TIPS TRIK

Merekam Video di Smartphone, Simak Tipsnya

Anduril   13 Sep 2016
Merekam Video di Smartphone, Simak Tipsnya

Seperti yang kalian ketahui, sekarang banyak smartphone Android memiliki kamera yang bagus kualitasnya. Semua ini terjadi karena produksi prosesor grafis yang semakin murah, begitu pun dengan harga lensa mini milik smartphone.

Untuk itu, kami akan memberikan tips dan trik untuk merekam video dengan kamera smartphone agar hasilnya lebih maksimal. Tentunya, tips dan trik ini sangat berguna jika kalian ingin mengabadikan sebuah momen dengan hasil gambar bergerak atau video.

Tips yang pertama adalah membersihkan lensa. Biasanya, kebanyakan orang langsung merekam video tanpa membersihkan lensa kameranya terlebih dahulu. Padahal, lensa kamera kita sejatinya kerap dipenuhi dengan sidik jari, minyak, atau debu.

Untuk membersihkannya, kalian bisa menggunakan cairan pembersih lensa yang tersedia di pasaran. Jangan lupa untuk menggunakan lap microfiber kering sebagai penutup acara bersih-bersih. Ada baiknya kalian menggunakan sarung tangan ketika membersihkan lensa Android kalian, agar tidak ada sidik jari yang tertinggal.

Tips yang kedua, gunakan kedua tangan ketika merekam video. Kebiasaan sederhana ini juga cukup membantu kualitas video yang kalian rekam, terutama saat kita tidak memiliki monopod atau tripod. Penggunaan kedua tangan ini berfungsi untuk menghilangkan berbagai getaran yang muncul ketika kita merekam video. Bila HP Android kalian memiliki fitur image stabilizer jangan segan-segan menggunakan fitur tersebut.

Untuk tips yang ketiga, kami meminta kalian untuk tidak menutupi microphone. Ini juga termasuk kesalahan kecil yang sering terjadi secara tidak sengaja. Gangguan ini akan sangat terasa ketika kita mendengarkan kualitas audio dari video yang kita rekam. Jari atau obyek yang menghalangi microphone akan menimbulkan efek menggema atau mendam, tergantung jenis dan besar obyek yang menghalangi microphone.

Tips keempat, harap hindari kontras cahaya yang tinggi atau tempat-tempat dengan perubahan gelap terang yang ekstrim. Hati-hati jika mengambil gambar pada area yang mempunyai kontras cahaya tinggi atau pergeseran gelap terang yang ekstrim.

Pada intinya, daerah-daerah tersebut harus dihindari karena HP Android kita membutuhkan waktu beberapa detik untuk menghubah intensitas kepekaan sensor. Bila proses ini berlangsung terlalu cepat, terkadang perubahan ini akan memunculkan bintik-bintik spotlight di video yang kita buat.

Tips terakhir, jangan pernah merekam video sambil di zoom. Bukan apa-apa, kebanyakan fungsi zoom yang ada di HP Android berasal dari digital zoom, yang artinya hanya berupa perbesaran obyek secara digital. Yang jadi masalah di sini adalah perbesaran obyek ini tidak didukung dengan resolusi dasar yang mumpuni. Hasilnya, gambar kalian akan pecah dan terlihat blur.

Tags
Tips
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top