REVIEW

Menyenangkannya Penghancuran Bricks dalam Idle Brick Breaker

Andy Chan   16 Nov 2020
Menyenangkannya Penghancuran Bricks dalam Idle Brick Breaker

Tahu dengan game bergenre brick brekear? Game dengan genre tersebut biasanya butuh kecekatan dan keterampilan tangan, karena pemain bertugas untuk memantulkan bolanya agar tidak sampai jatuh ke bawah. Namun game brick breaker dari Tech Tree Games yang satu ini ternyata berhasil membawa brick breaker ke level berikutnya, yaitu Idle Brick Breaker!

Otomatisasi Brick Breaker

Sesuai dengan judulnya yang memiliki embel-embel "Idle", sudah bisa ditebak kalau Idle Brick Breaker ini adalah otomatisasi dari permainan Brick Breaker yang kita kenal pada umumnya. Jadi pemain tinggal duduk ongkang-ongkang kaki sambil menyaksikan para bola yang bekerja keras menghancurkan bricks.

Cara Bermain

Awalnya, para bola yang berkeliaran di medan permainan bergerak sangat lambat, dan bisa membuat pemain senewen melihatnya. Oleh karena itu, pemain harus membantu para bola dengan cara mengetuk brick-brick yang ada di medan permainan demi mengumpulkan uang dan bisa melakukan upgrade serta membeli bola baru. Tentu saja, semakin tinggi level permainan, mengetuk bricks untuk menghancurkannya pun sudah tidak efisien lagi, dan pemain harus bergantung kepada para bola yang lebih efektif dalam menghancurkan bricks.

Pembelian Upgrade

Dengan uang yang dikumpulkan, pemain akan bisa membeli upgrade pada tiga buah kategori, yaitu jumlah bola, kecepatan bola, dan kekuatan hancur sang bola. Tentu saja yang paling penting untuk membuat pemain tidak stres adalah upgrade kecepatan bola, karena bola yang lambatnya tidak ketulungan itu akan membuat pemain gemas, kan?

Pembelian Bola Baru

Selain membeli upgrade, pemain juga akan bisa membeli bola-bola baru, dengan berbagai efek khususnya yang menarik. Ada bola Demo yang kekuatan hancurnya sangat dashyat, tapi kecepatannya keterlaluan lambat, ada bola Sniper yang bisa mengarahkan diri ke brick yang tersisa, ada bola racun yang bisa meracuni brick agar terkena damage lebih tinggi, atau bahkan bola splash yang bisa melakukan damage ke beberapa brick sekaligus. Tapi tentu saja, dari semua bola yang ada, pemain mungkin akan lebih tertarik untuk meng-upgrade bola sniper, karena bola itulah yang sepertinya paling bagus di antara tipe-tipe bola yang tersedia.

Penggunaan Kartu

Apabila pemain memiliki mata uang premium Diamond, mereka bisa membayar 20 buah untuk mendapatkan sebuah kartu. Nah, kartu ini bisa di-equip untuk mendapatkan efek konstan, seperti menambahkan kekuatan hancur bola, meracuni brick, dan lain sebagainya. Pemain juga bisa meng-upgrade jumlah kartu yang bisa di-equip dengan membayar 50 buah diamond.

Sistem Prestise

Seperti game-game idle pada umumnya, pemain akan bisa melakukan prestise untuk mereset permainan dan kemudian mendapatkan prestige point. Point ini bisa digunakan untuk membeli efek-efek khusus seperti Ball Speed atau Ball Power yang akan nyala secara permanen.

Tampilan Permainan yang Memberikan Faktor Katarsis

Idle Bricks Breaker tampil dengan grafis 2D yang sederhana, namun dengan efek pantul bola yang memukau. Memang di awal permainan tampak menyedihkan, namun kalau bola yang kalian miliki sudah mencapai 30 atau lebih, maka kalian akan melihat betapa rusuhnya medan permainan dengan berbagai macam bola yang lalu lalang. Penghancuran bricks ini pun memberikan faktor katarsis sendiri, sehingga membuat pemain betah melihatnya. Game ini juga diiringi dengan lagu elektronik bernuansa misterius yang menghipnotis, meskipun sayangnya cukup minim dalam faktor efek suara.

Gratis, Tanpa Perlu Internet

Salah satu kelebihan yang patut diacungi jempol dari game Idle Brick Breaker ini adalah loading time-nya yang sangat cepat, dan game-nya pun tidak butuh koneksi Internet. Pemain bisa menonton iklan untuk mendapatkan reward, jika diinginkan, juga bisa membeli mikrotransaksi untuk mendapatkan mata uang premium, namun di luar itu, game ini free-to-play dan bisa dimainkan secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang sedikitpun.

Dengan ramainya bola yang bisa menghancurkan bricks di layar, Idle Brick Breaker adalah game paling cocok untuk menghabiskan waktu secara santai. Apalagi ada sistema yang tetap menghasilkan uang meskipun tidak sedang dimainkan, membuat pemain tetap mendapatkan progress sekalipun sedang tidak main. Inilah game idle yang wajib kalian coba!

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top