LOADING
REVIEW

Monument Valley 2, Sekuel Puzzle Terindah di Gawai Pintar

Anduril   13 Feb 2018
Monument Valley 2, Sekuel Puzzle Terindah di Gawai Pintar

Monument Valley adalah game yang sangat sukses dan booming bahkan telah diunduh lebih dari 30 juta kali hingga Juni 2017. Hal itu dikarenakan game ini muncul di salah satu episode serial Netflix 'House of Cards'. Kini sekuelnya yang bertajuk Monument Valley 2 telah hadir di iOS dan Android.

Monument Valley 2 adalah game puzzle indie yang dikembangkan dan dirilis oleh Ustwo Games. Game ini merupakan sekuel dari Monument Valley pertama yang dirilis 2014 lalu di mana game tersebut memang sangat populer, seru dan indah.

Sekuelnya kali ini lebih mengedepankan jalan cerita ketimbang game yang pertama, di mana menampilkan kisah seorang ibu dan putrinya. Sebagian perubahan ini merupakan hasil dari pembelajaran atas tanggapan dan feedback pemain pada game pertama mereka.

Selain itu, Monument Valley 2 juga terinspirasi oleh banyaknya pengembang di game pertama yang telah menjadi orangtua. Karakter 'orangtua' tersebut menjadi inspirasi tersendiri karena merupakan babak baru dari kehidupan. Selanjutnya, tim pengembang menyadari bahwa karakter ibu dan anak dalam suatu game akan menjadi video game yang tidak biasa.

Kebanyakan game mengenalkan karakter ibu hanya untuk memberi pengetahuan, sedangkan Ustwo Games menginginkan sosok ibu sangat berpengaruh dan kuat dalam sekuelnya kali ini. Hal tersebut kemudian mengilhami beberapa pergeseran dalam permainan sehingga lebih mencerminkan suasana hati melalui teka-teki yang ada, misalnya momen saat sang ibu dan anak dipisahkan, ditampilkan dalam warna abu-abu dan struktur yang berantakan agar mencerminkan tentang betapa pedihnya pemisahan.

Monument Valley 2 disajikan dalam tampilan isometrik. Tujuannya agar Ro dan anaknya dapat melalui labirin yang mencakup ilusi optik. Seperti biasa Monument Valley 2 mengedepankan kontrol yang sederhana, kamu hanya membutuhkan sentuhan ke layar untuk memindahkan Ro dan anaknya, atau mengubah arsitektur untuk menyelesaikan teka-teki.

Ada beberapa teka-teki baru yang hadir di Monument Valley 2. Teka-teki tersebut kini melibatkan kehadiran Ro dan anaknya. Jadi kamu akan berhadapan dengan beberapa teka-teki lawas dengan cara pemecahan yang lawas, kemudian beberapa teka-teki baru dengan cara pemecahan yang baru.

Musik dalam game ini mengedepankan nada-nada halus yang mengantarkan kita pada dunia atmospheric Monument Valley 2. Kombinasi warna-warna yang digunakan di Monument Valley pertama juga kembali di sini. Bisa dibilang ini adalah master piece kedua dari Ustwo.

Sayang walaupun memiliki semua kelebihan di atas, Monument Valley 2 memiliki satu kelemahan kecil. Kelemahan yang paling kentara adalah durasinya yang menjadi sangat pendek. Sedangkan kelemahan lainnya adalah, Ustwo seperti agak malas mengembangkan puzzle yang ada di dalam game ini. Sehingga rasanya beberapa pola puzzle seperti tampil berulang-ulang.

Sejak diluncurkan, Monument Valley 2 memang banyak mendapatkan ulasan positif. Metacritic memberi skor 85 dari 100, Polygon memberi skor 8 dari 10, Destructoid memberi skor 8 dari 10 dan Gamezebo memberi skor skor 4,5 dari 5 bintang. Jadi, rasanya tidak perlu alasan lain mengapa game ini layak menjadi game yang harus kamu beli.

 

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top