REVIEW

Mini World: Block Art, Sandbox yang Sangat Imut di Ponsel Pintarmu

Andy Chan   09 Feb 2020
Mini World: Block Art, Sandbox yang Sangat Imut di Ponsel Pintarmu

Salah satu game sandbox paling terkenal saat ini adalah Minecraft, sebuah game buatan Mojang yang memberikan pemain kebebasan untuk melakukan dan membuat apa saja di dalam sebuah dunia yang luas. Sayangnya, Mojang tidak menggunakan model free-to-play ketika membawa Minecraft ke ranah mobile. Sementara itu, di ranah mobile ini ada banyak sekali game yang meniru Minecraft dan disajikan secara gratis, sehingga mungkin menentukan pilihan game Minecraft tiruan mana yang patut dimainkan menjadi sebuah keputusan yang sulit. Tapi mungkin ada satu game mirip Minecraft yang perlu kalian coba, judulnya adalah Mini World: Block Art.

Sandbox MMO Mini World

Dipersembahkan oleh MiniPlay, Mini World: Block Art adalah sebuah game yang sangat mirip dengan Minecraft, di mana pemain diberikan sebuah dunia 3D yang luas. Pemain bebas untuk menjelajahi dunia tersebut, melakukan bongkar pasang sesuka hati, serta membuat apa saja, mulai dari bangunan mewah, kastil megah, hingga pertambangan bawah tanah sesuai dengan impian. Semua itu dilakukan secara online, sehingga pemain-pemain lain bisa mengunjungi dunia buatanmu, dan sebaliknya, bisa juga mengunjungi dunia buatan pemain lain.

Pengendalian ala Virtual Analog

Pemain mengendalikan karakternya dengan menggunakan sebuah virtual analog yang berada di sebelah kiri, dan sentuhan jari di sebelah kanan untuk mengatur pandangan. Di sebelah kanan layar terdapat tombol untuk melompat, dan sederetan tombol shortcut inventory di bagian bawah layar. Ketuk layar untuk menyerang atau berinteraksi dengan benda-benda di medan permainan. Namun bagi yang tidak biasa mengendalikan first-person view di layar sentuh, akan menemui kesulitan ketika harus bertarung melawan monster.

2 Mode Permainan

Mini World: Block Art memiliki dua buah mode permainan yang unik untuk dimainkan, serta sebuah mode untuk bermain secara multiplayer.

Survival Mode

Dalam Survival Mode, pemain diberikan sebuah dunia yang penuh dengan berbagai macam bahan untuk dikumpulkan. Pemain harus membangun tempat untuk berlindung dari serangan para monster, dan akan bisa menggali tanah ke bawah untuk menemukan material langka dan mencipakan tools serta persenjatan yang keren. Di dalam dungeon pun pemain akan bisa menemukan monster-monster epik untuk dikalahkan, dan serunya, bisa dimainkan secara co-op bersama pemain-pemain lain.

Creation Mode

Jika dalam Survival Mode pemain harus bertahan hidup, dalam Creation Mode justru pemain benar-benar bebas dari ancaman. Mode ini menyediakan segala macam bahan untuk membangun apapun dari awal, sehingga pemain tidak perlu repot-repot mencarinya ke bawah tanah. Inilah mode paling cocok bagi kalian yang hanya ingin berkreasi dan tidak ingin diganggu oleh monster.

Multiplayer

Apabila pemain tidak ingin berkreasi sendiri, mereka akan bisa mengunjungi dunia buatan pemain lain dengan menggunakan fitur Multiplayer. Ada banyak sekali dunia yang diciptakan oleh pemain lain, semuanya sangat kreatif dan menakjubkan, sampai-sampai ada yang bisa membuat sebuah game Tetris yang fungsional. Selain itu, banyak mini-games juga yang diciptakan oleh para fans seperti parkour, puzzle, FPS, strategi dan lainnya, semuanya seru-seru.

Grafis Retro Blocky yang Imut

Sama seperti Minecraft, Mini World: Block Art tampil dengan grafis bergaya retro yang blocky. Visual seperti ini memang terasa retro, namun di situlah menawannya permainan ini karena selain makhluk-makhluk yang ada di dalamnya sangat imut, pemain juga bisa menciptakan hal-hal yang megah dari block-block yang disediakan. Kerennya, pemain bisa menciptakan sendiri karakter imut sebagai avatar dirinya dengan menggunakan fitur kustomisasi.

Bertualang secara Offline

Salah satu kelebihan dari Mini World: Block Art adalah kemampuannya untuk bisa dimainkan secara offline single player. Namun ingat, game ini lebih seru dimainkan secara online agar bisa bertemu dengan pemain lain. Uniknya, meskipun game-nya menggunakan model bisnis free-to-play, namun tidak ada sesuatu yang membedakan antara pemain yang berbayar serta para pemain gratisan. Yang dijual oleh MiniPlay adalah mata uang premium Mini Coins yang bisa digunakan untuk membeli item-item spesial seperti skin, kustomisasi karakter, dan lain sebagainya.

Mini World: Block Art memiliki sesuatu untuk semua orang, apakah itu mereka yang ingin memainkan game survival, mereka yang ingin berkreasi secara bebas, atau mereka yang hanya ingin melihat-lihat apa saja hal-hal menakjubkan yang sudah dibuat oleh komunitas Mini World. Inilah dia game sandbox bergaya blocky yang pantas kalian coba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top