REVIEW

My Secret Bistro: Yuk, Jalankan Restoranmu di Dunia Lain!

Andy Chan   11 Jul 2019
My Secret Bistro: Yuk, Jalankan Restoranmu di Dunia Lain!

Bagaimana rasanya kalau mimpi bisa jadi kenyataan? Itulah yang terjadi pada tokoh utama dari game My Secret Bistro, karya dari FLERO Games. Di saat dia sedang tidur bermimpi memiliki restoran sendiri, siapa sangka ternyata tiba-tiba mimpi tersebut menjadi kenyataan, karena dia mendadak berpindah ke di dunia lain. Entah apakah dia sedang bermimpi atau mendadak mati, tapi yang pasti, kini dia pun sekarang memiliki bisnis baru, yaitu sebuah restoran sendiri!

Atur Bistro Berkelas Milikmu sendiri

Dalam My Secret Bistro, pemain berperan sebagai seorang manajer restoran yang bisa dikustomisasi dengan berbagai macam tema warna-warni. Rekrutlah para pelayan yang unik-unik, jelajahi dunia yang baru ini dan dapatkanlah bahan masakan yang berkualitas untuk memasak berbagai macam makanan dan minuman yang sesuai dengan selera para konsumen.

Mikromanajemen yang membuat Sibuk

Game masak-memasak biasanya hadir dengan sistem dash, seperti Diner Dash atau Restaurant Dash. Namun My Secret Bistro ini tidak menggunakan sistem buru-buru seperti itu, melainkan menggunakan sistem mikromanajemen di mana pemain mengatur semua aspek restorannya. Mulai dari membeli stok bahan makanan, memilih apa yang akan dimasak, menyewa karyawan sebagai pelayan dan kasir, melakukan riset masakan baru, hingga mendekorasi restoran dan upgrade restoran, semuanya ada di tangan pemain.

Memasak dan Mengurusi Restoran

Pemain memiliki tugas untuk memilih apa yang akan dimasak dengan cara menyentuh tempat masak dan memilih masakan. Setelah menunggu sampai masakan tersebut matang, maka hasilnya pun akan masuk ke dalam display dan bisa dibeli dan disantap oleh para pengunjung. Apabila pemain ingin mendapatkan tips lebih, mereka bisa menyentuh bubble yang muncul di atas para pengunjung tersebut seperti misalnya yang minta porsi kedua, atau meminta minuman. Bahkan apabila pemain rajin, mereka bisa juga memunguti piring kotor dari meja makan sebelum sang pelayan membersihkannya agar mendapatkan tips. Kalau dipikir-pikir, sepertinya malah merebut tips dari sang pelayan ya? ^^

Berbagai Misi untuk diselesaikan

Untuk membantu pemain membiasakan diri dalam mengelola restoran ini, game-nya pun memberikan sederetan misi untuk diselesaikan. Misi-misi ini dengan jelas mengajarkan sekaligus menugasi pemain mengenai apa yang harus dilakukan untuk membuat restoran tersebut menjadi besar, seperti membeli meja dan kursi baru untuk menambah jumlah pengunjung yang bisa dilayani, membeli bahan makanan, hingga membeli dekorasi untuk mempercantik restoran.

Mengunjungi Restoran Pemain Lain

My Secret Bistro adalah sebuah game online, jadi pemain pun memiliki kemampuan untuk mengunjungi restoran milik pemain lain. Di restoran lain tersebut, pemain bisa membantu mereka untuk bersih-bersih serta membunyikan lonceng. Nah, lonceng ini apabila sudah dibunyikan enam kali oleh pemain-pemain lain, akan mengaktifkan yang namanya Party Time di mana pengunjung akan benar-benar ramai mengunjungi restoranmu dan tentu saja akan menghasilkan uang banyak.

Imut dan Menawan

Secara penampilan, My Secret Bistro adalah salah satu game yang benar-benar tampak imut dan menawan. Pemain bisa membeli kostum untuk mengubah penampilan avatar-nya, bisa juga mengkustomisasi nama para pelayan, bahkan sampai merombak restoran agar sesuai dengan selera. Para karakter yang hadir di sini pun semuanya diambil dari dongeng dan fantasi, jadi jangan heran apabila ada manusia bertelinga kucing, manusia bertelinga anjing, hantu, bahkan ada Peter Pan, Snow White dan si Tudung Merah juga, dan lebih keren lagi, mereka semua bisa dijadikan karyawan di restoranmu lho!

Free-to-Play yang Wajib Online

Semua orang bebas memainkan My Secret Bistro karena memang game-nya dihadirkan secara free-to-play. Namun oleh karena sifat dari game ini yang online, maka game-nya wajib dimainkan secara online, baik itu via WiFi maupun dengan mobile data. Seperti biasanya game gratisan, tersedia mikrotransaksi untuk pembelian mata uang premium Ruby, paket-paket "murah", serta pembelian Koin menggunakan uang asli. Ruby sendiri memiliki banyak kegunaan, baik itu untuk mempercepat proses serta membeli bonus-bonus.

Inilah dia game yang cocok untuk kalian yang ingin menjajal menjalankan restoran sendiri. Bebasnya mendekor restoran, membuat menu sendiri, dan sibuknya melakukan mikromanajemen dalam game ini membuat My Secret Bistro menyenangkan sekaligus menantang untuk dimainkan. Ayo kunjungin dunia fantasi yang menawan ini dalam My Secret Bistro!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top