REVIEW

Mortal Kombat X Mobile, Sebuah Versi Mobile dengan Konten Luar Biasa

Andy Chan   21 Dec 2018
Mortal Kombat X Mobile, Sebuah Versi Mobile dengan Konten Luar Biasa

Kano, Liu Kang, Raiden, Johnny Cage, Scorpion, Sub-Zero, Sonya, ... siapa tidak kenal mereka? Ya, mereka adalah para karakter dari MORTAL KOMBAT, sebuah game fighting berseri yang kini segera memasuki seri terbarunyal, Mortal Kombat XI. Menyambut kehadiran Mortal Kombat XI, marilah kita membahas mengenai seri terakhirnya yang hadir di mobile, Mortal Kombat X.

Sejarah Mortal Kombat, dan Mortal Kombat X untuk Mobile

Mortal Kombat bermula dari tahun 1992, sebuah ide dari Ed Boon dan Jon Tobias yang berhasil menciptakan sebuah game fighting yang penuh darah dan sampai kini telah menjadi salah satu franchise game fighting terkemuka di dunia. Seri terkini dari Mortal Kombat adalah Mortal Kombat X, yang melanjutkan kisah reboot dari Mortal Kombat 9. Mortal Kombat X tidak hanya dibuat untuk PC dan konsol saja, karena Warner Bros pun telah membuatkan versi mobile-nya untuk dimainkan oleh semua orang.

Sistem Pertarungan via Layar Sentuh

Berbeda dengan versi konsol yang merupakan murni game fighting, Mortal Kombat X versi mobile ini merupakan sebuah simplifikasi dari metode pertarungan Mortal Kombat. Pemain cukup mengetuk layar saja untuk menyuruh karakternya menyerang lawan, dan untuk menahan serangan, cukup menahan sentuhan di kedua belah layar kiri dan kanan dengan menggunakan dua jari. Pemain juga bisa menggunakan jurus-jurus khusus dengan menyentuh icon di bawah layar.

Pertarungan Tim 3 vs 3

Perbedaan yang lebih besar lagi ada pada sistem pertarungan tim 3 vs 3 yang dibawakan oleh Mortal Kombat X versi mobile. Satu pertarungan terdiri dari satu ronde, namun pemain harus mengalahkan ketiga karakter yang ada di tim lawan. Pemain juga bisa mengganti karakter yang sedang bertarung dengan karakter lain dengan cara menyentuh foto karakter yang ada di sebelah kiri. Karakter yang sedang tidak bertarung akan sedikit-sedikit bertambah Life-nya, sehingga ada baiknya apabila karakter yang sudah berkurang banyak Life bar nya, untuk diganti dengan karakter lain agar jangan sampai K.O.

QTE dalam Pertarungan

Pemain harus senantiasa siaga dalam pertarungan karena akan ada saat-saat tertentu di mana karakternya akan membutuhkan sebuah input khusus Quick Time Event alias QTE. QTE ini bervariatif, ada yang hanya melakukan swipe, ada juga yang harus menyentuh layar di saat yang tepat, atau ada juga yang disuruh menyentuh icon-icon secara cepat.

Sebuah Game yang Kaya akan Konten

Mortal Kombat X pun memiliki konten yang sangat kaya dan tidak kalah dengan versi konsol/PC nya.

Battle Mode

Dalam Battle Mode, pemain diberikan sederetan peta untuk diselesaikan, di mana pada masing-masing peta memiliki sejumlah Tower untuk dikalahkan. Battle dalam Tower ini meskipun berbentuk Tim 3 vs 3, namun kadang memiliki komplikasi tersendiri, misalnya pemain terkena efek "Off Balance" sehingga tim-nya bisa secara random berganti petarung, atau bisa juga bertemu dengan sebuah mode Test Your Might.

