REVIEW

MythWars & Puzzles Sajikan Serunya Perang Mitos dengan Puzzle Match-Three

Andy Chan   10 Sep 2019
MythWars & Puzzles Sajikan Serunya Perang Mitos dengan Puzzle Match-Three

Ketika perang antar dewa telah mencapai puncaknya, ternyata para dewa baik telah kalah. Seorang valkyrie cantik telah berhasil meloloskan diri ke dunia manusia, dan berbekal dengan bantuan dari para manusia yang menolongnya, kini saatnya untuk kembali berperang melawan para dewa jahat dan meraih kemenangan!

Myth Wars & Puzzles

Dipersembahkan oleh Karma Game, permainan puzzle match-three berjudul MythWars & Puzzles ini adalah sebuah gabungan unik antara game perang dengan game puzzle. Pemain akan mendirikan sebuah kota mistis, melatih pasukan berjumlah banyak, dan merekrut para hero legendaris yang akan membantu untuk membasmi para dewa jahat dari muka bumi.

Membangun Kota Mistis

Dalam MythWars & Puzzles, pemain diberikan sebuah kota mistis yang juga sekaligus merupakan benteng pertahanan. Kota ini bisa dibangun dan dikembangkan dengan berbagai macam fasilitas yang berfungsi untuk membuat kota tersebut menjadi mandiri. Ada pembangunan lahan pertanian untuk memproduksi makanan, pertambangan yang menghasilkan besi, Training Ground untuk melatih hero, Atelier untuk memproduksi item, dan lain sebagainya.

Pembangunan Terbatas Waktu & Jumlah

Setiap kali pemain membangun suatu fasilitas atau melakukan upgrade, tidak terjadi secara instan. Ada waktu tunggunya yang semakin tinggi level bangunannya, semakin lama juga waktu yang dibutuhkan. Pemain juga hanya bisa membangun atau meng-upgrade satu hal saja di satu waktu tertentu, akibatnya waktu main akan menjadi semakin lama. Seperti biasa, waktu tunggu ini bisa dipercepat dengan membayar mata uang premium.

Bifrost Portal untuk Summon Hero

Untuk melakukan summon hero di dalam MythWars & Puzzles, pemain bisa mengakses Bifrost Portal. Pemain akan mendapatkan summon gratisan per harinya dengan menggunakan Bifrost Portal, juga bisa membayarkan mata uang premium untuk menggunakan Bifrost Portal dan berharap mendapatkan hero-hero legendaris. Ingat bahwa Bifrost Portal ini menghasilkan hero secara acak alias model Gacha, jadi siap-siap kecewa tidak mendapatkan hero yang diinginkan.

Story Mode Sekuensial

Dalam MythWars & Puzzles, meskipun game-nya terlihat seperti pembangunan kota dicampur dengan puzzle match-three, namun ternyata game ini memiliki sebuah story mode dengan level-level yang jelas. Dengan menyentuh tombol MAP di bagian kiri bawah, pemain bisa mengakses story mode game ini dan mencoba untuk menyelesaikan level-level yang disediakan, lengkap dengan cutscene story yang menawan.

Battle Puzzle Match-Three

Mengusung tema puzzle match-three, pertempuran melawan para dewa jahat terjadi dalam sebuah medan permainan puzzle match-three, di mana setiap pemain melakukan matching warna, maka warna tersebut akan berubah menjadi sebuah pasukan yang akan maju menyerang musuh yang berada di atas mereka. Selain itu, melakukan matching pun akan menghasilkan Mana kepada para hero yang memiliki warna sama. Begitu Mana sang hero penuh, maka pemain bisa menyentuh foto sang hero untuk menggunakan skill unik yang dimiliki masing-masing hero, seperti menyerang atau melakukan healing.

Artwork Realis yang Menawan

MythWars & Puzzles adalah sebuah game yang bertemakan perang dewa Yunani. Para dewa dan hero manusia di sini ditampilkan dengan artwork bergaya realis yang keren dan menawan. Artwork ini paling terlihat jelas ketika pemain sedang menyaksikan sebuah cutscene ala visual novel yang digunakan oleh game ini sebagai metode menceritakan kejadian di dalamnya.

Wajib Online

Sayangnya, meskipun MythWars & Puzzles yang disajikan secara free-to-play ini tampak seperti game offline, namun sebenarnya pemain wajib memainkannya secara online. Ini dikarenakan adanya sistem Alliance yang membawa pemain untuk bermain bersama, sistem menantang pemain lain menggunakan Arena Ladder, serat keberadaan Event-event yang dihadirkan tanpa akhir. Tersedia juga sebuah sistem mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium Gems dengan harga bervariasi, mulai dari Rp. 71.000,- hingga yang berharga hampir satu setengah juta rupiah.

Sebenarnya MythWars & Puzzles ini mirip sekali dengan Zgirls: Puzzle & Quest, mulai dari sistem membangun kota, perang puzzle match-three, sampai ke hero-heronya yang memiliki macam-macam varian. Bagi kalian yang kecewa karena Zgirls: Puzzle & Quest sudah hilang dari Play Store, mungkin MythWars & Puzzles ini bisa menjadi pengganti yang sepadan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top