NEWS GADGET

Oppo Dilaporkan sedang Kembangkan Chipset-nya sendiri

Anduril   26 Feb 2020
Oppo Dilaporkan sedang Kembangkan Chipset-nya sendiri

Oppo salah satu pabrikan smartphone asal negeri tirai bambu, saat ini dilaporkan tengah membuat chipset buatan mereka sendiri. Mereka saat ini dilaporkan tengah mempersiapkan banyak hal untuk mengenalkan chipset buatan miliknya tersebut.

Informasi ini didapatkan dari pernyataan resmi seorang eksekutif Oppo yang mengklaim jika chipset tersebut akan dinamai dengan Oppo M1. Saat ini Oppo juga tengah mendaftarkan paten teknologi miliknya pada Kantor Kekayaan Intelektual Uni Eropa (EUIPO).

Dalam mengembangkan Chipset buatanya ini, perusahaan telah mempekerjakan beberapa insinyur MediaTek dan Spreadtrum. Tony Chen, pendiri Oppo sekaligus CEO juga berujar, dalam pengembanganya, perusahaan akan menggelontorkan dana sekitar CNY 50 miliar ke dalam R&D. Hal ini sesuai dengan pernyataannya pada konferensi Inno Day pada tahun lalu.

Dengan Oppo menggunakan chipset buatanya itu, tentu akan jadi dampak besar bagi para perusahaan pembuat Chipset saat ini, terutama Qualcomm. Hal ini bisa terjadi, karena seperti yang kita tahu Oppo merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang menjadi langganan dari vendor Chipset Qualcomm.

Laporan itu juga menyebutkan jika dengan perilisan Chipset buatan mereka sendiri, akan membantu Oppo untuk mengurangi ketergantungan pada pembuat chip seperti Qualcomm, Samsung, dan MediaTek.

Tentu saja, langkah Oppo untuk mulai membuat prosesornya tidaklah mengejutkan. Karena banyak pembuat smartphone teratas lebih suka menggunakan SoC masing-masing daripada mengandalkan pembuat chip pihak ketiga.

Oleh karena itu, beberapa produsen utama yang menggunakan prosesor yang dirancang mereka termasuk Apple, Samsung, dan Huawei. Saat ini belum ada rincian tentang chipset ini. Tidak diketahui juga apakah perusahaan akan menawarkannya kepada pembuat smartphone lain, di bawah BBK Electronics.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top