Quest Mode

Selain Battle Mode, tersedia juga Quest Mode di mana pemain bisa mengirimkan karakter-karakter yang dimilikinya untuk pergi dalam sebuah misi khusus. Quest Mode ini otomatis, pemain hanya perlu menyuruh karakternya untuk pergi saja. Tapi perlu dicatat bahwa karakter tersebut akan tidak tersedia selama dia masih menjalankan misinya.

Shao Kahn's Tower

Dalam Shao Kahn's Tower, pemain bisa bertarung dalam lima buah tower untuk mendapatkan Talent Points. Talent Points ini bisa digunakan untuk membeli kemampuan khusus untuk meningkatkan tim. Ingat, Shao Kahn's Tower tidaklah mudah, dan perlu sebuah tim yang berisikan jagoan-jagoan handal saja baru bisa menyelesaikan seluruhnya.

Multiplayer Faction Wars

Tidak hanya single player mode saja, Mortal Kombat X Mobile juga memberikan kemampuan kepada pemain untuk bertarung melawan pemain lain. Sayangnya, dalam Faction Wars ini pemain tidaklah benar-benar melawan pemain lain secara real-time, melainkan hanya melawan tim-nya saja. Pertarungan tetap melawan AI.

Fitur-fitur Mortal Kombat X

Selain mode-mode di atas, Mortal Kombat X juga memiliki fitur-fitur keren lho, termasuk fitur yang umumnya dimiliki oleh game-game mobile.

Equipment untuk Memperkuat Karakter

Dalam Mortal Kombat X Mobile, pemain bisa mendapatkan berbagai macam equipment untuk digunakan oleh karakter-karakternya. Equipment ini memiliki fungsi khusus seperti menambah kekuatan atau memberikan efek lainnya.

Grafis 3D yang Tidak Kalah dengan Versi Konsol/PC

Mortal Kombat X menggunakan grafis berteknologi Unreal, sehingga tampilan pertarungan sungguh menawan. Pemain bisa melihat para kombatant secara mendetail, mulai dari para karakter Mortal Kombat X Jacqui Briggs, Dvorah, Kung Jin, Reptile, Cassie Cage, Kenshi, sampai ke karakter-karakter filler macam Ninja dari Lin Kuei, Ninja dari Shirai Ryu, Trooper wanita, dan Oni. Jika ada yang bertanya-tanya mengenai kualitas FATALITY dalam game ini, tidak perlu ragu lagi bahwa kualitasnya hampir menyamai versi konsolnya, lengkap dengan darah-darah, potong-memotong bagian tubuh, serta kesadisan tiada tanding. Efek samping dari kualitas grafik seperti ini adalah kebutuhan ponsel pintar yang berprosesor kuat, kalau tidak, bisa jadi permainan tidak semulus yang diinginkan.

Free-to-Play yang Wajib Grinding

Warner Bros memang menghadirkan Mortal Kombat X ini secara gratisan, namun apabila pemain ingin langsung menggunakan karakter favoritnya, sepertinya hal tersebut tidak mungkin terjadi. Pemain harus membeli karakter-karakter favoritnya baik dengan menggunakan Koin, yang berarti harus rajin-rajin melakukan gridning, atau menggunakan mata uang premium Souls, atau malah membelinya langsung menggunakan uang asli. Dan tentu saja, Mortal Kombat X wajib dimainkan menggunakan Internet, karena memang game-nya online. Tersedia mikrotransaksi untuk pembelian Souls juga.

Bagi penggemar Mortal Kombat sejati, mungkin sistem permainannya kurang memuaskan hati, karena selain karakter-nya tidak bisa digerakkan, cara bertarungnya pun sangat terbatas. Namun bagi mereka yang suka dengan karakter-karakter Mortal Kombat dan merasa sistem pertarungan Mortal Kombat di konsol atau PC itu sangatlah kaku dan sulit untuk dikuasai, versi mobile ini mungkin cocok untuk dimainkan. Akhir kata, hey, ini adalah Mortal Kombat, dan ada di ponsel pintar kalian, bergrafis cantik, sadis tetap sama, dan gratisan pula! Mengapa tidak dicoba?

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top