LOADING
TIPS TRIK

Memperbaiki Kamera Samsung Galaxy yang Tidak Bekerja

Escravania   07 Feb 2018
Memperbaiki Kamera Samsung Galaxy yang Tidak Bekerja

Banyak laporan masuk tentang pesan error ‘Peringatan: Kamera Gagal’ terjadi pada perangkat Android, dan tampaknya paling sering terjadi pada perangkat Samsung. Kabar baiknya adalah seringkali masalahnya adalah pada perangkat lunak dan bukan pada kamera Anda. Berikut cara memperbaiki ‘kamera gagal’ di perangkat Samsung Galaxy.

Harus diingat, hal pertama adalah jangan sampai baterai ponsel Anda tersisa sedikit saja, karena kadang kamera tidak mau berfungsi saat baterai ponsel tinggal sedikit. Dan juga mungkin Anda harus mem-backup foto-foto Anda, kalau-kalau Anda harus melakukan factory reset.

Samsung Galaxy S8/S8+

Samsung Galaxy S8 adalah kerabat dekat pendahulunya, Galaxy S7, jadi pertama Anda harus mencoba langkah-langkah untuk S7 untuk melihat apakah mereka mengatasi masalah kegagalan kamera. Jika ini tidak berhasil, ada beberapa metode tambahan yang bisa Anda coba untuk memperbaiki masalah ini di Galaxy S8:

  • Terkadang aplikasi usang dapat menyebabkan masalah ini. Pastikan semua aplikasi pada perangkat Anda diperbarui. Buka Google Play Store dan buka ‘Aplikasi & permainan saya’ untuk memeriksa aplikasi apa yang diperbarui dan mana yang harus diperbarui. Setelah memperbarui aplikasi, periksa apakah masalah kamera telah teratasi.
  • Boot Galaxy S8 ke mode aman. Pertama matikan perangkat sepenuhnya. Selanjutnya, tahan tombol daya sampai logo Samsung muncul di layar. Kemudian tahan tombol volume sampai ponsel selesai restart dan ‘mode aman’ muncul di sudut kiri bawah layar. Jika kesalahan ‘Kamera Gagal’ tidak terjadi dalam mode aman, maka aplikasi pihak ketigalah masalahnya. Uninstal aplikasi satu per satu sampai Anda mengetahui aplikasi mana yang bertanggung jawab, mulai dengan yang terinstal tepat sebelum kegagalan kamera dimulai.

Samsung Galaxy S7/S7 Edge

Cobalah semua langkah ini secara berurutan, sampai salah satunya memperbaiki masalah kamera ponsel Anda:

  • Restart ponsel.
  • Jika restart tidak bekerja, kosongkan cache dan data aplikasi kamera dengan Pengaturan> Aplikasi> Pengelola aplikasi> Aplikasi kamera. Kemudian tekan Force Stop, dan masuk ke menu Penyimpanan, di mana Anda memilih Hapus Data dan Hapus Cache.
  • Jika menghapus data aplikasi kamera dan cache tidak berhasil, hapus partisi cache Anda. Matikan ponsel, tekan tombol Power, Home, dan Volume Up bersama-sama dan tahan sampai Anda melihat logo Samsung muncul di layar dan ponsel beralih ke mode pemulihannya. Gunakan tombol Volume Down untuk bergulir ke Wipe Cache Partition lalu tekan tombol Power untuk memulai. Setelah selesai, restart ponsel Anda.
  • Jika semua itu tidak berhasil, masalahnya mungkin ada hubungannya dengan Smart Stay. Beberapa pengguna melaporkan bahwa sepertinya ada kesalahan perangkat lunak saat kamera belakang dinyalakan, namun hanya saat fungsi Smart Stay ini aktif, kemungkinan karena Smart Stay sudah menggunakan kamera depan untuk mendeteksi saat Anda melihat layar sehingga aplikasi tersebut tetap menyala. di. Buka menu pengaturan tampilan ponsel Anda dan matikan Smart Stay untuk memperbaiki sementara masalahnya. Perbaikan jangka panjang untuk ini, menurut Samsung, adalah memastikan perangkat lunak ponsel Anda mutakhir, karena masalah perangkat lunak telah diperbaiki di salah satu pembaruan.

Samsung Galaxy S6/S6 Edge

Laporan error ‘kamera gagal’ pada Samsung Galaxy S6 dan S6 Edge jarang terjadi, namun beberapa pengguna mengalaminya. Kebanyakan masalahnya tampaknya adalah dari aplikasi pihak ketiga, jadi booting ke mode aman adalah cara untuk mengujinya:

  • Matikan ponsel Anda
  • Tekan dan tahan tombol Power dan, saat logo Samsung muncul, lepaskan dan tahan tombol Volume Down sebagai gantinya.
  • Ponsel Anda sekarang me-restart dalam mode aman.

Jika kamera bekerja dalam mode ini, Anda tidak memiliki masalah perangkat keras atau firmware. Sayangnya jika tidak bekerja dalam mode aman, maka mungkin terdapat masalah perangkat keras atau firmware. Kemungkinan Anda harus melakukan factory reset untuk memperbaikinya.

Samsung Galaxy S5

Jika Anda memiliki Samsung Galaxy S5, ada kabar baik dan kabar buruk untuk Anda. Kabar baiknya adalah kemungkinan besar error kamera gagal memiliki penyebab dan solusi yang sama seperti pada S7 dan S7 Edge (kecuali Smart Stay).

Kabar buruknya adalah ada kemungkinan kecil perangkat Anda memang memiliki error pada perangkat kerasnya; ada sebagian kecil dari produk S5 yang memang hadir dengan kamera yang error.

Jika langkah-langkah perbaikan tidak dapat memperbaiki error di kamera ponsel Anda, mungkin Anda harus meminta perangkat penggantinya di tempat di mana Anda membeli perangkat Samsung Anda ini.

Masih belum terpecahkan? Waktu untuk opsi terakhir: factory reset. Pastikan Anda mem-backup data apapun yang Anda butuhkan terlebih dahulu, karena langkah ini akan mengembalikan ponsel Anda ke kondisi segar seperti saat pertama Anda membelinya. Atau cobalah untuk menginstal aplikasi kamera pihak ketiga, salah satu yang direkomendasikan adalah Google Camera (untuk Android KitKat atau yang lebih baru).

Kamera merupakan salah satu fitur terpenting pada ponsel. Tentunya akan sangat mengesalkan jika terjadi masalah pada kamera Samsung Galaxy Anda. Semoga dengan langkah-langkah di atas, dapat menyelesaikan masalah yang terjadi. Selamat mencoba.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
Dirgahayu Republik Indonesia
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top