LOADING
TRIK

Memori Android Penuh? Begini Cara Membersihkannya!

Dwi K   09 Jul 2018
Memori Android Penuh? Begini Cara Membersihkannya!

Dengan banyaknya aplikasi dan foto serta video yang kita simpan , tentu semakin lama Android yang kita miliki akan semakin penuh memorinya. Kita bisa melihat berapa banyak memori yang kita miliki dalam menu Storage yang berada di dalam menu Settings. Kita bisa melihat apa saja yang memenuhi memori kita. Apakah foto, video, atau aplikasi. Dengan data ini kita bisa membersihkan secara langsung.

Nah jika memori kita masih terlalu sesak, kita coba ikuti tips-tips dibawah ini yuk

Back Up Semua Foto dan Video 

Foto dan video biasanya adalah salah satu sebab penuhnya memori android kita. Karena kita menganggap foto dan video tidak terlalu berat. Namun jika setiap hari kita memotret seusatu atau minimal melakukan selfie, bertukar foto dan video melalui chat, lambat laun memori kita akan penuh dengan sendirinya.

Kita bisa memanfaatkan teknologi Cloud untuk menyimpan semua data kita tersebut dan menghapus yang tidak kita perlukan dari handphone kita setelahnya. Kita juga bisa menyimpan data kita pada computer dan memori eksternal jika kita tidak mempunyai akses ke cloud.

Hapus Aplikasi yang Jarang Digunakan 

Kita sering mendownload aplikasi-aplikasi baru karena penasaran, atau memang kita ingin menggunakannya.nah semakin hari banyak semakin banyak aplikasi yang kita download. Ini akan menumpuk dan membebani memori kita. Sementara aplikasi yang kita gunakan biasanya tidak akan berubah banyak.

Nah hal ini sebaiknya kita hentikan dan mulai menghapus aplikasi-aplikasi yang jarang kita gunakan. Coba ingat-ingat kapan terakhir menggunakan aplikasi tersebut. Jika memang belum digunakan kembali selama 3 bulan, ada baiknya aplikasi tersebut dihapus dulu. Memang hal ini merepotkan tapi kita akan menghemat banyak space di memori kita.

Jangan lupa hapus hasil download pada folder download jika memng sudah tidak digunakan ya.

Bloatware 

Sepertinya kita sudah tidak asing dengan bloatware ini dan tetap saja menyebalkan bagi sebagian pengguna. Aplikasi yang sudah terinstal dari pabrikannya ini memang memakan memori dan jarang sekali kita gunakan.

Memang menghapus Bloatware memerlukan root smartphone, namun kita bisa mengembalikan semua aplikasi tersebut ke versi awal dan menghapus semua update yang sudah dilakukan. Jangan lupa dengan update otomatis yang harus dinonaktifkan.

Masih banyak cara lain yang belum disebutkan. Mungkin ada yang ingin menambahkan? Yang penting adalah kita harus bisa memilah mana yang akan kita simpan dan mana yang harus dihapus.

KOMENTAR & SHARE ARTIKEL
JurnalApps
Jurnal Apps adalah website media yang fokus dalam membahas segala hal yang berkaitan dengan aplikasi mobile. Jurnal Apps berisi informasi review, bedah produk, berita terbaru dan video aplikasi untuk mobile.
Hubungi Kami

Menara Anugrah 20th Floor - Jl. Dr. Ide Anak Agung Gde Agung Lot 8.6-8.7. Kawasan Mega Kuningan Jakarta Selatan 12950. Indonesia

+62 21 5785 3978

redaksi@jurnalapps.co.id

Find us on social media
Add Friends
To Top