NEWS GADGET

Pakai Handphone Android? Segera Hapus 9 Aplikasi Ini!

Dwi K   11 Feb 2020
Pakai Handphone Android? Segera Hapus 9 Aplikasi Ini!

Sebuah laporan dari Trend Micro menyebutkan bahwa para pengguna Android harus berhati-hati terhadap 9 aplikasi yang bisa menyusupkan malware ke handphone kita.

Android memang merupakan salah satu pilihan OS yang sangat populer. Mulai dari smartphone high-end keluaran Samsung hingga low-end dengan merek-merek lokal. Semuanya itu kebanyakan menggunakan platform Android.

Jika kita merupakan salah satu dari pengguna Android ini, maka kita harus kembali memeriksa aplikasi-aplikasi yang kita pasang di handphone milik kita tersebut.

Seperti yang kita sebutkan di atas, laporan terbaru dari Trend Micro telah memperingatkan kepada pengguna Android tentang 9 aplikasi berbahaya yang bisa menyusupkan malware ke handphone favorit kita.

Trend Micro menjelaskan bahwa mereka menemukan aplikasi optimizer dan booster di Google Apps yang dapat digunakan untuk hal-hal yang berbahaya, iklan yang menjebak, dan dapat men-download sebanyak 3.000 malware berbahaya pada handphone yang sudah terkena dampaknya.

Mereka menambahkan bahwa aplikasi-aplikasi yang berbahaya ini sudah di-download hingga lebih dari 470.000 kali.

Trend Micro menganalisa bahwa sekitar 3.000 malware yang telah di-download tadi akan mempengaruhi sistem aplikasi dengan berpura-pura masuk ke dalam sistem tanpa menunjukan ikon aplikasi apa pun, baik pada Launcher mau pun daftar aplikasi.

Mereka menambahkan bahwa pelaku di balik tindak cyber crime ini dapat menggunakan handphone yang telah terinfeksi aplikasi untuk memberikan review yang baik dan juga melakukan fraud melalui iklan dengan cara mengklik iklan pop up.

Google sendiri sudah bertindak dengan menghapus aplikasi-aplikasi ini dari Google Play Store.

Berdasarkan penemuan tersebut, Trend Micro sangat menyarankan agar para pengguna Android untuk bisa berhati-hati dalam men-download aplikasi untuk smartphone Android kita. Para penyusup digital tersebut sudah semakin pintar dalam mendesain aplikasi agar terlihat asli dan tampak terpercaya.

Berikut adalah nama aplikasi-aplikasi yang dinilai berbahaya menurut Trend Micro.

  • Shoot Clean
  • Super Clean Lite
  • Super Clean
  • Quick Games
  • Rocket Cleaner
  • Rocket Cleaner Lite
  • Speed Clean
  • LinkWorldVPN
  • H5 Gamebox

Berhati-hatilah dalam memilih aplikasi, ya guys!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top