LOADING
REVIEW

Menantangnya Fisika dalam Puzzle, Corocco Truck

Andy Chan   06 Apr 2018
Menantangnya Fisika dalam Puzzle, Corocco Truck

Perkenalkan seorang pekerja kantoran bernama Norio. Dia adalah seseorang yang sangat santai sifatnya, malah saking santainya, dia sering bermeditasi sebelum pergi kerja ke kantor. Namun karena meditasi inilah justru Norio ini jadi tidak sampai ke kantor. Di sini lah kehadiran Anda dibutuhkan. Kendalikanlah sebuah batu bernama "Corocco" dan bawalah Norio ke kantor, itulah kira-kira inti dari game Corocco Truck buatan Itach Lab.

Pada intinya, Corocco Truck adalah sebuah game puzzle fisika aksi, di mana pemain mengendalikan sang batu yang bernama "Corocco". Metode pengendalian "Corocco" tidaklah menggunakan layar sentuh, melainkan menggunakan motion control. Pemain harus memiringkan ponsel pintarnya ke kiri atau ke kanan untuk menggelindingkan Corocco ke arah yang diinginkan. Jeleknya, tidak ada opsi pengganti kendali ketika memainkan game ini, jadi tidak ada cara untuk menggunakan layar sentuh untuk mengendalikan Corocco. Bersiaplah untuk terlihat sedikit bodoh apabila memainkan Corocco Truck di tempat umum sambil memiring-miringkan ponsel pintar.

Tujuan dari permainan ini sangat sederhana: Corocco harus membawa Norio ke sebuah truk (yang sebenarnya lebih mirip gerobak, sih), dan kemudian mendorong truk tersebut ke tempat tujuan, yaitu kantor di mana Norio bekerja. Sepanjang permainan, Corocco harus menggelinding sambil menaiki lift agar bisa mencapai tempat tinggi, mendorong batu untuk menutupi lubang,dan berbagai macam puzzle lainnya untuk bisa mencapai Norio.

Di setiap stage pun terdapat tiga buah bintang untuk diambil, tentunya dengan cara menggelindingkan Corocco ke arah bintang tersebut. Tapi ingat, Corocco adalah sebuah batu berbentuk bulat, sehingga dia hanya bisa menggelinding ke kiri, ke kanan, atau jatuh ke bawah saja. Corocco sama sekali tidak bisa melompat, sehingga apabila dia terjebak di dalam lubang, gagallah stage tersebut. Tidak ada sistem help sama sekali dalam game ini, jadi pemain benar-benar harus menyelesaikan puzzle-nya sendiri.

Tidak ada sistem achievement, dailies, quest, misi, dan lain apa pun yang biasanya menghiasi game-game free-to-play. Pemain bisa memfokuskan diri untuk menyelesaikan stage-stage yang disediakan tanpa perlu pusing dengan hal-hal seperti itu. Asyiknya, pemain tidak perlu buru-buru sama sekali dalam menyelesaikan sebuah stage. Tidak ada batasan waktu yang dihadirkan, juga tidak ada skor yang perlu dikumpulkan. Yang penting pemain bisa mengumpulkan tiga buah bintang sebagai tanda bahwa stage tersebut "sudah selesai". Bintang-bintang itu sendiri sebenarnya tidak ada gunanya sama sekali, hanyalah sebagai piala yang semu saja.

Kalau boleh dibilang, Corocco Truck ini tampilan grafisnya benar-benar amatiran. Selain hadir dengan gambar kartun yang sangat sederhana, medan permainan pun tidak inspiratif sama sekali, meskipun cukup fungsional sebagai sebuah puzzle. Tapi Corocco sendiri memiliki animasi wajah yang lucu, jadi tidak semuanya tampak jelek. Sepanjang permainan, pemain akan diiringi dengan lagu yang bernuansa komedi, lengkap dengan efek suaranya yang menarik.

Uniknya, Corocco Truck ini yang juga merupakan salah satu game free-to-play untuk mobile, bisa dimainkan tanpa terkoneksi ke Internet, tidak ada sistem stamina / energi, dan tidak ada iklan yang mengganggu. Bahkan game-nya sendiri tidak memiliki sistem mikrotransaksi, jadi tidak ada yang namanya pay-to-win di sini.

Sayangnya, meskipun Corocco Truck ini memiliki puzzle yang cukup menarik dan menantang, namun game-nya tidak memiliki terlalu banyak puzzle. Tapi sebagai sebuah game penghabis waktu, rasanya Corocco Truck yang berukuran hanya 56MB ini cukup oke untuk dicoba diselesaikan sampai tamat.

Artikel Terkait
KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top