LOADING
REVIEW

Mengaku Kreatif & Senang Kustomisasi? Wajib Coba Gacha Studio!

Andy Chan   06 Jun 2018
Mengaku Kreatif & Senang Kustomisasi? Wajib Coba Gacha Studio!

Kalian tentunya kenal dengan istilah "Gacha". Gacha adalah sebuah bagian dari video game yang menggunakan mekanisme mainan kapsul yang di Jepang disebut dengan Gashapon, di mana "Gacha" adalah suara memutar kenopnya, dan "Pon" adalah suara jatuhnya hadiah. Biasanya Gacha ini digunakan untuk menguangkan game-nya, dengan ide yang kurang lebih sama dengan fungsi loot box, meskipun bedanya, biasanya game yang menggunakan Gacha ini adalah game freemium. Kini hadir game Gacha Studio keluaran Lunime, sebuah game yang memfokuskan diri pada Gacha dan juga berfungsi sebagai sebuah permainan "Anime Dress Up".

Gacha Studio pada intinya adalah sebuah permainan di mana pemain bisa menciptakan karakter anime sendiri dan kemudian memakaikan berbagai macam kostum kepada mereka, makanya disebut sebagai "Anime Dress Up". Tersedia ratusan kostum, mulai dari kemeja, gaun, model rambut, topi, senjata, dan lain sebagainya.

Setelah menciptakan karakter-karakter favoritmu, Gacha Studio pun memberikan yang namanya "Studio", sebuah tempat untuk menciptakan sendiri adegan yang ada dalam imajinasimu. Dalam Studio ini, tersedia macam-macam background untuk menciptakan adegan yang sempurna, lengkap dengan pose-pose unik untuk masing-masing karkater, beserta macam-macam text bubble yang bisa diisi dengan pesan sesuai keinginanmu.

Uniknya, semua fitur kustomisasi sudah tersedia lengkap dari awal. Gacha dalam game ini bukanlah untuk mendapatkan kustomisasi, melainkan untuk mendapatkan Pet. Untuk melakukan Gacha, pemain membutuhkan Gems yang bisa didapatkan dari Arena, atau Ticket khusus. Tersedia 6 macam rarity dalam Gacha Studio, mulai dari rarity 1 sampai dengan rarity 6, ada yang cute seperti kucing, kappa, anjing, bebek, ada juga yang keren, meskipun rata-rata cute, sih.

Setelah selesai mengkustomisasi sampai tercipta karakter favoritmu, saatnya untuk masuk ke Arena! Dalam Arena ini, pemain bisa membawa karakter-karakter ciptaannya untuk bertarung melawan musuh dalam tiga macam mode. Yang pertama adalah Arena of Auto, pemain bertarung melawan AI secara otomatis, dan tergantung siapa lebih kuat, dia lah yang menang. Mode kedua adalah Arena of Element, di mana pemain memilih 5 buah elemen untuk kemudian diadu melawan 5 buah elemen yang dipilih lawan dalam sebuah pertarungan model Gunting-Kertas-Batu. Yang terakhir adalah Arena of Skill, sebuah pertarungan di mana pemain harus menyentuh layar untuk menghindari serangan lawan di saat dia akan menyerang.

Memenangkan pertarungan di Arena ini akan memberikan reward berupa Gems serta XP untuk naik level account dan pets. Grinding bisa dilakukan di Arena dengan cara memilih lawan yang sudah pernah dikalahkan. Namun Gems hanya didapatkan apabila lawan tersebut baru dan belum pernah dikalahkan sebelumnya, kalau sudah pernah dikalahkan, pemain hanya mendapatkan XP saja.

Sesuai dengan tema anime, Gacha Studio pun tampil full 2D menggunakan gaya anime. Ketika sedang bertarung, pemain bisa melihat sedikit animasi pertarungan, meskipun benar-benar kaku, karena tidak ada frame animasi, hanya ada frame aksi saja. Uniknya, ada beberapa artist yang menyumbangkan karyanya untuk game ini, di antaranya adalah Purorange, ClaraTorrevillasV, Lera_chan, dan AloNiar. Sedikit kekurangan mungkin ada pada kurangnya fungsi warna pada kostum, karena pilihan warna yang disediakan kurang banyak, jadi agak sulit untuk menciptakan skema warna tertentu.

Gacha Studio ini gratis, namun ada beberapa fitur yang terkunci. Tersedia In-App Purchase untuk meng-unlock character slot sampai mencapai 12 buah, menghilangkan iklan, membeli Gems, dan paket-paket murah lainnya. Seperti yang diduga, ada iklan yang mengganggu permainan, namun game ini bebas dari sistem stamina serta bisa dimainkan secara offline.

Apakah kamu menyukai yang namanya "ciptakan karakter sendiri"? Boleh dibilang Gacha Studio ini adalah mimpi dari semua penggemar kustomisasi dan kreasi, terutama dengan style anime. Dengan ratusan macam kostum untuk di-"mix and match", sebuah fitur studio untuk menciptakan sendiri adegan favoritmu, serta sistem battle yang cukup seru, Gacha Studio ini cukup wajib untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top