NEWS

Baru & Gratis, Microsoft Office untuk Android

Dwi K   21 Feb 2020
Baru & Gratis, Microsoft Office untuk Android

Mulai minggu ini, semua pengguna Android sudah bisa mengunduh aplikasi terbaru dari Microsoft, yaitu Microsoft Office dalam versi ringan dan gratis, dari Play Store. Melalui Microsoft Office ini, para pengguna Android akan mendapatkan versi dasar dari Word, PowerPoint, dan Excel dalam satu aplikasi.

Perlu diingat, meski masih tetap setia untuk menggunakan nama Microsoft Office, aplikasi ini bukanlah seperti Microsoft Office sebelumnya, dimana setiap aplikasi Office, seperti Word, haruslah di-download secara terpisah dan satu per satu.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, paketan aplikasi ini berisikan versi ringan dari aplikasi Office yang akan membuat pengguna bisa melihat dan mengedit dokumen Word, Excel, dan Powerpoint. Aplikasi ini juga memungkinkan beberapa pengguna untuk berkolaborasi dalam satu dokumen secara bersamaan, memakai template dan juga mengakses serta mencari file Word, Excel, dan PowerPoint yang tersimpan di akun cloud milik personal, di dalam perangkat, atau dalam satu organisasi dengan akun yang khusus.

Selain itu, Aplikasi ini juga dapat membantu kita untuk membuat versi file PDF dari foto, file Word, Excel, dan PowerPoint, transfer file dari handphone ke komputer, menandatangani PDF dengan menggunakan jari, hingga menggunakan Sticky Notes.

Aplikasi Microsoft Office terbaru ini juga memudahkan kita untuk mengakses file pada OneDrive dan mengedit file dokumen Word, PowerPoint, atau Excel tanpa perlu membuka tool atau pun aplikasi lain. Aplikasi ini juga dapat bersinkronisasi dengan Windows 10 Notes dan temasuk berbagai variasi Microsoft Office Lens dan PDF Scanner. Dan, yang terakhir, kita bisa melakukan scan QR code dengan aplikasi jika kita memang membutuhkannya.

Perlu diketahui, Microsoft sudah mengembangkan aplikasi ini semenjak awal tahun 2019. Dan, setelah beberapa percobaan serta tes publik, Microsoft meluncurkan versi preview untuk publik pada November 2019. Namun, setelah itu, mereka kembali melakukan tes versi Beta secara tertutup, dan pada saat ini, akhirnya sudah meninggalkan versi testing. Aplikasi ini kemungkinan akan masuk sebagai aplikasi bawaan dalam perangkat Microsoft Surface Duo dengan dual screen sebagai fitur utamanya, yang akan segera diluncurkan.

Jika kita ingin menggunakan aplikasi tersebut secara keseluruhan, maka kita bisa membeli secara in-app purchase untuk itu.

Hingga saat ini, belum ada konfirmasi menyoal apakah Microsoft Office ini sudah mendukung Tablet atau Chromebooks yang kompatibel dengan platform Android. Sebelumnya, aplikasi Microsoft Office versi lama yang telah memiliki hal ini.

Konfirmasi pun belum diberikan untuk aplikasi Microsoft Office versi lama akankah layanannya diberhentikan atau dilanjutkan secara terpisah.

Sampai kini, aplikasi Microsoft Office versi terbaru ini sudah di-download hingga 50.000 kali dari Google Play Store, masih belum sebanding dengan 1 miliar download yang dikumpulkan dari aplikasi Microsoft Word yang berdiri sendiri.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top