REVIEW

Dirikan Kerajaan di Merge Tactics: Kingdom Defense ternyata Menyenangkan

Andy Chan   23 Dec 2020
Dirikan Kerajaan di Merge Tactics: Kingdom Defense ternyata Menyenangkan

Game bergenre merge biasanya cukup sederhana, di mana pemain menggabung-gabungkan dua buah benda berlevel sama untuk mendapatkan benda berlevel lebih tinggi. Penggunaan benda ini pun bervariatif, ada yang digunakan untuk balap mobil, menerbangkan pesawat, hingga menjadi sebuah menara untuk tower defense. Tapi LoadComplete memiliki ide lain, yaitu menggabungkan genre merge ini dengan game membangun kerajaan dan sebuah game taktik. Nah, itulah yang mereka hadirkan dalam game berjudul Merge Tactics: Kingdom Defense ini.

Menjadi seorang Pemimpin Kerajaan

Dalam Merge Tactics: Kingdom Defense, pemain diberikan sebuah kerajaan untuk dibangun dan dibela dari serangan musuh. Game ini merupakan gabungan dari game pengembangan kerajaan, strategi, serta merge dalam sebuah taktik perang yang sesuai dengan selera pemainnya.

Membela Kerajaan dari Serangan

Inti utama game ini adalah game real-time strategi, di mana pemain harus menaruh tentara miliknya untuk membendung serangan dari pihak musuh. Pemain membeli pasukan dengan silver yang dimilikinya, lalu menaruh pasukan tersebut ke medan perang. Dari arah atas, akan datang pasukan musuh yang siap menyerbu, sehingga pemain harus menggunakan pasukan miliknya untuk mengalahkan mereka sebelum mereka menembus pertahanannya.

Pergerakan Pasukan

Pemain bisa menggeser-geser posisi pasukannya dalam bidang berbentuk kotak-kotak seperti sedang bermain catur. Namun tidak seperti catur, pemain bebas menggerakkan pasukannya kapan pun dia mau, sesuai dengan situasi yang sedang terjadi saat itu. Pasukan akan secara otomatis menyerang musuh apabila mereka berada di posisi yang tepat, seperti knight akan menyerang musuh yang berada di atas, kiri, atau kanan mereka, sementara pasukan panah bisa memanah musuh dari jarak dua kotak, termasuk secara diagonal.

Merge Pasukan

Untuk memperkuat pasukan perangnya, pemain harus melakukan merge pada mereka. Prosesnya seperti biasa, gabungkan knight level 1 dengan knight level 1 untuk mendapatkan knight level 2, lalu gabungkan knight level 2 dengan level 2 untuk mendapatkan level 3, dan seterusnya. Semakin tinggi level-nya, semakin kuat juga kekuatan mereka untuk mengalahkan musuh.

Susun Pasukan sendiri

Pemain bisa menggunakan empat buah tipe pasukan di timnya, di mana mereka bisa melakukan mix'n'match sesuka hati. Ada beberapa tipe pasukan yang tersedia dalam Merge Tactics: Kingdom Defense, seperti melee macam Knight, ranged macam archer, atau support seperti Shaman. Mereka semua bisa bergabung untuk menciptakan strategi unik bagi masing-masing pemain.

Komandan dan Skill-nya

Para pasukan tempur pemain akan dipimpin oleh seorang komandan. Nah, komandan ini memiliki skill tersendiri yang bisa diaktifkan ketika cooldown timer-nya sudah habis. Komandan pertama yang didapatkan oleh pemain adalah Henry, yang memiliki skill untuk menghasilkan silver.

Mengatur Kerajaan

Di luar mengurus peperangan melawan musuh, pemain juga bertanggungjawab untuk mengembangkan kerajaan miliknya. Ada lumayan banyak aspek menarik yang bisa dikembangkan, dan semuanya berguna untuk keperluan permainan, tidak hanya hiasan saja. Seperti tambang gems untuk menghasilkan mata uang premium gems, kantor pajak untuk menghasilkan gold, markas suplai untuk menghasilkan silver ketika peperangan berlangsung, dan lain sebagainya. Dan yang paling keren, pemain bisa meng-upgrade kastil milknya dan membuatnya menjadi lebih megah, sekaligus juga memperbanyak gudang penyimpanan silver.

Artwork gaya Kartun Unik

Merge Tactics: Kingdom Defense disajikan dengan gaya gambar kartun yang unik dan imut. tampilan kerajaan pun meskipun sederhana, namun tampak cukup hidup. Ditambah dengan animasi peperangan yang keren, serta lagu yang santai dan epik, game yang satu ini memang menjadi terasa menyenangkan untuk dimainkan.

Perlu Online

Sedikit kekurangan dari Merge Tactics: Kingdom Defense ini adalah kewajibannya untuk online, serta keberadaan sistem tunggu pada peti hartanya. Meskipun tidak ada sistem stamina, tapi tentunya pemain akan merasa rugi kalau mereka memainkan sebuah level ketika peti hartanya penuh dan masih dalam proses buka. Di luar itu, seperti biasanya game free-to-play, Merge Tactics: Kingdom Defense juga memiliki mikrotransaksi di mana pemain bisa membeli mata uang premium Gems, yang di mana kita ketahui, bisa di-farming dengan sabar.

Secara keseluruhan, Merge Tactics: Kingdom Defense adalah paket permainan merge dan taktik yang sangat menyenangkan. Jika kalian game bertipe santai yang sesekali perlu beraksi untuk perang, Merge Tactics: Kingdom Defense ini wajib dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top