REVIEW

Onitama: Permainan Strategi Sejenis Catur yang Adiktif

Andy Chan   14 Aug 2019
Onitama: Permainan Strategi Sejenis Catur yang Adiktif

Mari berkenalan dengan sebuah permainan yang menggunakan setting Jepang kuno, yaitu Onitama. Game buatan Asmodee Digital ini merupakan sebuah varian dari permainan catur yang dimainkan menggunakan sebuah papan kecil. Konsentrasi dan keberuntungan adalah persenjataan yang dimiliki oleh pemain untuk bisa mengalahkan lawan.

Konsep Permainan Onitama

Dalam Onitama, masing-masing pemain diberikan empat orang murid serta satu orang master sebagai representasi dari perguruan mereka. Tugas pemain adalah untuk memenangkan pertarungan melawan pemain lawannya dengan cara mengalahkan sang master milik lawan, atau dudukilah kuil milik mereka dengan menggunakan master milik pemain. Kedengarannya mudah, namun ternyata game ini butuh strategi lho!

Cara Menggerakkan Buah Onitama

Untuk menggerakkan keempat murid serta sang master tersebut, pemain akan diberikan sejumlah kartu. Total kartu tersebut ada lima buah, dan masing-masing pemain akan memegang antara dua atau tiga buah saja. Di atas kartu tersebut tercantum langkah yang bisa diambil oleh pemain, ada langkah lurus ke depan, ada langkah serong, ada juga langkah lompat jauh. Siapa pun yang memegang tiga kartu, dia lah yang jalan, tapi begitu dia menggunakan sebua hkartu untuk melangkah, maka kartu tersebut harus dioper ke pihak lawan.

Strategi Pertarungan

Kedua pemain akan bisa melihat kartu yang dipegang lawannya setiap saat. Oleh karena itu, pemain harus memikirkan strategi bagaimana caranya agar langkah yang diambil oleh lawan akan menguntungkan untuk dirinya. Hal tersebut bisa dicapai dengan memperhitungkan kartu-kartu apa yang sedang dipegang saat ini, serta langkah apa yang kira-kira bisa diambil oleh lawan di gilirannya. Masing-masing pemain memiliki kesempatan menang yang sama, jadi semua tergantung konsentrasi dan analisis yang tepat dalam melangkah. Itulah serunya pertarungan Onitama.

Multiplayer

Onitama adalah sebuah game yang bisa dimainkan secara single player ataupun secara multiplayer. Selain mode melawan AI, pemain juga bisa memainkan game ini menggunakan satu ponsel pintar dengan cara memainkannya secara bergiliran. Tersedia juga mode permainan online untuk mencari lawan dari seluruh dunia lho!

Kustomisasi Permainan

Secara tampilan, Onitama tampak seperti sebuah permainan catur, lengkap dengan papan berukuran 5x5 kotak. Uniknya, pemain bisa mengkustomisasi tampilan permainannya dengan cara mengganti papan, mengganti buah Onitama menjadi tema medieval atau science fiction, serta mengganti musiknya.

Game Gratisan yang Bisa Offline

Meskipun game-nya bisa dimainkan secara multiplayer online, namun Onitama yang disajikan secara gratisan alias free-to-play ini ternyata tidak membutuhkan koneksi Internet. Pemain bisa bermain melawan AI sesuka hati tanpa perlu khawatir kehabisan mobile data atau tidak ada sinyal. Apabila pemain menginginkan sesuatu yang lebih, mereka juga bisa menggunakan fitur mikrotransaksi untuk membeli kartu-kartu baru seharga Rp. 40.000,- serta pembelian skin.

Tipe permainan mirip catur dalam Onitama ini memang terlihat mudah dan sederhana, namun strategi mendalam, taktik yang penuh intrik, serta serunya mengalahkan pemain-pemain dari seluruh dunia membuat permainan ini menjadi adiktif dan patut dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top