REVIEW

Nuclear Submarine Inc.: Simulasi Kapal Selam yang Sangat Hardcore

Andy Chan   14 Jan 2020
Nuclear Submarine Inc.: Simulasi Kapal Selam yang Sangat Hardcore

Bersiaplah untuk menyelam ke dalam lautan yang paling gelap, kapten! Hati-hati dengan berbagai macam marabahaya, termasuk kapal perang musuh yang siap menenggelamkanmu, dan cobalah untuk bertahan hidup di lautan yang kejam ini. Itulah sedikit latar belakang permainan bertemakan kapal selam dari Nuclear Games yang berjudul Nuclear Submarine Inc.

Kapten Kapal Selam

Dalam Nuclear Submarine Inc., pemain akan berperan sebagai seorang kapten kapal selam kawakan. Tugasnya sulit lho, mempertahankan kapal selam miliknya agar selamat dari bahaya alami yang ada di lautan luas, serta menghindari serangan kapal perang musuh. Ingat, seluruh nyawa kru kapal selam ada di tanganmu.

Pengendalian Kapal Selam

Ada beberapa macam hal yang harus dikendalikan oleh pemain, namun pada intinya, kapal selam bisa digerakkan ke arah depan dan belakang menggunakan tombol panah yang ada di bagian kanan bawah layar permainan. Kedua tombol ini berlaku seperti tombol gas, jadi untuk menghentikan laju kapal selam, pemain harus menyentuh tombol 'pause' yang berada di antara kedua tombol panah.

Tangki Pemberat

Sebuah kapal selam bisa menyelam apabila tanki pemberat di dalamnya diisi dengan air. Apabila tanki tersebut diisi dengan udara, maka kapal selamnya akan terangkat ke atas. Pemain bisa mengatur isi dari tanki pemberat tersebut dengan menggunakan tombol "Air (Udara)" dan "Water (Air)" yang berada di sebelah kiri atas layar. Ingat, isi tanki pemberat dangan air untuk menyelam, dan isi dengan udara kalau ingin mengapung ke atas.

Manajemen Sumber Daya Kapal Selam

Ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mengendalikan kapal selam ini, mereka adalah Bahan Bakar, Udara, dan Baterai.

Udara

Manusia tidak bisa hidup tanpa udara, dan indikator udara ini menunjukkan seberapa lama kru kapal selam bisa tetap hidup di dalam air. Begitu udara ini habis, seluruh kru akan tewas karena tidak bisa bernapas. Jangan khawatir, karena udara bisa diisi kembali setiap kali kapal selamnya berada di atas air.

Baterai

Baterai adalah sumber daya paling penting, karena dengan baterai ini, mesin dari kapal selam akan tetap bekerja, dan pompa akan terus berfungsi untuk mencegah kapal selamnya dipenuhi air. Jika baterai sampai habis, kapal selam akan tersangkut di laut dan kemungkinan akan tenggelam.

Bahan Bakar

Bahan bakar adalah sumber daya kedua yang bisa mengisi baterai apabila energinya habis. Bahan bakar ini bisa digunakan dengan cara mengaktifkan generator ketika sedang berada di atas air, yang akan mengkonversikan bahan bakar menjadi energi untuk baterai.

Empat Mode Permainan

Nuclear Submarine Inc. menyediakan empat buah mode permainan yang unik: Free Mode, Misi, Rescue Operation, dan Mode Perang. Dari semua mode ini, hanya mode Peranglah yang dikunci, kecuali pemain sudah menyelesaikan mode Misi dan Rescue Operation.

Upgrade Kapal Selam

Setiap menyelesaikan sebuah misi ataupun sesi Free Mode, pemain akan diberikan sejumlah uang yang berguna untuk melakukan upgrade pada kapal selam miliknya. Semua aspek kapal selam bisa di-upgrade, seperti tanki udara, kekuatan baterai, kekuatan hull, bahkan upgrade menjadi kapal selam nuklir yang tentunya akan membuat ketahanan hidup para kru dan kapal selamnya menjadi lebih baik.

Grafis Statis yang Sederhana

Meskipun sebuah game kapal selam kedengarannya epik, tapi Nuclear Submarine Inc. sebenarnya hanya menggunakan grafis 2D saja. Tidak ada efek-efek spesial yang diperlihatkan di layar, tidak ada kru kapal selam berkeliaran, dan pemain juga tidak bisa melihat betapa spektakulernya apabila sebuah kapal selam hancur. Semua event yang terjadi di dalam game diperlihatkan menggunakan dialog teks saja, jadi rasanya kurang seru, tapi untunglah game-nya memiliki efek suara yang cukup otentik.

Tidak Menggunakan Stamina

Paling tidak, Nuclear Submarine Inc. yang disajikan secara free-to-play ini tidak menggunakan sistem stamina / energi, jadi pemain bisa dengan bebas memainkannya kapan pun dia inginkan. Apalagi game-nya juga tidak membutuhkan koneksi Internet, sehingga bisa dimainkan secara offline, yang berarti juga, kemunculan iklan bisa diminimalisir. Seperti biasa, pemain bisa membeli uang in-game via mikrotransaksi untuk mempercepat permainan, yang juga sekaligus menghilangkan iklan.

Sebenarnya kapal selam yang ditampilkan di Nuclear Submarine Inc. ini cukup menyedihkan: hanya bisa menyelam beberapa detik saja, baterai cepat sekali habis, dan mudah sekali hancur. Alih-alih menjadi hardcore dan menantang, malah game-nya terasa tidak memuaskan sama sekali. Namun begitu pemain sudah berhasil melakukan berbagai macam upgrade, barulah game ini terasa seperti game kapal selam sesungguhnya. Sayangnya, grinding untuk mencapainya sangat lama, jadi kecuali pemain bersedia membayar, mungkin Nuclear Submarine Inc. sebaiknya dilewatkan saja.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top