TIPS

Optimalisasikan Kinerja Google Play Store dengan Cara ini

Dikdok   02 Nov 2017
Optimalisasikan Kinerja Google Play Store dengan Cara ini

Bagi para pengguna Android, layanan Google Play Store mungkin telah menjadi sebuah fitur terpenting yang harus mereka miliki. Bagaimana tidak? Dari layanan inilah, segala akses untuk mengunduh aplikasi dapat dilakukan, seperti aplikasi hiburan, media sosial, aplikasi pendukung pekerjaan, dan masih banyak aplikasi lainnya lagi.

Jika fungsi utama Google Play Store telah banyak diketahui oleh orang-orang, ternyata fungsi dari layanan ini bukanlah hanya sebatas itu saja. Nyatanya, aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang sangat bermanfaat bagi para penggunanya.

Lantas, apa saja cara yang bisa digunakan untuk mengoptimalisasi kinerja dari Google Play Store? Berikut ini adalah beberapa caranya:

Mencari Aplikasi Berdasarkan Pengembang

Kalian mungkin terbiasa untuk mencari aplikasi dengan berdasarkan nama dari aplikasi tersebut. Tapi, tahukan kalian bahwa kalian juga bisa melakukan pencarian dengan berdasarkan dari nama pengembang aplikasi itu sendiri? Caranya, cukup dengan mengetikkan pub:[nama pengembang].

Kunci Aplikasi di Google Play Store

Fitur ini sangat cocok bagi para orang tua yang ingin mengontrol aktivitas anaknya dalam menggunakan Google Play Store. Dengan menggunakan fitur yang bernama Parental Controls, kalian bisa membatasi setiap orang yang ingin mengunduh sebuah aplikasi di Google Play Store dengan sebuah PIN yang kalian sematkan.

Pada aplikasi Google Play Store, cukup dengan mengunjungi opsi Settings > Parental Controls, maka kalian akan diminta untuk memasukkan sebuah PIN. Setelah mengatur PIN, maka setiap ada siapa saja yang ingin menggunakan Google Play Store pada perangkat tersebut bakal diwajibkan untuk memasukkan PIN guna bisa mengakses ke dalam aplikasi pada Google Play Store tersebut.

Mengatasi Aplikasi di Luar Wilayah

Di Google Play Store, kita terkadang menemukan aplikasi yang dikhususkan untuk wilayah atau negara tertentu saja. Jika kalian sampai ‘ngotot’ ingin memasang aplikasi tersebut di perangkat smartphone kalian, maka tidak ada salahnya untuk mencoba trik Google Play Store yang satu ini.

Hanya dengan mengatur VPN (Virtual Private Network) saja, maka kalian sudah bisa mengunduh aplikasi yang tersedia di wilayah-wilayah tertentu dengan syarat harus mengatur negara domisili terlebih dahulu di aplikasi VPN. Layanan VPN ini sama halnya dengan menyembunyikan posisi yang pasti dari seorang pengguna. Untuk itu, sebaiknya gunakanlah layanan VPN yang terjamin dan terpercaya menyoal keamanannya.

Mencoba Aplikasi Versi Beta

Tahukah kalian, jika Google memungkinkan pihak pengembang untuk memberikan kesempatan kepada para pengguna Android untuk menjajal aplikasi sebelum dirilis secara penuh? Melalui kolom yang bernama “Early Access,” kalian bisa menggunakan beragam aplikasi yang tengah berada dalam versi beta, lho.

Sistem Pengembalian Uang (Refund)

Untuk mendapatkan berbagai aplikasi berbayar di Google Play Store, pengguna tentunya harus melakukan pembelian terhadap aplikasi yang diinginkan. Sistem pembayaran yang diberikan oleh Google ini juga terbilang sangat mudah. Pengguna dapat menggunakan kartu kredit mau pun pulsa untuk membeli sebuah aplikasi berbayar.

Namun, tahukan kalian bahwa Google juga memiliki fitur sistem pengembalian uang? Jadi, jika setelah melakukan pembelian suatu aplikasi namun dirasa tidak cocok, maka pembelian bisa di-refund dengan syarat dilakukan maksimal dua jam setelah pembelian aplikasi tersebut. Fitur refund ini akan otomatis dimunculkan setelah melakukan pembelian aplikasi dan akan hilang dalam kurun waktu dua jam setelah pembelian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top