Ninja Xpress Catat Jakarta & Sekitarnya Sumbang 26% Pengiriman Nasional saat Ramadan 2021

Published: 27 Jun 2021, oleh en19ma

Di tengah momentum Hari Ulang Tahun dari Jakarta yang ke-494, Ninja Xpress mengapresiasi warga Jakarta dan sekitarnya atas kontribusi nyata mereka dalam membantu memperbaiki roda perekonomian Indonesia dengan melakukan pembelanjaan atas produk dalam negeri sebagai wujud dukungan kepada UKM lokal. Berdasarkan data yang dicatatkan oleh Ninja Xpress selama bulan Ramadan 2021, kota Jakarta dan sekitarnya telah menyumbang sebanyak 26 persen atau lebih dari 7 juta paket dari total penerima barang dalam skala nasional. Selain itu, sampai dengan Juni 2021, Ninja Point yang tersebar di seluruh Indonesia juga didominasi oleh wilayah Jakarta dan sekitarnya dengan persentase yang lebih dari 50 persen.

Pengiriman barang dengan tujuan Jakarta dan sekitarnya pada saat periode Ramadan dan Lebaran didominasi oleh kategori paket kecil, dengan jumlah sebanyak 93% dari total paket. Ada pun barang yang dikategorikan sebagai paket kecil tersebut meliputi kosmetik, pakaian, aksesoris, kacamata, makanan ringan atau makanan siap saji, dan lain-lain.

“Kami sangat mengapresiasi kontribusi nyata [dari] warga Jakarta dan sekitarnya yang dinilai memiliki andil yang cukup besar dalam mendorong kebangkitan UKM lokal di masa pandemi. Hal ini dapat menjadi contoh yang sangat baik untuk mengajak masyarakat di berbagai wilayah Indonesia untuk sama-sama mendukung kebangkitan UKM lokal,” ungkap Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Berdasarkan data yang telah dihimpun dari Mandiri Institute, tren belanja masyarakat di tahun ini mengalami perbaikan jika dibandingkan dengan periode pra-pandemi pada tahun 2020. Saat ini, nilai belanja masyarakat berada pada kisaran 4,6% lebih tinggi jika dibandingkan dengan periode Januari 2020 dan frekuensi belanja masyarakat juga meningkat pada kisaran 16,7% lebih tinggi.

Puncak peningkatan aktivitas belanja online terjadi pada saat Ramadan dan larangan mudik lebaran per Mei 2021 lalu. Aktivitas belanja online yang meningkat tersebut berpengaruh pada bisnis jasa logistik, hal inilah yang dicatatkan dalam pengiriman Ninja Xpress yang mengalami peningkatan pada permintaan pengiriman sebanyak 64 persen jika dibandingkan dengan periode Ramadan tahun sebelumnya.

Yoga, salah satu mitra UKM Ninja Xpress yang berasal dari Jakarta dan tercatat telah mengalami peningkatan pengiriman sebesar 100,7% selama Ramadan, menambahkan, “Penjualan barang di toko kami meningkat [pada] saat bulan Ramadan menjelang lebaran. Barang-barang yang paling banyak dipesan meliputi peralatan rumah tangga dan alat pertukangan, seperti palu, tang, dan obeng. Kami juga sangat berterima kasih kepada Ninja Xpress yang telah membantu kami dalam pengiriman paket dengan cara yang lebih mudah dan lebih murah.”

Hari Raya Idul Fitri juga menjadi momentum dalam mengerek laju inflasi pada bulan Mei 2021. Tak hanya sejumlah harga barang, konsumsi masyarakat pun ikut meningkat. Badan Pusat Statistik mencatat terjadinya kenaikan indeks harga konsumen atau inflasi pada April 2021. Inflasi bulanan tercatat sebesar 0,13 persen, lebih tinggi jika dibandingkan dengan dua bulan sebelumnya, yakni 0,1 persen dan 0,08 persen.

Peningkatan laju inflasi dan daya beli masyarakat ini tentunya menjadi kabar yang baik untuk kebangkitan UKM di masa pandemi. Sebagai Mitra UKM, Ninja Xpress semakin gencar untuk melakukan upaya-upaya dalam menghadirkan ekosistem digital untuk mendukung para pelaku UKM dalam membangun dan mengembangkan bisnisnya. Salah satu program terbaru yang dilakukan, yaitu dengan menyediakan platform digital yang dijadikan sumber informasi dan berbagi wawasan bisnis dan tips bersama oleh para pengusaha lokal di Indonesia.

“Peningkatan pengiriman yang terjadi pada masa Ramadan 2021 [telah] menjadikan Ninja Xpress memperkuat komitmen [untuk] mengantarkan sukses ke seluruh UKM di Indonesia, dengan memberikan layanan yang terbaik untuk UKM lokal. Salah satunya dengan inisiatif terbaru [dari] Ninja Xpress di kuartal kedua [tahun] 2021 dengan menghadirkan edukasi dan berbagi tips melalui situs Blog Ninja Xpress blog.ninjaxpress.co/ sebagai salah satu dukungan [dari] Ninja Xpress terhadap UKM lokal,” tutup Andi Djoewarsa, CMO Ninja Xpress.

Tags

news aplikasi mobile aplikasi layanan layanan logistik logistik ninja xpress jakarta pengiriman barang indonesia usaha kecil dan menengah ukm ulang tahun ekonomi ramadhan lebaran idul fitri pandemik COVID-19 coronavirus virus data trend belanja online aktivitas mudik jasa pengiriman penjualan ekosistem digital platform informasi bisnis education blog

Share Artikel