REVIEW

Mystic Code, Sebuah Visual Novel Misteri yang Menegangkan

Andy Chan   19 Jul 2019
Mystic Code, Sebuah Visual Novel Misteri yang Menegangkan

Di sebuah dunia di mana manusia dan para makhluk mistis bernama Mystics hidup berbarengan, sebuah kasus pembunuhan telah terjadi dan menyebabkan kedamaian kedua belah pihak terancam. Korban tersebut adalah seorang polisi yang juga merupakan salah satus Mystic Gumwa, dan ditemukan seekor katak mati di tempat kejadian perkara. Apa yang ingin dikatakan oleh pembunuhnya? Inilah dia kisah pembunuhan misterius supernatural yang disajikan dalam bentuk sebuah game berjudul Mystic Code.

Sebuah Visual Novel Misteri

Mystic Code adalah sebuah game visual novel karya dari LucyDream yang memang spesialis menciptakan game-game bergenre visual novel. Dalam game ini, pemain berperan sebagai seorang penyelidik wanita yang menyelidiki dan mengejar pembunuh misterius tersebut. Apa sebenarnya kenyataan yang terjadi? Bisakah kamu menemukannya?

Tapi sebagai catatan, game ini meskipun sama-sama memiliki judul "Mystic", namun tidak ada hubungannya dengan Mystic Messenger yang pernah booming beberapa tahun yang lalu. Pengembangnya saja juga beda koq, jadi jangan mengharapkan semacam sekuel dari game itu di sini ya. :P

Permainan ala Pilihan Berganda

Dalam sebuah visual novel, pemain cukup membaca kisah yang dibawakan oleh game-nya secara visual, lengkap dengan karakter-karakternya yang berdialog satu sama lain membentuk sebuah cerita. Akan ada poin-poin di mana pemain diberikan pilihan berganda mengenai respons terhadap suatu pembicaraan, atau pilihan melakukan sesuatu. Hal ini tampak kecil, namun sebenarnya akan mempengaruhi jalan cerita, terutama di bagian ending.

25 Chapter yang Menarik dengan Ending Berbeda-beda

Mystic Code terdiri dari 25 chapter untuk diikuti, masing-masing dengan kisah penyelidikan yang menarik. Ingat bahwa bagaimana kalian melakukan penyelidikan dalam 25 chapter ini akan membawa kalian kepada ending yang berbeda-beda. Tidak semua ending itu bagus, ada juga bad ending yang sebaiknya dihindari, jadi pilihlah keputusan dengan bijak.

Side Story

Selain cerita utama untuk diikuti, Mystic Code juga memiliki cerita sampingan yang akan mendukung cerita utamanya. Tapi untuk mendapatkan cerita sampingan ini, pemain harus menamatkan game-nya dengan kondisi tertentu terlebih dahulu.

Lengkap dengan Voice Acting berbahasa Korea

Mystic Code adalah game yang berasal dari Korea, sehingga meskipnu artwork yang digunakan bergaya shoujo, namun game-nya menggunakan voice acting berbahasa Korea. Tokoh utamanya adalah satu-satunya karakter wanita di dalam game, sementara karakter-karakter pria di dalamnya boleh dibilang ganteng-ganteng sehingga nuansa Otome dalam Mystic Code benar-benar terasa pekat.

Menguangkan Game Visual Novel

Mungkin agak ajaib mengenai bagaimana caranya mereka bisa menggunakan mikrotransaksi dalam sebuah game visual novel, namun ternyata LucyDream berhasil mengimplementasikannya di game gratisan ini. Game-nya wajib online, menampilkan iklan (bahkan harus nonton iklan untuk menulis di jurnal), dan menggunakan dua buah mata uang premium berupa kunci dan clover. Beberapa hal di dalam game membutuhkan mata uang tersebut, seperti mengganti cover character, membaca notes, dan lain sebagainya.

Bagi mereka yang tidak suka membaca, Mystic Code bukanlah game untuk mereka. Game ini padat dengan teks, dan untuk bisa mengerti ceritanya, wajib dibaca dan diikuti secara teliti. Namun bagi yang bersedia mengikuti kisahnya, Mystic Code adalah salah satu visual novel misteri yang menarik dan menegangkan.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top