REVIEW

Menantangnya Puzzle Tembak Bola dalam Magic Hat: Physics Puzzle

Andy Chan   03 Oct 2018
Menantangnya Puzzle Tembak Bola dalam Magic Hat: Physics Puzzle

Sudah banyak memang, game-game puzzle bertebaran untuk ponsel pintar, baik itu puzzle match-three, puzzle susun gambar, dan lain sebagainya. Namun untuk urusan puzzle fisika, ada satu game yang mengambil tema cukup unik, yaitu sebuah topi pesulap. Game yang diberi judul Magic Hat: Physics Puzzle oleh AppDeko ini adalah salah satu game yang menggunakan ilmu pengetahuan Fisika, di mana pemain harus memperhitungkan daya pantul dari sebuah bola agar bisa masuk ke dalam topi pesulap.

Kedengarannya cukup mudah kan, karena tujuan utama permainannya hanyalah memasukkan bola ke dalam sebuah topi. Namun ternyata, untuk bisa mendapatkan tiga buah bintang sebagai pertanda "sempurna", pemain juga harus memikirkan bagaimana caranya agar bola tersebut bisa mengambil ketiga buah bintang yang berada di medan permainan sebelum masuk ke dalam topi pesulapnya.

Pemain menembakkan sebuah bola dengan cara menyentuh layar di bagian yang ditentukan, yaitu sebuah kotak putus-putus sebagai garis start. Bagaikan sebuah ketapel, pemain pun menarik jari dari bolanya untuk menentukan kekuatan dari tembakan bola tersebut. Begitu pemain melepaskan sentuhan, maka bola pun akan mulai ditembak, melambung ke atas sesuai arah tembakan, memantul dari rintangan, dan sampai akhirnya berhasil masuk ke dalam topi untuk menyelesaikan sebuah stage, atau mendarat di tempat yang salah dan stage pun gagal.

Tidak ada batasan waktu sama sekali untuk menyelesaikan game ini, dan sekaligus juga tidak ada sistem Life yang membatasi seberapa banyak pemain boleh mengulang permainan. Jadi pemain benar-benar bebas memainkan game ini tanpa ada sebuah sistem yang mengganggu.

Di akhir sebuah stage, pemain akan dinilai berdasarkan jumlah bintang, pantulan, dan waktu yang dibutuhkan. Tidak ada pengaruh apa-apa dari nilai ini, bahkan pemain tidak perlu memikirkannya, karena memang nilai tersebut hanyalah sebagai sebuah pencapaian per stage saja. Tidak ada unlockable sama sekali dalam game ini, sehingga pemain bebas mau menyelesaikan stage-nya dengan tiga bintang, dua bintang, satu bintang, bahkan tidak ada bintang.

Tersedia total 110 stage yang menantang untuk diselesaikan, masing-masing stage memiliki puzzle unik sendiri-sendiri. Memang Magic Hat: Physics Puzzle memiliki tampilan yang statis dan tidak akan membuatmu terpukau, namun sebagai sebuah game puzzle, tampilan minimalis ini cukup fungsional. Sayangnya, tidak ada lagu sama sekali yang menemanimu bermain, hanyalah efek suara pantulan bola saja.

Disajikan secara gratis alias free-to-play, Magic Hat: Physics Puzzle pun bisa dimainkan secara offline. Dan seperti yang sudah disebutkan, sama sekali tidak ada batasan sistem stamina / energi, bahkan game ini tidak memiliki mikrotransaksi sama sekali. Jadi pemain benar-benar murni harus memutar otak mengenai cara menemukan solusi sebuah stage. Sayangnya, pemain akan diganggu oleh iklan yang hadir setiap stage-nya. Meskipun seperti biasa, pemain tetap bisa mematikan iklan dengan cara memainkannya secara offline.

Setiap stage dari Magic Hat: Physics Puzzle ini mampu memberikan tantangan untuk otakmu, seperti bagaimana menemukan sudut yang tepat untuk menembakkan bola, kekuatan yang dibutuhkan, berapa pantulan yang harus dilakukan, dan sebagainya. Boleh dibilang, game ini bisa digunakan sebagai penghabis waktu yang menyenangkan. Nah, apabila kalian membutuhkan sekumpulan puzzle fisika yang membutuhkan akurasi dan logika, Magic Hat: Physics Puzzle pantas untuk dicoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top