REVIEW

Naruto X Boruto: Ninja Voltage, Menyelami Kisah Naruto & Boruto Sekali Lagi

Anduril   20 Feb 2020
Naruto X Boruto: Ninja Voltage, Menyelami Kisah Naruto & Boruto Sekali Lagi

Naruto merupakan salah satu dari sekian judul manga yang ditranslasikan ke banyak game sekaligus. Salah satu yang paling kita kenal adalah serial Ultimate Ninja series di PS4 dan PC. Setelah sebelumnya hadir dengan Ultimate Ninja Blazing, sekarang akhirnya Naruto terjun ke dunia mobile gaming kompetitif dengan game terbarunya yaitu Naruto X Boruto: Ninja Voltage.

Mengusung konsep pertarungan antar generasi dengan menghadirkan Boruto Uzumaki dan Sarada Uchiha. Naruto X Boruto: Ninja Voltage menghadirkan pertarungan antar ninja yang seru dalam gamenya. Namun, apa benar game ini akan seseru trailer yang ditampilkan?

Review Naruto X Boruto: Ninja Voltage

Perang dunia ninja

Dalam game ini, kamu dan pasukan ninja yang beranggotakan 4 karakter bertujuan untuk mengadu dengan pasukan ninja lainnya untuk mengambil alih benteng mereka. Gameplay yang ditawarkan mirip dengan MOBA pada umumnya, namun yang membedakan adalah karakter tim kamu bakal digerakkan secara otomatis oleh AI.

Grafis dari game ini mengambil animasi dari serial Ultimate Ninja Storm, terlihat dari berbagai gerakan Naruto dan Sasuke dalam game tersebut. Jika diperhatikan lebih dekat, kualitas grafis game ini kurang lebih mirip seperti Ultimate Ninja Impact yang sempat dirilis di PSP beberapa tahun lalu.

Sayangnya, kita tidak bisa melihat model 3D lebih dekat selain dari atas ataupun saat layar hasil dimunculkan. Naruto X Boruto juga menggunakan Live 2D pada animasi-animasi tambahan misal di menu pilihan ninja dan juga saat menggunakan jurus seperti Rasengan atau Chidori.

Membangun desa dan benteng ninja

Micro management juga penting dalam game ini karena tak hanya bertarung merebut benteng musuh, kamu juga harus mengatur bentengmu sendiri dan juga desamu sendiri. Chakra dan uang yang bisa kamu dapatkan terbatas, tapi jika kamu mengupgrade gedung-gedung tertentu maka jumlah chakra dan uang yang kamu dapatkan akan bertambah.

Kamu bisa membuat bentengmu sesuka hati dan sekuat mungkin dengan menambahkan pasukan-pasukan yang ditaruh dalam platform Kuchiyose. Beberapa trap dan peralatan-peralatan ninja tertentu akan membuat benteng kamu menjadi sangat kuat dan tahan dalam urusan menahan serangan-serangan ninja musuh. Dalam mode tersebut juga terdapat test play untuk mencoba sekuat apa bentengmu ketika diserang oleh musuh.

Story mode

Game ini juga memiliki Story Mode yang dimulai dari saat Naruto kembali ke desa Konoha dan pertama kali latihan kembali bersama Kakashi dan Sakura. Karena dimulai dari poin ini, kemunculan Boruto dan Sarada terkesan aneh karena pada saat itu kedua ninja tersebut belum terlahir di dunia ini.

Untungnya, karakter-karakter dalam Naruto X Boruto tidak didapat melalui gacha, namun dengan mengumpulkan fragment tiap karakter. Fragment karakter bisa didapatkan dari item drop quest-quest tertentu dalam game, dan sampai sekarang jumlah karakternya masih terbilang sedikit. Kalau kamu mendaftar lebih awal, kamu akan mendapatkan set Boruto Uzumaki agar bisa langsung menggunakannya sejak awal game.

Untuk meng-upgrade karaktermu, kamu membutuhkan kartu karakter untuk mendapatkan ninjutsu-ninjutsu baru yang bisa di equip pada karaktermu untuk mendapatkan jurus baru yang bisa digunakan oleh para ninja. Sayangnya, jurus-jurus ini harus didapatkan dengan gacha yang memakan 500 Shinobite.

Kesimpulan?

Bandai Namco cukup berhasil membawa kepopuleran Naruto ke dalam game mobile lewat Naruto X Boruto: Ninja Voltage namun saya sendiri kurang yakin apakah game ini akan bisa bertahan lama dimainkan penggemar komik Naruto.

Sebab dibalik gameplay yang disuguhkan sebetulnya game ini kurang seru, terkecuali bagian pertempuran yang dilakukan apalagi secara multiplayer hingga 4 player. Misalnya saja fitur dengan meningkatkan kapasitas resources dari bangunan yang ada di desa.

Rasanya nanggung kalau hanya begitu, kenapa tidak sekalian building simulator layaknya game Digimon Links yang sebetulnya masih sama. Perbedaannya adalah game Naruto ini mengusung action-brawler dan strategi. Meskipun begitu, game ini masih layaknya untuk dijadikan koleksi maupun pemuas kecintaan gamer terhadap serial Naruto.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top