oleh Helium untuk mengekspor data aplikasi Anda, bahkan tanpa melibatkan akses root, dan bisa langsung mentransfernya ke ponsel baru Anda. Kami akan menunjukkan cara menggunakan Helium untuk membuat backup data aplikasi Anda, tanpa atau dengan rooting.

Backup data aplikasi tanpa akses root

Jika Anda ingin memindahkan data aplikasi dari ponsel lama ke ponsel yang baru seperti yang telah dijelaskan di atas, maka Anda dapat melakukannya dengan aplikasi Helium dengan mudah –dan, tanpa harus me-rooting ponsel. Tentunya, hal tersebut hanya dapat dilakukan jika Anda menggunakan Helium Desktop Installer. Aplikasi ini tersedia untuk Windows, Mac OS X dan Linux. Jika Anda menggunakan Windows, pastikanlah untuk menginstal semua driver yang diperlukan.

  • Instal Helium Desktop, dan driver yang relevan jika perlu.
  • Instal aplikasi Helium di perangkat Android lama Anda.
  • Jalankan Helium Desktop –tapi, jangan sambungkan ponsel Anda ke PC dulu.
  • Aktifkan debugging USB pada perangkat Android Anda. Pilihan ini terletak di opsi pengembang.

Catatan: Jika ponsel Anda tidak terdeteksi, debugging USB mungkin belum diaktifkan dengan benar. Mungkin juga, driver ADB yang sesuai belum dipasang di komputer Anda.

  • Jalankan aplikasi Helium di ponsel Anda, dan hubungkan ke PC.
  • Setelah ponsel Anda terdeteksi, lepaskan dari PC.
  • Sekarang, Anda dapat membuka aplikasi di ponsel dan memilih aplikasi mana yang ingin Anda backup data aplikasinya. Jika Anda ingin mem-backup semuanya, maka pilih Pilih semua dan ketuk Simpan.
  • Selanjutnya, putuskan di mana Anda akan menyimpan backup Anda. Anda bisa memilih dari memori internal, microSD, atau penyimpanan awan.
  • Selanjutnya, tunggulah beberapa menit agar backup selesai.
  • Setelah selesai, akan muncul pemberitahuan bahwa backup sudah berhasil untuk dilakukan.

Backup data aplikasi dengan akses root

Jika perangkat Android Anda telah di-rooting, maka backup data aplikasi akan menjadi sangat mudah. Anda bahkan tidak perlu terhubung ke PC.

  • Saat aplikasi Helium dijalankan di ponsel Anda untuk pertama kalinya, maka aplikasi tersebut akan meminta hak Super User. Ini diperlukan untuk backup yang akan dibuat tanpa terhubung ke PC.
  • Proses berikutnya adalah sama seperti di atas, memilih aplikasi mana yang akan di-backup dan di mana Anda menginginkan backup Anda untuk disimpan.

Mengembalikan data aplikasi, dengan atau tanpa akses root

Dengan atau tanpa me-rooting ponsel Anda, pengembalian data dapat dilakukan dengan proses yang sama.

  • Jalankan Helium di perangkat Android Anda, dan bukalah tab Restore & Sync.
  • Di sana, pilih opsi dari mana Anda akan mengambil data untuk dikembalikan. (Mengembalikan dari backup awan harus menggunakan versi Premium.)
  • Kemudian, pilih untuk mengembalikan data aplikasi untuk aplikasi tertentu, atau semuanya. Cukup sorot aplikasi, kemudian ketuk Restore.
  • Sekarang, data aplikasi akan dikembalikan. Lama prosesnya tergantung dari berapa banyak data yang Anda akan backup.

Aplikasi Helium terus ditingkatkan dan diperbarui. Jika Anda ingin mem-backup data aplikasi Anda, pastikan untuk mendapatkan versi terbaru dari aplikasi ini. Proses backup data pun akan sangat mudah untuk dilakukan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top