TIPS

Mudahnya Transfer Data ke HP Baru dengan Cara Jitu Ini

Eroneko   28 Nov 2016
Mudahnya Transfer Data ke HP Baru dengan Cara Jitu Ini

Dengan begitu banyaknya varian smartphone baru, mungkin kalian berencana atau bahkan sudah mengganti smartphone lamamu jadi smartphone yang lebih canggih dan lebih bagus. Memiliki smartphone baru memang menyenangkan, namun kita terkadang diribetkan dengan proses transfer data, kontak, musik, aplikasi, dan lainnya dari HP lama ke HP baru. Jangan khawatir, dengan berkat banyaknya backup tools, aplikasi transfer, dan beberapa trik, kalian tidak perlu lagi dipusingkan masalah memindahkan data dari HP lamamu ke HP baru.

Cara paling mudah, tentu saja, adalah datang ke service center resmi smartphone yang kalian beli dan meminta customer service mereka untuk melakukan transfer keseluruhan data yang ada di HP lamamu ke HP baru. Namun, jika menurutmu cara tersebut terlalu merepotkan, kalian bisa melakukannya sendiri dengan cara mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Begitulah, JurnalApps kali ini akan memberikan langkah mudah untuk transfer data ke HP baru dengan mudah untuk kalian.

Memindahkan Kontak

Langkah pertama adalah memindahkan kontak dari HP lama ke HP baru. Meski pun sudah banyak aplikasi yang menyediakan cara berkomunikasi via chatting, panggilan suara mau pun panggilan video, fungsi sebenarnya dari HP milikmu adalah untuk berkomunikasi melalui nomer-nomer telepon. Jadi, daftar kontak masih sangat diperlukan dan penting untuk disimpan.

Kalau jaman dulu, kita perlu mencatat segala kontak yang ada di HP untuk dipindahkan ke HP baru. Sekarang, ada alternatif yang lebih cepat. Caranya adalah dengan menyambungkan daftar kontak di HP milikmu ke akun Google. Cukup dengan membuka pengaturan HP, terus cek akun, dan buka akun Google milikmu. Setelah itu, hidupkan fitur Contact Sync. Dengan begitu, meski pun kalian bergonta-ganti HP atau menggunakan banyak HP sekaligus, asalkan menggunakan akun Google yang sama, maka daftar kontakmu akan tetap aman dan bisa digunakan di semua HP milikmu.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan SD card milikmu. Caranya pun bakal berbeda-beda pada tiap smartphone. Tapi, intinya dilakukan dengan masuk ke daftar kontak di HP milikmu, kemudian pilihlah tombol import/export. Setelah itu, ada pilihan “Export to Storage”nantinya dan pilihlah SD card milikmu. Nantinya, kalian bisa memindahkan SD card milikmu itu ke HP baru. Kemudian, pada daftar kontak HP baru, kalian bisa memilih “Import from Storage” dan pilihlah SD card milikmu untuk memindahkan kontak ke HP yang baru.

Selain itu, ada cara yang lebih mudah lagi, yaitu dengan menyimpan seluruh daftar kontak ke SIM card milikmu. Dengan begitu, kalian bisa memindahkan SIM card ke HP yang baru, dan daftar kontak secara otomatis akan ada di HP yang baru.

Memindahkan Data Multimedia

Langkah kedua adalah memindahkan data musik, foto, dan multimedia lainnya. Memindahkannya bisa dengan menggunakan cara manual, yaitu menyambungkan HP lamamu ke komputer kemudian memindahkannya dari komputer ke HP barumu. Cara sederhana ini efektif jika kalian tak ingin terlalu ribet dan menginginkan solusi yang cepat. Cara lainnya adalah dengan menyimpan file-file multimedia milikmu ke SD card dan memindahkannya ke HP baru. Sayangnya, cara ini tak bisa digunakan untuk HP yang tidak mendukung adanya storage eksternal.

Jika kalian ingin memindahkan tanpa menggunakan komputer, cara paling mudah adalah dengan menggunakan aplikasi penyimpanan cloud semacam Google Drive, Dropbox, atau aplikasi-aplikasi lainnya yang sejenis.

Memindahkan Aplikasi

Langkah ketiga adalah memindahkan aplikasi dan data aplikasi ke HP yang baru. Kalian bisa memindahkan semua aplikasi dan data aplikasi tersebut ke HP yang baru, hanya dengan menggunakan Google Drive. Namun, kalian juga bisa menggunakan aplikasi gratisan yang dapat membantumu untuk memindahkan data dengan cepat, seperti Share It.

Memindahkan Semua yang Ada di HP Lama secara Sekaligus

Jika tidak ingin ribet memindahkan satu per satu, mulai dari kontak, aplikasi sampai file multimedia, kalian bisa menggunakan Google Backup untuk menyimpan keseluruhan isi HP lamamu dan memindahkannya ke HP baru. Ada juga aplikasi backup di PC yang dapat digunakan untuk memindahkan keseluruhan data yang ada di HP lamamu secara langsung ke HP baru dengan bantuan komputer.

Cara apa pun yang kalian pilih, pastikanlah semua data-data penting yang ada di HP milikmu tersimpan dan buatlah backup di media lain, seperti flash drive, atau simpan dulu di komputermu. Dengan begitu, sewaktu-waktu ada kejadian tak terduga, kalian masih bisa mengembalikan data-data pentingmu ke HP baru dengan mudah.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top