REVIEW

Nikmati Perjalanan yang Santai dalam Game Manajemen Kereta Api Unik, Tiny Rails

Andy Chan   21 Feb 2018
Nikmati Perjalanan yang Santai dalam Game Manajemen Kereta Api Unik, Tiny Rails

Apakah kalian sanggup mengatur perusahaan kereta apimu dari kereta yang sederhana menjadi kereta terbesar? Inilah kesempatanmu untuk mencoba menjadi pemilik perusahaan kereta api terbesar di seluruh dunia, karya dari Tiny Titan Studios yang diberi judul Tiny Rails. Judulnya boleh "Tiny" alias mungil, namun game ini ternyata besar, lho!

Tiny Rails merupakan sebuah game perjalanan kereta, di mana pemain diberikan perusahaan kereta api yang bermodalkan sebuah kereta sederhana dari sang kakek. Tugas pemain adalah mengembangkan perusahaan tersebut dengan cara mengantarkan penumpang ke tujuan, menambahkan gerbong unik, meng-upgrade lokomotif, sampai akhirnya menjadi seorang Tycoon kereta api terbesar yang pernah ada.

Pemain bisa mengkustomisasi susunan gerbong kereta sesuai kebutuhan, atau lebih tepatnya, sesuai gerbong-gerbong yang tersedia. Cara mendapatkan gerbong baru adalah dengan menyelesaikan misi atau bisa juga dengan menggunakan Gumball Machine, yang pada dasarnya merupakan sebuah mesin Gacha. Ya, untuk mendapatkan gerbong yang sangat "rare", pemain harus bertaruh menggunakan mata uang premium berupa Gems.

Pada dasarnya, permainan berlangsung secara otomatis. Kereta beserta gerbong-gerbongnya akan berjalan terus mengelilingi kota-kota pada peta, namun akan berhenti di setiap stasiun. Terkadang harus ada campur tangan pemain juga, misalnya ada batu yang jatuh ke rel kereta, pemain harus melakukan tapping sampai batu tersebut hancur, barulah kereta bisa melanjutkan perjalanan. Bahkan untuk batu yang menghalangi rel tersebut pun pemain bisa membayar sejumlah Gems untuk mengotomatisasinya.

Dengan mengantarkan penumpang, pemain akan mendapatkan sejumlah uang yang bisa dikoleksi dengan cara menyentuh gerbong kereta. Nah, uang ini bisa digunakan untuk membeli berbagai macam upgrade seperti kecepatan maksimum kereta, jumlah maksimum penumpang yang bisa diangkut, maksimum kapasitas kargo, jumlah maksimal gerbong kereta, maksimum berat, serta jumlah maksimal uang yang bisa disimpan dalam gerbong. Selain pembelian upgrade, pemain juga bisa membeli stasiun kereta yang akan meningkatkan bonus yang didapat.

Dalam Tiny Rails, permainan terbagi menjadi beberapa chapter, dan pada masing-masing chapter, pemain diberikan beberapa tugas yang harus diselesaikan. Tugasnya bervariasi, mulai dari mengantarkan sejumlah penumpang sampai disuruh membeli sejumlah stasiun kereta. Dengan menyelesaikan tugas inilah pemain akan mendapatkan reward seperti gerbong kereta yang unik.

Dan seperti sebuah game idle, meskipun pemain tidak sedang memainkan Tiny Rails, game-nya akan tetap berjalan sendiri. Sang kereta milik pemain akan senantiasa berputar-putar keliling lokasi bagaikan Snowpiercer, sampai akhirnya pemain kembali lagi dan memungut uang yang telah dihasilkan secara otomatis.

Kalau boleh dibilang, meskipun Tiny Rails menggunakan grafis pixel art, namun tampilannya sangatlah cantik dan menawan. Pemain bisa menikmati perjalanan kereta api melewati berbagai lokasi pedesaan, perkotaan, lembah, dan sebagainya. Tidak hanya itu saja, keberadaan sistem jam di sini membuat pemain bisa melihat transisi dari pagi ke siang, ke sore, dan ke malam, kemudian kembali lagi ke pagi secara real time. Dengan lagu yang santai, terkadang menikmati pemandangan ini pun sangat menyenangkan hati.

Tiny Rails merupakan sebuah game free-to-play yang asyik untuk dimainkan. Pemain tidak diganggu oleh iklan, kecuali dengan sengaja menontonnya demi mendapatkan Gems. Game-nya sendiri tidak butuh koneksi Internet, namun oleh karena tidak adanya iklan, koneksi Internet menyala pun tidak masalah. Tersedia mikrotransaksi untuk pembelian Gems serta paket-paket "hemat" lainnya apabila pemain membutuhkan sedikit boost.

Nah, apabila kalian membutuhkan sebuah game yang bisa dinikmati tanpa konsentrasi, Tiny Rails yang bisa dimainkan di saat senggang ini sangat cocok untukmu. Pemain hanya perlu sesekali mengecek bagaimana perjalanan kereta sudah berlangsung dan mengoleksi uangnya, untuk kemudian meng-upgrade segala hal sampai akhirnya berhasil menciptakan sebuah kereta impian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top