REVIEW

Senangnya Menjalankan Pabrik Imut, Factory Inc.

Andy Chan   01 Jul 2019
Senangnya Menjalankan Pabrik Imut, Factory Inc.

Akibat tidur ketika sedang bekerja, kamu pun dipecat oleh sang bos. Lalu sekarang bagaimana? Saatnya menjalankan sendiri sebuah pabrik milikmu pribadi! Ciptakan berbagai macam produk menarik dalam pabrik tersebut dan tunjukkan bahwa dirimu adalah bos pabrik yang baik dalam sebuah game unik buatan Cheetah Games berjudul Factory Inc.

Game Simulasi Manajemen Pabrik

Pada dasarnya, Factory Inc. adalah sebuah game simulasi manajemen pabrik, dimana pemain berperan sebagai seorang bos yang mengawasi jalannya proses produksi di dalamnya. Namun permainannya sendiri lebih mirip dengan game clicker atau game idle, karena di awal-awal, pemain harus mengklik alias mengetuk sendiri produk-produk tersebut agar menjadi barang lebih bagus. Belakangan setelah pemain menyewa seorang pekerja, barulah permainan berubah menjadi game idle yang akan menghasilkan uang tanpa input dari pemain.

Bagaimana mengatur Pabrik?

Sebagai seorang manajer, pemain bertugas untuk menentukan mesin apa yang akan dipasang di atas ban berjalan. Pada awalnya memang pemain hanya bisa memasang satu mesin saja, dan dia pun masih harus mengetuk pada produk yang berjalan untuk menghasilkan produk lebih bagus. Namun dengan mengumpulkan sejumlah uang, ban berjalan tersebut bisa diperpanjang untuk mengakomodasi mesin lebih banyak dan membuat proses produksi menjadi otomatis. Di ujung ban berjalan tersebut, produk akhir pun akan diangkut ke sebuah truk kemudian dijual untuk menghasilkan uang. Pemain juga tidak perlu mengawasi game-nya terus-terusan karena seperti biasanya game idle, Factory Inc. akan menghasilkan uang secara otomatis di balik layar.

Otomatisasi Mesin

Sebenarnya dengan memasang mesin-mesin di atas ban berjalan tersebut, pekerjaan sudah sebagian besar otomatis. Namun mesin tersebut memiliki semacam "stamina" dan begitu stamina-nya habis, maka mesin akan berhenti bekerja. Pemain harus mengaktifkan mesin-mesin tersebut satu-persatu agar bisa bergerak kembali, atau cara lain adalah dengan menyewa seorang pekerja. Pekerja ini akan mengurus mesin-mesin produksi agar tidak berhenti secara otomatis.

Setiap ban berjalan bisa memiliki satu orang pekerja saja. Apabila pemain membuka sebuah mesin produksi baru, dia pun membutuhkan pekerja baru yang hanya bisa didapatkan dengan cara membelinya menggunakan mata uang premium.

Berbagai Macam Mesin dari Loot Box

Untuk mendapatkan mesin baru, pemain harus membelinya via sebuah loot box alias gacha. Masing-masing mesin yang bisa didapatkan oleh pemain memiliki keunikan masing-masing, ada mesin press, ada mesin bor, ada mesin potong, dan lain sebagainya.

Upgrade Mesin

Para mesin yang berada di atas ban berjalan tersebut bisa di-upgrade dengan cara membayarkan sejumlah uang. Semakin tinggi level ban berjalan dan mesin-mesinnya tersebut, semakin cepat dan efisien juga produksi berjalan. Di samping upgrade pada ban berjalan, mesin-mesin tersebut pun bisa dinaikkan levelnya dengan menggunakan mata uang khusus berupa sekrup, serta mendapatkan mesin yang sama dari loot box.

Reset Game

Seperti game-game idle clicker pada umumnya, Factory Inc. juga memiliki sebuah metode untuk melakukan reset yaitu dengan cara menjual seluruh aset yang dimiliki oleh pemain. Begitu pemain melakukan ini, maka semua hal yang sudah dilakukan dalam game pun akan musnah dan pemain mengulang lagi dari awal. Tentu saja, ada keuntungan tersendiri dengan mengulang permainan seperti ini, yaitu mendapatkan pelipatgandaan penghasilan serta bonus startup money.

Pabrik yang Menyenangkan untuk Dilihat

Factory Inc. adalah sebuah game yang bergrafis sangat kartun dan imut. Oleh karena semua proses dalam pabrik tersebut dianimasikan, ditambah dengan lagu yang membuat santai, proses produksi berbagai macam produk di dalamnya justru terasa sangat menyenangkan untuk dilihat.

Wajib Menonton Iklan

Sebenarnya game gratisan Factory Inc. ini bisa dimainkan secara offline. Namun banyak sekali fitur-fitur yang tidak akan berfungsi apabila pemain tidak menghubungkan ponsel pintarnya ke Internet. Sistem achievement, bonus points, serta bonus game "Tap Gold, Get Money", semuanya harus diaktifkan dengan cara menonton sebuah video iklan, kalau tidak, pemain tidak bisa mendapatkan apa-apa. Dengan kata lain, main offline bisa saja, tapi pemain akan sangat kesulitan untuk mendapatkan reward mata uang premium, diamond. Mikrotransaksi sendiri disediakan untuk pembelian diamond, serta menghilangkan iklan yang menyebalkan tersebut.

Di luar menyebalkannya sistem "nonton video iklan untuk dapat reward penting" tersebut, Factory Inc. sendiri sangatlah menyenangkan untuk dimainkan. Artworknya yang imut, lagunya yang menghibur, serta animasi yang mempesona, membuat game ini wajib berada di ponsel pintar kalian.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top