REVIEW

Mindsweeper: Puzzle Adventure, Uniknya Sebuah Game Adventure ala Escape Room

Andy Chan   05 Sep 2019
Mindsweeper: Puzzle Adventure, Uniknya Sebuah Game Adventure ala Escape Room

Dunia diterpa oleh sebuah wabah mengerikan yang bernama Wabah Genetik. Untungnya, tidak lama setelah Wabah Genetik ini menyebar, Dr. Amy Harris telah berhasil menemukan obatnya. Tapi celakanya, ada penjahat yang berhasil menjebol laboratorium pemerintah, mencuri formula tersebut dan menyebabkan Dr. Harris terinfeksi, sehingga dirinya tidak bisa mengingat mengenai formula obat yang ditemukannya. Apakah ini akhir dari umat manusia?

Misi Menemukan Ingatan Dr. Harris

Dalam game buatan Snapbreak yang berjudul Mindsweeper: Puzzle Adventure, pemain berperan sebagai seorang Mindsweeper. Tugas seorang Mindsweeper adalah untuk menyelam ke dalam ingatan seseorang dan menemukan kembali ingatan yang hilang. Nah, tugasmu adalah untuk menyealm ke dalam ingatan Amy yang semakin menghilang dengan harapan bisa menemukan formula obat Wabah Genetik ini sebelum terlambat. Tapi ketika kamu menjelajah dalam pikiran seseorang, ingat bahwa sangat sulit untuk membedakan mana yang ingatan asli, mana yang hanyalah imajinasi belaka...

Game Adventure Puzzle yang Menantang

Dalam Mindsweeper: Puzzle Adventure, pemain mengendalikan Amy di dalam berbagai macam ingatannya untuk menemukan jalan ke ingatan berikutnya sampai akhirnya menemukan formula obat Wabah Genetik. Pemain akan menjelajahi berbagai macam ingatan Amy, seperti ketika dia terdampar di sebuah pulau akibat kapal karam, ingatan masa lalunya ketika masih sekolah, dan lain sebagainya.

Interaksi dalam Game

Untuk menggerakkan Amy, pemain cukup menyentuh layar di posisi yang diinginkan, maka dia pun akan berjalan ke situ. Untuk berinteraksi dengan berbagai macam obyek, termasuk karakter lain, cukup dengan menyentuhnya di layar saja. Apabila menyentuh karakter, Amy akan berbicara kepada mereka, sementara menyentuh benda akan membuat Amy berinteraksi sesuai kondisi, seperti memungut benda atau melihat puzzle.

Penyelesaian Puzzle

Ada banyak puzzle yang harus diselesaikan di setiap levelnya, di mana puzzle-puzzle tersebut cukup variatif dan menarik. Gabungkan berbagai macam obyek, interaksi dengan karakter-karakter, dan tersedia juga puzzle-puzzle menantang untuk dipecahkan. Pecahkan puzzle di memori blok tersebut, maka pemain akan bisa melanjutkan ke memori blok berikutnya.

Collectible di Setiap Level

Selain menyelesaikan puzzle untuk bisa melanjutkan ke level berikutnya, pemain juga bisa mengumpulkan perangko yang tersebar di sebuah level. Meskipun perangko ini tidak dibutuhkan untuk melewati sebuah level, namun bagi mereka penggemar 100%, perangko ini wajib dicari. Total ada tiga buah perangko yang tersembunyi di setiap levelnya.

Grafis 3D yang Menawan

Kisah hidup Amy Harris direpresentasikan oleh game ini dalam bentuk 3D. Setiap level memiliki visual yang cantik, lengkap dengan atmosfir yang menyegarkan serta kamera yang otomatis akan melakukan zoom apabila menemukan lokasi yang menarik. Game ini juga wajib dimainkan menggunakan headset karena setiap chapter-nya, pemain akan bisa menikmati lagu beserta suara-suara ambien yang imersif.

Gratis di Awal, Berbayar di Akhir

Meskipun Mindsweeper: Puzzle Adventure ini disajikan secara free-to-play, namun ternyata tidak semua chapter bisa dimainkan. Pemain akan mentok di chapter 3 karena memang yang gratis hanya sampai chapter 2 saja. Untuk bisa memainkan chapter 3 ke atas sampai tamat, pemain harus membelinya via mikrotransaksi. Ada pembelian per chapter, ada juga pembelian VIP Pack yang langsung meng-unlock semua chapter.

Mindsweeper: Puzzle Adventure memang pada dasarnya merupakan sebuah game escape room, namun uniknya kisah seorang Mindsweeper dan tampilan permainannya yang mirip game adventure ini membuat game ini jauh lebih menarik dibandingkan dengan game escape room biasa. Bisakah kalian menemukan kembali ingatan Dr. Amy Harris yang telah hilang? Ayo menyelam ke dalam ingatannya dalam Mindsweeper: Puzzle Adventure!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top