REVIEW

Merge Ninja Star 2: Kombinasi Idle & Merge dalam Satu Paket Unik

Andy Chan   08 Jan 2021
Merge Ninja Star 2: Kombinasi Idle & Merge dalam Satu Paket Unik

Apa senjata paling khas dari seorang ninja? Selain pedangnya, ninja juga biasa dikenal dengan senjata rahasianya, yaitu shuriken. Shuriken adalah sebuah senjata tajam berbentuk bintang yang dilemparkan oleh ninja ke sebuah target untuk melukainya atau bisa juga fatal kalau sampai tertancap di kepala. Mouse_Duck punya ide untuk mendedikasikan sebuah game kepada senjata rahasia ninja tersebut, yang mereka beri judul Merge Ninja Star 2. Seperti apa game-nya?

Campuran Merge dan Idle

Merge Ninja Star 2 adalah sebuah game sederhana yang menggabungkan antara genre merge dan genre idle. Pemain bertugas untuk menghasilkan shuriken alias ninja star ke medan permainan, lalu menggabung-gabungkan ninja star tersebut agar level-nya naik dan menjadi lebih kuat. Ninja star ini lalu akan digunakan oleh sang ninja untuk mengalahkan lawan-lawannya secara otomatis, persis seperti game idle. Sebuah permainan yang sangat kasual.

Cara Bermain

Di layar ponsel pintar, pemain akan melihat sang ninja yang sibuk melemparkan shuriken alias ninja star-nya ke arah lawan, sementara di bagian bawah layar, ada sebuah medan besar yang bisa diisi dengan ninja star. Pemain bisa memproduksi ninja star dengan cara menyentuh tombol "Craft" yang berada di bagian bawah layar, lalu akan muncullah satu buah ninja star level 1 di layar. Semua ninja star yang berada di medan ini akan ditimpuk oleh sang ninja di atas ke arah lawan, sesuai dengan level dan damage-nya masing-masing.

Melakukan Merge

Untuk memperkuat ninja star, pemain tinggal melakukan drag & drop pada ninja star modelnya (alias level-nya) sama di layar, dan ninja star tersebut akan berevolusi menjadi ninja star yang lebih bagus (alias naik level satu tingkat). Semakin tinggi level ninja star-nya, semakin tinggi juga damage yang bisa dilakukan oleh sang ninja kepada lawannya yang menyerbu tersebut.

Penggunaan Skill

Setelah pemain membeli skill, mereka akan bisa menggunakan skill tersebut dengan cara menyentuh tombol skill yang berada di medan perang. Skill ini sangat dashyat kalau digunakan, namun tentu saja memiliki cooldown, sehingga tidak bisa dipakai terus-terusan.

Boss Battle

Dalam Merge Ninja Star 2, pemain harus mengaktivasikan sendiri boss battle, karena pemain hanya akan bertarung melawan musuh-musuh biasa saja tanpa henti. Boss Battle ini menantang dan akan membutuhkan ninja star berlevel tinggi untuk dikalahkan, namun kalau berhasil, pemain akan mendapatkan reward menarik, termasuk mata uang premium, Rubies. Asyiknya, boss battle ini bisa diulang setiap beberapa saat sekali, jadi penghasilan Rubies pemain bisa dijamin tidak akan habis.

Sistem Upgrade

Untuk sebuah game merge dan idle, ternyata Merge Ninja Star 2 memiliki sistem upgrade yang kaya dan sangat kompleks.Ada Enhance stats seperti menambahkan serangan, menambahkan HP, hingga pendapatan, ada juga upgrade Skill yang membutuhkan material khusus, ditambah lagi dengan upgrade Special Ability yang butuh mata uang premium Rubies, hingga upgrade Power Stone.

Ada empat macam material selain uang yang dikumpulkan oleh pemain untuk digunakan sebagai pembayaran upgrade, jadi proses grinding-nya boleh dibilang cukup nyata.

Ratusan Kombinasi Kostum

Apakah kalian suka mengkustomisasi karakter? Merge Ninja Star 2 adalah salah satu game yang karakternya bisa dikustomisasikan secara menyeluruh. Ada kustomisasi rambut, wajah, kostum, hingga pets, yang masing-masing jumlahnya sangat banyak, sehingga pantas kalau game ini disebut memiliki ratusan kombinasi kostum yang pasti sesuai dengan selera masing-masing pemain.

Bergaya Retro Pixel Art

Merge Ninja Star 2 tampil dengan grafis yang benar-benar retro, yaitu menggunakan gaya pixel art. Namun bukan berarti permainannya tampak sederhana, karena ternyata ada banyak animasi bombastis yang digunakan olehnya, mulai dari menimpuk ninja star, penggunaan skill, hingga boss battle yang epik. Lagu yang digunakan sebenarnya cukup oke, namun mungkin lama-lama akan terasa membosankan, sehingga mungkin lebih baik untuk dimainkan secara silent saja.

Seru, tapi Perlu Online

Disajikan menggunakan model bisnis free-to-play, Merge Ninja Star 2 ini ternyata membutuhkan koneksi Internet, jadi pemain tidak bisa memainknnya secara offline. Game-nya sendiri tidak menggunakan sistem stamina, namun ada banyak mikrotransaksi yang bisa dibeli oleh pemain, termasuk pembelian mata uang premium Rubies serta berbagai macam paket menarik untuk mempercepat permainan.

Dengan banyaknya quest untuk diselesaikan, kendali yang sederhana, banyaknya kombinasi kostum, serta sistemnya yang sederhana dan kasual, membuat Merge Ninja Star 2 sebagai salah satu game idle merge yang wajib dicoba oleh semua orang.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top