Meski Pandemi, Brand Lokal Didorong untuk Mendunia lewat Katapel Maya

Published: 15 Aug 2021, oleh en19ma

Perekonomian dunia yang tengah menghadapi tantangan perlu untuk mendapatkan respons yang aktif dari segenap pelaku. Tidak terkecuali bagi pelaku ekonomi kreatif yang harus tetap memacu diri agar industri ini bisa menjadi alternatif dalam hal upaya rebound ekonomi pasca pandemi Covid-19.

Untuk mendorong akselerasi ekonomi kreatif, khususnya di bidang kekayaan intelektual, Katapel.id bersiap untuk menggelar Katapel Maya. Sebuah program yang digelar dengan menggabungkan Workshop, Mentoring, Fasilitasi pemasaran digital, dan online business matching.

Robby Wahyudi, Program Director Katapel.id, menuturkan harapannya agar para pelaku pengembangan HKI bisa kian berkembang melalui Katapel Maya. “Dalam Katapel Maya 2021 ini, kita mendapatkan pembelajaran dari para praktisi tentang strategi pengembangan serta komersialisasi HKI Materi. Ini akan sangat berguna agar HKI di Indonesia [jadi] semakin berkembang, dan tentu saja, bisa menghasilkan. Makanya, yuk daftar sekarang juga. Caranya cukup gampang, teman-teman tinggal masuk saja ke website kami, https://www.katapel.id. Semua informasi tentang program ini sudah tersedia di sana. Program ini gratis, lho. Saatnya IP Indonesia Mendunia!”

Katapel Maya digelar dengan spirit promote, connect, dan reinforce. Promote berarti memberikan pembelajaran mengenai bentuk promosi dan pemasaran dari karya intelektual dan berbagai macam potensi untuk komersialisasi sebuah karya intelektual. Sementara connect bermakna jadi jembatan penghubung antara profesional di industri kreatif, yang telah berhasil memasarkan produk kreatif berbasis kekayaan intelektual, dengan para pelaku pemula yang siap masuk pasar. Sementara reinforce bertujuan untuk memperkuat fasilitasi dari pelaku, yang sudah lebih maju dalam industri kekayaan intelektual, agar bisa memperbesar daya saing, baik di dalam mau pun di luar negeri.


Ada pun top 20 IP yang dikurasi akan mendapatkan program mentoring secara face to face selama 1 bulan. Serta, kesempatan untuk dipertemukan dengan brand lokal yang memungkinkan terjadinya kolaborasi.

Sederet pelaku kreatif IP yang hadir sebagai narasumber pada sesi workshop di antaranya adalah Mochtar Sarman (MSI), Helena Irma (Animation International), Bambang Sutedja (Trinity Optima), Trisnia Anchali Kardia (LINE Indonesia), Diaz Hensuk (SWG Design), Gina S Noer (Wahana Kreator), dan Ivan Chen (Anantarupa Studios).

Sementara Mentor yang terlibat meliputi Robby Wahyudi (Program Director Katapel.id), Novrizal Pratama (Managing Director Akaraya Digital), Rahadian Agung (Kathanika Entertainment), Raden Gatot Prabowo (Infia), Maria Leonitha (Brand Assurance Expert), Diaz Hensuk (SWG Design), dan Bambang Sutedja (Trinity Optima).


Tags

news brand brand lokal indonesia internasional global katapel katapel.id katapel maya ekonomi kreativitas ekonomi kreatif industri alternatif pandemik COVID-19 coronavirus virus intellectual property workshop pelatihan fasilitas pemasaran marketing digital online bisnis belajar strategi development gratis koneksi profesional kolaborasi

Share Artikel