REVIEW

Mengebut di Arena Balap Mobil bersama Real Racing 3

Andy Chan   23 Jan 2021
Mengebut di Arena Balap Mobil bersama Real Racing 3

Balapan F1 adalah balapan kendaraan yang bertingkat internasional paling tinggi, yang disetujui oleh Federasi Automobile Internasional. Balapan ini resmi dilakukan di sebuah lapangan khusus, seperti di di Indianapolis Speedway, atau di Bahrain International Circuit, dan memang merupakan balapan yang terkoordinasi. Bersiaplah untuk balapan F1 ini bersama Electronic Arts dalam judul game balapan mereka di ponsel pintar, Real Racing 3.

Apakah Real Racing 3 itu?

Real Racing 3 adalah game balapan yang mengikutsertakan mode F1, menggunakan lapangan balap berlisensi. Ada 40 buah sirkuit yang diikutsertakan di dalamnya, yang berlokasi di 19 buah tempat nyata di dunia. Kalian akan dibimbing untuk menjadi seorang pembalap kawakan dan mencoba untuk menjadi nomor satu. Bisakah kalian melakukannya?

Cara Bermain

Untuk balapan, pemain diberikan pilihan banyak macam metode kendali. Dari semua pilihan ini, pada dasarnya kendali kendaraan terbagi tiga: menggunakan Tilt alias memiringkan ponsel pintar, menggunakan setir mobil virtual di layar sentuh, atau menggunakan tombol virtual. Selain itu, untuk mengerem, pemain bisa melakukannya dengan menyentuh layar pada kendali model tilt, atau menyentuh tombol rem pada kendali virtual.

Gas Kendaraan

Pengaturan awal game ini memberikan pemain sebuah gas otomatis, sehingga pemain tidak perlu pusing mengatur kecepatan kendaraan F1-nya, hanya perlu menentukan kapan perlu mengerem saja. Namun kalau memang pemain ingin kendali penuh, tersedia juga kendali gas manual untuk realisme.

Bantuan Pengendalian

Untuk kemudahan pemain, game ini memberikan tiga buah bantuan pengendalian, yaitu bantuan kemudi, bantuan rem, dan pengaturan kelicinan. Ketiga bantuan ini secara default dinyalakan, sehingga pemain yang tidak jago pun bisa menjadi salah satu pembalap handal di lapangan. Namun kalau pemain ingin lebih mengendalikan mobilnya secara realistik, mereka bisa menurunkan tingkat bantuan ini, atau bahkan mematikannya. Biasanya bagi mereka yang jago, kendaraan mereka akan bisa lebih ngebut dibandingkan yang menggunakan bantuan ini.

Tidak Hanya Formula 1 Saja

Real Racing 3 memiliki siklus permainan yang cukup solid. Ikut balapan dan mencoba untuk memenangkan balapan tersebut demi mendapatkan uang, gunakan uang tersebut untuk upgrade kendaraan atau membeli kendaraan baru. Ada banyak tipe balapan yang bisa dinikmati oleh pemain, jadi tidak hanya Formula 1 saja. Ada juga balapan Nascar, Gt4, European race, Endurance, dan lain sebagainya yang semuanya memberikan nilai bermain yang tinggi.

Menggunakan Dunia Nyata sebagai Template

Real Racing 3 tampil secara cantik dengan menggunakan model kendaraan F1 tiga dimensi. Ada banyak kendaraan dari berbagai macam merk dihadirkan di dalamnya, mulai dari Porsche, Bugatti, Chevrolet, Aston Martin, hingga Audi. Masing-masing sirkuit juga tampak cantik dan nyata, seperti sirkuit Silverstone, Hockenheimring, Le Mans, Dubai Autodrome, Yas Marina, Circuit of the Americas dan masih banyak lagi. Yang pasti, sesuai dengan judulnya, balapan F1 di Real Racing 3 ini benar-benar terasa ngebut dan nyata.

Perlu Online untuk Multiplayer

Secara teknis, game Real Racing 3 yang disajikan dengan model bisnis free-to-play ini ini bisa dimainkan single player secara offline. Tapi berhubung game-nya sendiri menitikberatkan pada balapan melawan pemain lain, maka pemain hanya akan bisa balapan kalau mereka sedang online saja. Apalagi game-nya juga memiliki fitur-fitur online yang menarik, seperti turnamen, time trial, leadberboards, dan lainnya, sehingga kebutuhan online tidaklah mengherankan. Seperti biasa, tersedia fitur mikrotransaksi untuk pembelian segala macam hal, termasuk paket murah, uang, hingga mata uang premium Gold.

Max Money dan Waktu Tunggu

Meskipun game-nya sepertinya tidak memiliki sistem stamina, namun pemain diberikan pembatasan dalam uang yang bisa didapatkannya dalam reward setiap harinya. Kalau sudah mencapai batas ini, maka pemain tidak akan mendapatkan uang lagi, dan harus menunggu hingga keesokan harinya. Selain itu, pemain juga akan disuruh menunggu setiap kali mereka melakukan upgrade pada kendaraannya, serta untuk melakukan servis kalau mengalami kerusakan.

Inilah saatnya kalian untuk balapan ngebut di mana pun kalian berada bersama Real Racing 3, game balapan yang wajib dicoba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top