REVIEW

Netmarble: Laporan Keuangan Kuartal ke-3 2020, Game-game Terbaru ke Depannya

en19ma   29 Nov 2020
Netmarble: Laporan Keuangan Kuartal ke-3 2020, Game-game Terbaru ke Depannya

Didirikan di Korea pada tahun 2000, Netmarble merupakan developer dan publisher terkemuka di dunia yang terus berusaha untuk mendorong batas kemampuan game mobile dengan beragam game inovatif, seperti MARVEL Contest of Champions, MARVEL Future Fight, Lineage2 Revolution, Harry Potter: Hogwarts Mystery, The Seven Deadly Sins: Grand Cross, dan Blade&Soul Revolution. Sebagai induk perusahaan dari Kabam serta pemegang saham terbesar dari Jam City dan Big Hit Entertainment, Netmarble berusaha untuk menghibur penduduk di seluruh dunia dari segala usia dengan menyediakan beragam permainan mobile yang menyenangkan melalui serial populernya dan kolaborasi dengan IP Holder dari seluruh dunia. Informasi lebih lanjut dapat diakses melalui http://company.netmarble.com.



Di Indonesia, Netmarble Indonesia berdiri pada tahun 2012 lalu, dan telah bekerjasama dengan LINE dengan menerbitkan game mobile Let’s Get Rich, serta meluncurkan MARVEL Future Fight, Seven Knights, Lineage2 Revolution, BTS WORLD, The King of Fighters ALLSTAR, dan The Seven Deadly Sins: Grand Cross. Informasi lebih lanjut mengenai Netmarble Indonesia dapat diakses di www.netmarble.co.id.

Berpacu dalam ekspansi global

Dalam proses menjadi perusahaan game mobile terkemuka, telah banyak terjadi perubahan dalam pola usaha perusahaan.

  • Oktober 2014: Menerima investasi sebesar 503 juta USD dari Tencent dan menjadi independen dari CJ.
  • Februari 2015: Masuk ke dalam kemitraan strategis dengan NCsoft dan menghasilkan banyak MMORPG online terkenal serta mengamankan berbagai IP yang dapat dibuat ulang menjadi game mobile.
  • Juli 2015: Mengakuisisi Jam City (sebelumnya SGN), developer game mobile yang berbasis di Amerika Serikat, seharga 130 juta USD dan kini menjadi pemegang saham terbesarnya.
  • Februari 2017: Menyelesaikan akuisisi Kabam's Vancouver Studio yang membuat MARVEL Contest of Champions, dan secara konsisten berada di tangga Top Grossing App Store dan Google Play.

Debut dalam pasar sekuritas

Netmarble resmi menjadi perusahaan terbuka dan terdaftar dalam KOSPI, bursa utama Korea pada bulan Mei 2017. Dengan dana baru yang dikumpulkan oleh IPO, Netmarble berencana untuk melakukan investasi dalam merger strategis dan akuisisi yang lebih besar untuk mendorong ekspansi global serta memperluas portofolio bisnisnya. Sebagai pemimpin pasar game Korea Selatan, kapitalisasi pasar Netmarble mencapai 6,8 miliar USD per 31 Desember 2019.

Perkembangan Netmarble terus berlanjut. Perusahaan ini melompat untuk menjadi perusahaan game global berdasarkan pengembangan yang unik dan kapabilitas operasi yang membedakan dari para pesaingnya. Kinerja dari pasar luar negeri terus meningkat pada setiap tahunnya, dengan lebih dari sebagian total pendapatan dihasilkan oleh pasar luar negeri pada tahun 2019.

Berita Perusahaan Terbaru

Top 6 Publisher Game Mobile Global (27 Maret 2020)

  • Menurut data yang dirilis oleh App Annie, situs analisis pasar aplikasi mobile, penjualan game Netmarble berada di urutan ke-6 di App Store dan Google Play pada tahun 2019 setelah Tencent, NetEase, Activision Blizzard, Supercell, dan Bandai Namco.
  • Netmarble, yang menempati urutan pertama dalam peringkat 52 publisher teratas App Annie pada tahun 2015, secara konsisten terus berada dalam 10 publisher teratas di pasar game mobile global selama lima tahun berturut-turut, termasuk pada saat pengumuman peringkat penjualan di tahun 2019.

Figur Penting

Hasil Keuangan Kuartal ke-3 2020

  • Total penjualan sebesar 535 juta USD
  • Laba operasional sebesar 73 juta USD

Informasi Keuangan

(Satuan: juta USD)

(Per November 2020)

Pengelompokan Pendapatan berdasarkan Wilayah (sesuai hasil kuartal ke-3 2020)

  • Amerika Utara sebesar 38%
  • Korea sebesar 25%
  • Eropa sebesar 12%
  • Jepang sebesar 9%
  • Asia Tenggara sebesar 9%
  • Lainnya sebesar 7%

Pemegang Saham Utama

(Per November 2020)

Portofolio Game

Pengelompokan Pendapatan berdasarkan Game Utama (sesuai hasil kuartal ke-3 2020)

Pengelompokan Pendapatan berdasarkan Genre (sesuai hasil kuartal ke-3 2020)

Jajaran Game Mendatang Netmarble

MARVEL Realm of Champions - Kabam

MARVEL Realm of Champions adalah imajinasi baru yang berani dari dunia Marvel yang membawa pemain ke Battleword, planet terlarang yang telah ditempa oleh berbagai kenyataan dimana kedamaiannya yang tidak menentu diganggu oleh kematian Maestro, the God-KLing. Setelah memilih dan menyesuaikan Champion milik mereka sepenuhnya dengan perlengkapan yang terbaik untuk menghadapi situasi yang ada, pemain bisa bekerjasama dengan pemain lain untuk melakukan pertarungan yang epik di area pertempuran unik, yang terinspirasi dari Marvel, dan bertarung 2v2 secara real-time.

Ni No Kuni: Cross Worlds

Ni No Kuni: Cross World adalah sebuah game fantasi kolaborasi antara “Level Five” dan “Studio Ghibli.” Melalui developer Lineage2 Revolution milik Netmarble, game ini akan terlahir kembali dengan Unreal Engine 4 dalam platform mobile. Game ini mencakup seluruh alam semesta dari seri original Ni No Kuni. Cerita game ini didasarkan pada alam semesta tempat dunia nyata dan dunia fantasi hidup secara berdampingan yang akan memberikan pengalaman bermain yang berbeda bagi para pemain. Ni No Kuni: Cross Worlds dari Netmarble menghadirkan dunia dengan ciri khas dari Ghibli dan animasi seperti dongeng dengan grafik 3D yang penuh warna dan adegan-adegan yang berkualitas tinggi.

Tentang Netmarble

  • Tanggal Berdiri Perusahaan: Maret 2000
  • Headquarter: Seoul, Korea
  • Co-CEO: Young-sig Kwon, Seungwon Lee
  • Jumlah Karyawan: Lebih dari 6.000 karyawan (termasuk di Korea dan negara lainnya)
  • Visi: Great Game Culture Company
  • Misi: We entertain the world with fun games
  • Cabang di Luar Negeri: Amerika Utara, China, Jepang, Taiwan, Thailand, Indonesia, dan Turki
  • Perusahaan Partner Utama: CJ ENM, Tencent, NCsoft
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top