REVIEW

Merge Minicar, Game Idle & Merge Imut bertemakan Balap Mobil

Andy Chan   11 Jan 2021
Merge Minicar, Game Idle & Merge Imut bertemakan Balap Mobil

Din din! Awas mobil balap mau lewat! Apakah kalian suka balapan? Ingin sebuah game mengenai mobil balap yang sederhana namun sangat enjoyable? Mouse Duck siap memberikan solusinya, yaitu sebuah game Idle Merge bertemakan mobil super, yang mereka beri judul Merge Minicar!

Menggabungkan Merge dan Idle

Merge Minicar sebenarnya bukanlah barang baru, karena sudah ada beberapa game sejenis ini yang beredar di pasaran, misalnya Merge Plane yang temanya adalah pesawat terbang. Seperti biasa, pemain ditugaskan untuk menggabung-gabungkan kendaraan, sambil menyaksikan para mobil balap keliling lapangan untuk mendapatkan uang.

Cara Bermain yang Mudah

Pemain memproduksi sebuah kendaraan level 1 dengan cara menyentuh tombol "Produce Minicars" di bagian pojok kanan bawah layar. Ada maksimum jumlah kendaraan yang bisa berada di medan permainan, yaitu 8 buah saja. Pemain bisa menggabungkan dua buah mobil yang sama untuk menaikkan level mereka satu tingkat, jadi mobil level 1 digabungkan dengan mobil level 1, akan naik ke level 2, dan seterusnya.

Berlatih Balapan

Kalau pemain sudah memiliki kendaraan, mereka bisa ditaruh di medan balapan untuk berlatih menghadapi pertandingan. Selama mereka keliling-keliling inilah, para mobil akan menghasilkan uang yang bisa digunakan untuk membeli kendaraan baru yang level-nya lebih tinggi dibanding dengan memproduksinya seperti biasa.

Sistem Upgrade Sederhana

Merge Minicar menggunakan sistem upgrade yang cukup sederhana. Pemain bisa membeli item untuk menambahkan jumlah batasan minicar di medan permainan, menambahkan batasan para kendaraan yang sedang berlatih, produksi minicar otomatis, dan lain sebagainya. Sayangnya, upgrade item ini membutuhkan mata uang premium, yang mungkin akan membuat pemain harus melakukan grinding terlebih dahulu.

Penggunaan Skill

Selain item, pemain juga bisa menggunakan macam-macam skill, seperti Invincible Mode, Speed Up, Double Finish, Infinite Production, dan lain sebagainya. Skill ini hanya bisa dibeli dan di-upgrade menggunakan material khusus, Emerald. Jadi apa kegunaan skill-skill seperti ini? Ternyata game ini bukanlah game idle belaka.

Ikut Balapan

Ada empat buah mini-game balapan yang menarik untuk diikuti dalam Merge Minicar. Yang pertama adalah Racing, yaitu balapan untuk mengalahkan lawan di sebuah track yang menantang, karena akan ada rintangan yang menghalangi, dan pemain harus berusaha membuka rintangan tersebut dengan menggunakan sentuhan di layar. Yang kedua adalah Minicar dozer, di mana pemain harus melakukan sliding pada obyek-obyek di layar untuk mendapatkan sebuah Minicar, lalu ada juga Emerald Mine, sebuah mini-game untuk melakukan penambangan material Emerald. Dan yang terakhir adalah mini-game balapan menghindari mobil-mobil lain untuk mendapatkan Emerald.

Grafis Gaya Retro Pixel Art dengan Efek Suara Keren

Kalau kalian menggemari mobil, kalian akan puas dengan efek-efek suara yang disajikan dalam Merge Minicar ini. Ada suara mesin dinyalakan, suara klakson mobil, hingga suara lampu memulai sebuah balapan, semuanya terdengar secara realistik. Gaya grafisnya sendiri yang menggunakan pixel art, membuat tampilannya menjadi imut dan memiliki nuansa retro yang kental. Dengan dukungan lagu yang seru, tidak salah kalau game yang satu ini ternyata sangat menyenangkan untuk disimak.

Mikrotransaksi dan Iklan

Game gratisan yang satu ini memiliki sebuah mikrotransaksi untuk membeli mata uang premium, Rubies, juga bisa untuk membeli paket-paket murah, termasuk menghilangkan iklan. Iklan sendiri bisa digunakan untuk memperbanyak pendapatan dari bonus khusus. Anehnya, game ini wajib untuk online, kalau tidak, pemain sama sekali tidak diijinkan untuk masuk ke dalamnya.

Merge Minicar ini sebenarnya kurang lebih tidak jauh berbeda dengan game idle merge lainnya, hanya ada tambahan sedikit fitur saja yang membuatnya lebih menonjol dibandingkan dengan yang lain. Namun kalau pemain mengharapkan sesuatu yang lebih menantang dan kompleks, barangkali kalian lebih cocok untuk memainkan game Mouse Duck yang satu lagi, Merge Ninja Star 2 yang lebih berisi.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top