TIPS TRIK

Mudahnya Main Game & Putar Video di TV dari HP Android

Ayu Handayani   19 Mar 2017
Mudahnya Main Game & Putar Video di TV dari HP Android

Di zaman modern seperti saat ini, penggunaan smartphone sudah bisa memfasilitasi banyak hal, seolah seluruh dunia sudah berada dalam genggaman kita. Kalian bisa melakukan banyak hal, seperti menonton video atau pun bermain game dengan smartphone kalian. Namun, kita terkadang masih saja merasa bahwa layar smartphone terlalu kecil, sehingga ingin rasanya untuk menyambungkan smartphone pada layar yang berada di televisi.

Nah, berikut adalah cara agar kalian bisa bermain game dan memutar video di TV dengan mudah yang bisa kalian lakukan.

1. Melalui Koneksi Kabel

Untuk menggunakan cara ini, TV yang digunakan harus mendukung port HDMI. Kalian memiliki dua pilihan, pilihan pertama yaitu mengunakan kabel micro/mini HDMI to HDMI. Namun, pastikanlah dulu bahwa smartphone kalian juga mendukung port mini/micro HDMI.

Pilihan kedua adalah menggnakan MHL Adapter (micro USB to HDMI), namun kalian tetaplah perlu untuk memastikan bahwa perangkat Android milik kalian sudah mendukung MHL.

2. Miracast

Jika kalian memiliki smart TV, maka menyambungkan layar dari ponsel ke TV akan jadi mudah karena TV semacam ini mendukung Miracast yang memanfaatkan teknologi Wi-Fi Direct secara langsung antara Android dan TV. Sebagian besar perangkat Android 4.4 ke atas pun sudah memiliki fitur ini. Langkah-langkahnya sendiri adalah:

  1. Aktifkan fitur Miracast di perangkat Android kalian. Kalian bisa langsung mengaksesnya dari Setting, Display, lalu aktifkan Wireless Display
  2. Nantinya, perangkat Android kalian akan mencari perangkat pendukung Miracast, yang dalam hal ini adalah TV.
  3. Jika nama TV kalian muncul di layar smartphone, pilihlah lalu masukkan kode atau PIN yang muncul di TV.
  4. Selamat, kalian berhasil melakukan mirror. Apa pun yang kalian lakukan di smartphone, maka kalian bisa menampilkannya di TV.

3. Google Chromecast

Jika tidak memiliki TV yang mendukung Miracast, maka kalian bisa menggunakan Google Chromecast sebagai penggantinya. Dongle ini bisa kalian cari di toko-toko online meski pun harganya cukup mahal, sekitar ratusan ribu hingga 1 juta rupiah. Namun, kalian tidak akan kecewa dengan kualitas Google Chromecast ini. Berikut adalah panduan menyoal bagaimana cara untuk menghubungkan smartphone kalian ke layar dengan tambahan perangkat tersebut.

  1. Hubungkan Chromecast dengan kabel power, lalu sambungkan ke port HDMI di TV.
  2. Gantilah tampilan input di TV kalian ke HDMII yang sudah terhubung dengan Chromecast.
  3. Install aplikasi Chromecast, yang kini bernama Google Home, dari Google Play Store
  4. Buka aplikasinya dan ikuti langkah-langkah Setup yang dibutuhkan.
  5. Beri nama Chromecast, kemudian hubungkan dengan router Wi-Fi di rumah.
  6. Setelah selesai, kalian bisa menikmati banyak konten pada perangkat Android di TV, termasuk melakukan screen mirroring atau wireless display seperti Miracast.
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top