REVIEW

Nonogram.com, Puzzle Gambar versi Arcade

Andy Chan   20 May 2020
Nonogram.com, Puzzle Gambar versi Arcade

Di ranah mobile, sudah banyak game Nonogram bertebaran. Game yang biasanya dikenal dengan judul Picross alias Picture Cross atau puzzle gambar ini memang sudah menjadi santapan para penggemar puzzle sehari-hari. Ada Pixel Puzzle Collection dari Konami, ada Somnus: Nonogram, ada juga Picross Luna: A Forgotten Tale dengan tema bulan. Kali ini kita akan berkenalan dengan salah satu game Nonogram unik dari Easybrain, yang berjudul Nonogram.com : Picture cross Puzzle Game.

Mengenal Nonogram.com

Nonogram.com adalah sebuah permainan memutar otak, di mana puzzle yang disajikan merupakan campuran antara logika dan pixel art. Dengan mengikuti aturan angka yang berada di pinggiran permainan, pemain akan bisa menguak sebuah gambar tersembunyi di dalamnya. Bisakah kalian menyelesaikan semua puzzle yang disediakan dan menemukan gambar pixel art yang sangat menawan?

Cara Bermain

Cara menggambar di Nonogram.com sebenarnya sama saja dengan di game-game picross lainnya. Pemain akan diberikan sebuah grid dengan ukuran bervariatif, bisa 5x5, bisa 10x10, atau lebih besar lagi. Di samping kotak tersebut, akan terlihat aturan angka untuk digambar di dalam grid-nya. Pemain cukup menentukan apakah ingin menandai posisi di dalam gridnya dengan kotak atau dengan silang. Begitu pemain berhasil mengisi semua kotak di dalam grid dengan benar, maka akan terbukalah sebuah gambar pixel art untuk dinikmati.

Sistem Life ala Arcade

Berbeda sedikit dengan game-game picross lainnya yang biasa dimainkan dengan santai, Nonogram.com justru menantang pemain untuk tidak melakukan kesalahan. Begitu pemain mengisi suatu kotak, game-nya akan langsung mendeteksi apakah isian tersebut salah atau benar. Tidak ada membatalkan pilihan sama sekali di sini. Kalau benar, permainan akan berlanjut, kalau salah, pemain akan terkena damage dan kehilangan satu buah Life. Berhubung Life yang diberikan hanya tiga buah, maka pemain maksimal hanya boleh melakukan kesalahan dua kali saja. Kesalahan ketiga akan langsung membuat game over bagaikan sebuah game arcade. Sadis, ya? Untungnya, tidak ada batasan waktu untuk menyelesaikan puzzle-nya, jadi pemain bebas berpikir selama mungkin.

Hints

Bagi para veteran picross, tentunya menggunakan Hints adalah hal yang tabu. Tapi tentu saja, hal tersebut tidak menghalangi game-nya untuk menyediakan sebuah sistem Hints. Dengan menyentuh tombol hints, pemain bisa langsung menyentuh sebuah kotak di dalam grid untuk diberikan solusinya. Hints ini terbatas setiap level-nya, hanya ada tiga buah saja. Mau menambah hints? Silahkan menonton sebuah video iklan.

Berbagai Macam Mode

Asyiknya, pemain diberikan pilihan untuk memainkan berbagai macam mode di sini. Ada mode Easy, Medium, dan Hard yang bisa dinikmati kapan saja, ada juga Daily Challenge yang berubah setiap harinya, serta ada mode Event yang memiliki batasan waktu untuk dimainkan.

Lukisan Pixel Art ala Nonogram

Seperti biasanya game picross, begitu pemain menyelesaikan sebuah puzzle, pemain akan disajikan sebuah gambar cantik yang ditampilkan dengan menggunakan gaya pixel art. Gambar standarnya sih cukup menarik, seperti binatang lucu atau benda-benda unik. Namun gambar-gambar yang disajikan dalam Event Mode sangatlah menawan, karena memang merupakan gabungan dari puluhan nonogram.

Tidak Perlu Online

Nonogram.com sama sekali tidak membutuhkan koneksi Internet, sekalipun ada yang namanya Daily Challenge ataupun Event Mode. Game free-to-play yang satu ini memang tidak memiliki sistem stamina, namun dalam permainannya, pemain akan dibatasi salah menandai dengan tiga buah Life. Apabila membutuhkan Life tambahan, pemain bisa menonton sebuah video iklan.

Game yang satu ini memang unik. Kapan lagi ada game yang menantang pemain untuk sama sekali tidak melakukan kesalahan ketika sedang memainkan puzzle nonogram? Tapi di luar keunikan yang satu itu, Nonogram.com tidaklah jauh berbeda dengan game-game nonogram lainnya.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top