REVIEW

Mimpi atau Kenyataan? Ikuti Petualangan Lucy di Dunia Mimpi Lucid Dream Adventure

Andy Chan   04 Oct 2019
Mimpi atau Kenyataan? Ikuti Petualangan Lucy di Dunia Mimpi Lucid Dream Adventure

Pernah mendengar istilah lucid dream? Lucid dream adalah sebuah mimpi yang terasa benar-benar nyata, sampai-sampai orang yang mimpi tersebut tidak bisa membedakan apakah dia sedang bermimpi atau sedang terbangun. Nah, fenomena inilah yang diangkat oleh Dali Games menjadi sebuah permainan adventure point & click yang mereka beri judul Lucid Dream Adventure.

Mimpi atau Kenyataan?

Dikisahkan seorang anak perempuan yang kakinya lumpuh bernama Lucy. Dia berusaha untuk menarik perhatian ibunya, namun berhubung sang ibu tidak mengindahkan dirinya, Lucy pun beranjak pergi dari kursi rodanya dan terbang ke sebuah dunia mimpi yang misterius. Inilah kisah dongeng yang membawa Lucy bertemu dengan berbagai karakter menarik dan menyelesaikan puzzle di setiap lokasinya. Namun pada suatu titik, kalian akan mempertanyakan apakah petualangan Lucy ini benar-benar hanya mimpi, ataukah kenyataan?

Pengendalian ala Point & Click Adventure

Untuk mengendalikan Lucy, pemain cukup menyentuh layar saja di posisi yang diinginkan, dan Lucy pun akan bergerak ke sana. Di dalam medan permainan, pemain akan melihat beberapa icon berbentuk mata dan tangan. Icon tersebut adalah benda yang bisa diinteraksikan oleh Lucy, dengan cara menyentuh icon tersebut. Icon mata biasanya akan memberikan informasi mengenai benda tersebut, sementara icon tangan bisa berfungsi sebagai cara manipulasi atau mengambil bendanya.

Sistem Inventory

Seperti game Point & Click Adventure pada umumnya, Lucid Dream Adventure juga memiliki sebuah sistem inventory. Pemain bisa mengambil semua barang yang bisa diambil dari medan permainan dan menyimpannya di dalam inventory. Benda-benda ini bisa digunakan untuk berinteraksi dengan benda yang ada di layar, seperti kunci untuk membuka pintu, atau kayu untuk membuat jembatan. Pemain juga bisa menggabungkan dua buah benda di inventory apabila diperlukan. Semua itu cukup dilakukan dengan cara menyentuh benda yang ada di inventory bagian atas layar, lalu menyentuh benda yang diinginkan di medan permainan.

Hints Berbayar Iklan

Mentok dalam suatu lokasi tidak tahu mau melakukan apa? Lucid Dream Adventure menyediakan sebuah sistem hints yang unik, pemain cukup menyentuh buku yang berada di inventory, dan kemudian menonton video iklan untuk mendapatkan sedikit hints.

Creepy tapi Cantik

Harus diakui, baik di dunia nyata maupun di dunia mimpi Lucy, Lucid Dream Adventure ini tampil dengan nuansa yang cukup menyeramkan. Meskipun game ini terlihat kelam, namun campuran dengan dunia mimpi yang terlihat absurd, justru membuatnya tampak sangat cantik.

Hanya Gratis di Chapter Pertama saja

Meskipun game free-to-play Lucid Dream Adventure ini bisa dibilang ada tamatnya, namun sebenarnya kisah petualangan Lucy tersebut belumlah selesai. Masih akan ada lanjutan dari kisahnya tersebut dalam chapter berikutnya, yaitu Lucid Dream Adventure 2 dan Lucid Dream Adventure 3. Bagi yang berharap bagian kedua dan ketiganya gratis juga, tampaknya harus kecewa. Kedua judul tersebut dijual oleh Dali Games seharga Rp. 40.000,-, alias tidak gratis.

Cantik dan agak menyeramkan, itulah Lucid Dream Adventure yang chapter pertamanya ditawarkan secara cuma-cuma oleh Dali Games. Chapter pertama ini bisa dianggap sebagai demo untuk memancing kalian membeli chapter-chapter selanjutnya, jadi apabila kalian ingin tahu apakah Rp. 40.000,- per chapter adalah harga yang pantas untuk Lucid Dream Adventure, cobalah chapter pertamanya yang cukup pendek ini dulu.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top