istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
istanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escortsistanbul escorts
porno izleporno izleporno izleporno izleporno izlepornopornopornopornopornopornopornoporniocoolpornpornspotsex pornosex pornosex pornosex hikayesex hikaye
REVIEW

Menelisik 3 Faktor Utama yang Bikin Usaha Delivery Service Dinilai Baik

NanaMiku   27 Sep 2023
Menelisik 3 Faktor Utama yang Bikin Usaha Delivery Service Dinilai Baik

Saat ini, jasa layanan belanja online sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Awalnya, jasa ini lahir di awal milenium 2000-an, namun berkembang signifikan semenjak pandemi COVID-19. Hal ini bisa tampak dari usaha kebutuhan rumah tangga misalnya.

Data dari Statista menunjukkan bahwa pada 2019, pendapatan usaha kebutuhan rumah tangga online ada di angka 0,19 triliun dolar AS. Namun saat pandemi 2020, angka naik menjadi 0,31 triliun dolar AS. Di 2021 dan 2022, angka pendapatan usaha ini juga terus naik menjadi 0,44 triliun dolar AS di 2021 dan 0,51 triliun dolar AS di 2022.

Kondisi yang serba terbatas di kala pandemi COVID-19 membuat beberapa usaha kebutuhan rumah tangga konvensional seperti pasar maupun supermarket harus putar otak untuk ikut serta memberi layanan belanja online agar tidak tergerus kompetitor yang sudah go-online.

Bagi usaha yang punya modal berlebih dan SDM yang mumpuni, mereka bisa menyediakan sistem dan armada kurir sendiri. Tetapi bagi sebagian usaha membutuhkan pihak ketiga yang menawarkan jasa pengiriman seperti yang ditawarkan oleh Delivery Service Titipku.

3 Poin Penting Jasa Pengiriman

Usaha ini tentu menjanjikan kepraktisan dalam aktivitas belanja. Namun jika tidak diimbangi dengan profesionalitas kerja dan layanan yang baik, usaha seperti ini tidak akan bertahan lama.

Riset Faizal Ridho, Sri Hartono, dan Istiqomah pada 2021 menunjukkan bahwa setidaknya jasa layanan antar harus memenuhi tiga kriteria agar konsumen puas. Ketiga kriteria itu adalah: kemudahan, kualitas layanan yang diberikan, dan ketepatan waktu.

Bagi usaha kebutuhan rumah tangga yang menggunakan jasa layanan pengantaran dari pihak ketiga, mereka hanya perlu mengusahakan faktor kemudahan. Sementara itu, kualitas layanan dan ketepatan waktu akan dijamin oleh jasa layanan pihak ketiga. Hanya saja, skema ini adalah skema yang ideal.

Pada praktiknya, usaha kebutuhan rumah tangga tidak lepas tangan begitu saja. Mereka perlu berkomunikasi terus dengan kurir atau admin penyedia jasa untuk bisa memastikan pelayanan yang diberikan oleh pihak ketiga bisa baik dan pengantarannya tepat waktu sesuai dengan Service Level Agreement (SLA) yang ditentukan oleh masing-masing usaha kebutuhan rumah tangga.

Keunggulan Delivery Service dari Titipku

Selain memberikan layanan terbaik dan pengantaran tepat waktu ke konsumen, Delivery Service Titipku juga memberi layanan yang baik untuk usaha kebutuhan rumah tangga. Salah satu layanan yang diberikan Titipku adalah menempatkan sejumlah kurir untuk berjaga di usaha kebutuhan rumah tangga mereka.

Kebanyakan jasa layanan pengiriman pihak ketiga adalah berdasarkan permintaan. Artinya, usaha kebutuhan rumah tangga perlu memesan terlebih dahulu layanan pengirimannya. Setelah dipesan, usaha kebutuhan rumah tangga harus menunggu kurir datang untuk selanjutnya barang pesanan bisa diantar kurir.

Skema pemesanan kurir ini dianggap memperlama waktu pengantaran. Hal ini salah satunya diungkapkan Taufik selaku Head Online TipTop Supermarket.

“Sebelumnya, saat kami belum pakai jasa pengantaran dari Titipku, kita harus memesan jasa pengiriman dulu sehingga kita harus menunggu driver sampai lalu pesanan konsumen baru dikirim. Hal ini kadang membuat pengiriman lebih lama. Ketika menggunakan Delivery Service Titipku, driver selalu siap di toko sehingga pengiriman bisa cepat diproses dan konsumen bisa puas,” ungkap Taufik.

“TipTop Supermarket memiliki Service Level Agreement yang memiliki ketentuan waktu pengiriman. Dengan adanya dua kurir Titipku di masing-masing toko, SLA ini bisa tetap terjaga,” tambah Taufik.

Selain adanya kurir yang berjaga di toko, Delivery Service Titipku juga memberi harga yang relatif tetap. Hal ini juga berbeda dari usaha pengantaran lainnya yang memiliki skema harga khusus untuk tiap berat dan volume.

“Sejauh ini Delivery Service Titipku menerapkan harga pengiriman yang terjangkau,” ungkap Key Account Manager Titipku, Nike Agatha. “Berapapun beratnya, Titipku masih mau menerima dengan tarif yang terbilang terjangkau. Itulah yang menjadi kelebihan Delivery Service Titipku.”

Dengan demikian, Delivery Service Titipku menjadi layanan pengantaran yang memberi keuntungan kepada semua pihak, baik itu konsumen maupun usaha kebutuhan rumah tangga sebagai klien.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top