REVIEW

Star Jumper, Jelajahi Antariksa & Capailah Inti Galaksi

Andy Chan   30 Jun 2020
Star Jumper, Jelajahi Antariksa & Capailah Inti Galaksi

Selamat datang di Star Jumper, kapten! Misimu sederhana, mencapai inti galaksi dan menemukan ada apa di sana. Tentu saja, "mencapai inti galaksi" itu lebih mudah disebutkan daripada dilaksanakan. Itulah tugas beratmu sebagai kapten dari salah satu kapal luar angkasa keren dalam game buatan DMD Software, Star Jumper.

Misi yang Sangat Menantang

Dalam Star Jumper, pemain akan mengemudikan sebuah pesawat luar angkasa untuk menjelajah galaksi, sambil mencari cara untuk bisa mencapai tengah-tengah galaksi yang disebut sebagai inti galaksi tersebut. Di sepanjang perjalanan, bersiaplah untuk bertemu dengan kejadian-kejadian unik secara acak, berdagang dengan berbagai pedagang, upgrade pesawat, dan berusahalah untuk tidak menjadikan galaksi sebagai kuburanmu.

Berkeliling Galaksi dalam Pesawat

Pemain mengendalikan pesawat luar angkasanya dengan antarmuka layar sentuh yang intuitif. Sentuh planet atau sistem bintang yang diinginkan, lalu sentuh tombol panah untuk melaju ke sana. Di setiap planet, pemain bisa menemukan berbagai kejadian unik, yang akan berbeda-beda setiap kali main.

Perhatikan Bahan Bakar

Untuk bisa menjelajah antar planet ataupun sistem bintang, pesawat luar angkasa tentunya membutuhkan bahan bakar. Ada banyak cara untuk mendapatkan bahan bakar ini, mulai dari membelinya dari para pedagang, hingga menghancurkan pesawat musuh. Kalau sampai bahan bakar ini habis, maka pesawat luar angkasa milik pemain akan melayang selamanya di galaksi yang luas.

Pengaturan Kru

Di setiap pesawat luar angkasa, pemain akan diberikan sejumlah kru, mulai dari sekuriti, ilmuwan, teknisi, hingga tenaga medis. Meskipun masing-masing memiliki tugas tersendiri, namun mereka akan bertempur melawan musuh apabila diperlukan. Kru ini bisa dinaikkan level-nya dengan menggunakan UPG points.

Upgrade Pesawat Luar Angkasa

Apabila pemain memiliki material yang cukup, mereka akan bisa melakukan upgrade pada pesawat luar angkasanya, seperti pada shield, engine, senjata, atau hull. Selain itu, pemain juga mengkustomisasi sistem dari pesawatnya apabila sudah mendapatkan sistem yang baru.

Perang melawan Pesawat Lain

Salah satu faktor permainan yang seru dari Star Jumper adalah perang melawan pesawat musuh. Di sini pemain layarnya akan berubah dan melihat pesawatnya berhadapan dengan pesawat musuh. Pemain bisa merubah distribusi tenaga pada pesawat, apakah ingin memfokuskna di senjata, shield, atau mesin. Ingat bahwa menambah tenaga di satu elemen, akan mengurangi kekuatan di elemen lainnya, jadi pikirkan secara masak bagaimana pengaturan tenaga yang optimal pada situasi yang dihadapi. Tentu saja, tidak ada yang menghalangimu untuk teleport ke pesawat musuh dan menangkapnya menggunakan kru terlatih.

Artwork 2D yang Menawan

Star Jumper hadir dengan menggunakan artwork 2D yang tampil seperti kartun. Ada total enam buah pesawat luar angkasa untuk dibawa bertualang, serta puluhan lokasi yang bisa dikunjungi, masing-masing dengan kejadian yang berbeda-beda setiap kali dimainkan. Pemain juga bisa mengkustomisasi pesawatnya dengan berbagai macam persenjataan yang unik. Tapi akibat grafisnya yang seperti inilah, perbandingan dengan game PC yang berjudul FTL: Faster Than Light pun tidak bisa dihindari. Tentu saja, Star Jumper jauh lebih sederhana dibandingkan dengan FTL yang butuh mikromanajemen berlebihan.

Tidak Perlu Online

Free-to-play dan tidak perlu online, itulah idealnya memainkan Star Jumper di ponsel pintar kalian. Game-nya juga sama sekali tidak memiliki mikrotransaksi sama sekali lho! Mungkin permainan kalian akan diganggu oleh iklan, tapi kalau main secara offline, kalian bisa mengucapkan selamat tinggal kepada iklan-iklan yang mengganggu.

Ingin game petualangan luar angkasa yang sederhana dan menantang? Ingin game mirip FTL tapi bisa dimainkan di mobile? Cobalah Star Jumper!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top